Antelop tibet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Antelop tibet
Procapra picticaudata.jpg
Status konservasi
Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mamalia
Ordo: Artiodactyla
Famili: Bovidae
Subfamili: Antilopinae
Genus: Pantholops
Hodgson, 1834
Spesies: P. hodgsonii
Nama binomial
Pantholops hodgsonii
(Abel, 1826)
Pantholops hodgsonii distribution.png

Antelop tibet atau Chiru (Pantholops hodgsonii) (Tibet: གཙོད་, Wylie: gtsod, pengucapan [tsǿ]; Tionghoa: 藏羚羊; pinyin: zàng língyáng) adalah bovid berukuran menengah asli dataran tinggi Tibet. Jumlahnya kurang dari 75.000 ekor di alam liar. Mereka menjadi hewan yang diambang kepunahan karena terus diburu. Mereka diburu untuk diambil bulunya yang lembut untuk diolah menjadi selendang berbahan wol. Saat ini, perdagangan internasional produk-produk yang bahan bakunya berasal dari hewan ini dilarang.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Antelop tibet jantan memiliki tinggi 83 cm (33 in) sementara betina memiliki ukuran yang sedikit lebih kecil, yaitu 74 cm (29 in). Jantan lebih besar dan berat daripada betina, dengan berat 39 kg (86 lb), sementara betina memiliki berat 26 kg (57 lb). Antelop tibet jantan memiliki tanduk yang lebih panjang daripada tanduk pada antelop tibet betina. Kulitnya berwarna coklat kekuningan sampai coklat kemerahan, dengan perut berwarna putih.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mallon, D.P. (2008). "Pantholops hodgsonii". IUCN Red List of Threatened Species. Version 2008. International Union for Conservation of Nature. Diakses tanggal 16 Juli 2009.  Database entry includes a brief justification of why this species is considered endangered.