Tamaraw

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tamaraw
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Subfamili:
Genus:
Spesies:
B. mindorensis
Nama binomial
Bubalus mindorensis
(Heude, 1888)
Persebaran

Tamaraw (Bubalus mindorensis) atau kerbau kerdil mindoro adalah spesies bovidae endemik pulau Mindoro, Filipina. Hewan ini merupakan satu-satunya spesies bovidae endemik negeri itu. Hewan ini diperkirakan pernah hidup di pulau lain yang lebih besar seperti Luzon. Pada awalnya, tamaraw menempati seluruh penjuru pulau Mindoro, mulai dari pesisir hingga kawasan pegunungan. Tetapi alih fungsi hutan menjadi pemukiman, perburuan, dan pembalakan hutan menjadikan hewan ini spesies yang terancam punah.

Meski mirip kerbau, tamaraw bukanlah varietas hewan itu. Tamaraw berukuran sedikit lebih kecil dari kerbau. Tamaraw juga memiliki dua tanduk yang keduanya membentuk huruf V, yang tidak dimiliki oleh kerbau domestik.

Tamaraw pernah diburu untuk makanan ataupun olahraga di masa lalu, tetapi aktivitas ini telah dilarang sejak 1936. Bahkan, pemerintah Filipina pun telah melindungi hewan ini sejak tahun 1969.[1]


  1. ^ Gesch, Peter. "Bubalus mindorensis (tamaraw)". Animal Diversity Web (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-08-13.