Kerajaan Wengker

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Kerajaan Wengker merupakan kerajaan yang menjadi cikal bakal berdirinya Ponorogo. Tempat ini bermula dari Raden Batoro Katong yang membangun daerah Wengker dengan dibantu oleh Patih Seloaji, Ki Ageng Mirah, dan beberapa pasukannya.[1]

Kejadiannya bermula saat Raden Batoro Katong memasuki suatu daerah dengan maksud untuk membuka daerah baru yaitu Wengker. Namun ternyata dia menemui kenyataan bahwa daerah itu telah ada yang membuka sebelumnya. Dia lalu menemui seseorang yang menjaga daerah tersebut, itu Joyodrono. Dari Joyodrono diketahui bahwa ada orang yang telah membuka hutan tersebut, yaitu Joyodipo. Joyodipo adalah adik dari Joyodrono. Akhirnya Raden Batoro Katong bertemu dengan Joyodipo atas bantuan dari Joyodrono.

Akhirnya berkat izin dari Joyodipo, Raden Batoro Katong mampu melanjutkan pembukaan hutan untuk membuat daerah Wengker. Dari Joyodipo pula yang menyarankan daerah mana yang tepat untuk dijadikan pusat kota. Dalam pembangunannya Raden Batoro Katong menemukan ketiga buah pusaka yang memang miliki ayah Raden Batoro Katong, yaitu Prabu Brawijaya V. Sehingga ketiganya lalu diberikan kepada Raden Batoro Katong.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Santosa, Edy (2003). Cerita rakyat dari Ponorogo, Jawa Timur. Grasindo. ISBN 9789797320577.