Gazel arabia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Gazel arab atau Arabian gazelle (Gazella gazelle cora), Nama dalam bahasa Arab Al-idhmi atau Al-gazal al-jabali adalah suatu spesies gazel yang berasal dari Jazirah Arab. Pada saat ini gazel gunung tinggal pada posisi yang sama sepanjang pesisir laut merah, dan di pegunungan Asir, Arab Saudi, di kepulauan Farasan di laut merah berdekatan dengan bagian barat daya pantai Arab Saudi, sepanjang pantai dan pegunungan Yaman dan Oman dan di Uni Emirat Arab [1]

Gazel Arab
The book of antelopes (1894) Gazella arabica.png
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Kelas: Mammalia
Ordo: Artiodactyla
Famili: Bovidae
Subfamili: Antilopinae
Genus: Gazella
Spesies: G. gazelle
Nama trinomial
Gazella gazelle cora
Sinonim

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Dari semua spesies gazel, gazel gunung merupakan gazel yang paling ramping. Lipatan kulit anak gazel coklat tua pada bagian belakang, leher, kepala, sedangkan bagian perut dan belakang berwarna putih murni, terpisah bagian sisi berwarna sekelompok gelap tipis. Lipatan kulit pendek, halus dan mengkilap di musim panas, mereflesikan banyak terkena radiasi matahari. Pada musim dingin bulu hewan cukup lama, tebal dan tahan hujan dan tak mengkilap. Variasi musiman pada bulu hewan jauh lebih sedikit di subspesies gurun.

Wajah gazel memiliki dua mata menyolok garis-garis putih memanjang dari mata menuju lubang hidung dengan coklat gelap hitam lebih rendah dari garis tepi biasanya bergandengan dengan bintik hitam pada moncong atas hidung. Tanduk jantan cukup panjang (22-29.4 cm ), Sedangkan betina umumnya lebih pendek (5.8-11.5 cm).

Subspesies padang pasir hanya 12–16 kg, berkaki panjang dan dengan relatif bertubuh panjang dan bertelinga dibanding subspesies pegunungan. Arabia gazelle dapat mencapai kecepatan 65 km per jam jika dalam bahaya. Diet mereka terdiri dari rumput, tumbuh-tumbuhan bumbu dan semak-semak, tergantung pada habitat.

Jarak dan habitat[sunting | sunting sumber]

Gazel gunung yang yang mendiami wilayah Jazirah Arab hidup di pegunungan berketinggian rendah. kadang-kadang di medan sangat curam (hingga 45 °), tapi menghindari daerah berbatu dan berjalan di daerah berbatu. Mereka lebih memilih dataran tinggi, berbukit kering, bukit di kaki gunung dan lembah di antara gunung dan habitat terbuka atau daerah dengan hutan terang yang berkerikil atau daratan berpasir, tapi juga berada di daerah gurun asli dan pesisir bukit pasir.

Di Jazirah Arab, mereka biasanya tinggal di tanah lapang yang berumput tinggi di dasar gunung, ngarai kecil yang curam dan gunung kecil yang berbukit.[1]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]