Pare, Kediri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pare
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Timur
KabupatenKediri
Pemerintahan
 • CamatM. Nizam Subekhi, S.Sos., M.M.
Kode Kemendagri35.06.17 Edit the value on Wikidata
Desa/kelurahanPare

Pare adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur. Pare dulunya direncanakan sebagai ibukota dari Kabupaten Kediri, tetapi telah dibatalkan dan secara de jure ibu kota Kabupaten Kediri saat ini berada di Ngasem. Posisi Pare sekitar 25 km di timur laut Kota Kediri dan kecamatan Ngasem yang menjadi ibukota Kabupaten Kediri. Di Pare terdapat suatu lokasi yang terkenal yaitu Kampung Inggris.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Batas wilayah[sunting | sunting sumber]

Batas-batas wilayahnya adalah sebagai berikut:

Utara Kecamatan Badas
Timur Kecamatan Puncu dan Kecamatan Kepung
Selatan Kecamatan Gurah, Kecamatan Puncu dan Kecamatan Plosoklaten
Barat Kecamatan Plemahan dan Kecamatan Kayen Kidul

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Pare menjadi terkenal di seluruh dunia karena di sinilah antropolog kaliber dunia, Clifford Geertz, yang saat itu masih menjadi mahasiswa doktoral melakukan penelitian lapangannya yang kemudian ditulisnya sebagai sebuah buku yang berjudul The Religion of Java. Dalam buku tersebut Geertz menyamarkan Pare dengan nama “Mojokuto”. Di Pare, antropolog ini sering berdiskusi dan berkonsultasi dengan Kyai Ahmad Yazid ibnu Thohir, yang merupakan salah satu narasumber yang membantu antropolog tersebut dalam menyelesaikan bukunya.[1]

Pare termasuk kota (kecamatan) lama. Ini terbukti dari keberadaan dua candi tidak jauh dari pusat kota, yakni Candi Surowono dan Candi Tegowangi, serta keberadaan patung “Budo” yang berada tepat di pusat kecamatan Pare. Ketiga peninggalan ini membuktikan bahwa Pare telah lahir ratusan tahun tahun yang lalu.

Wisata[sunting | sunting sumber]

Salah satu wisata edukasi di Kecamatan Pare yaitu Kampung Inggris.[2] Kampung Inggris terletak 25 km sebelah timur laut Kota Kediri, atau 120 km barat daya Kota Surabaya. Kampung ini dirintis oleh Kalend Osein, yang merupakan murid dari Kyai Ahmad Yazid.[1]

Desa dan Kelurahan[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Pare, memiliki 1 Kelurahan dan 9 desa , yaitu :

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b tgondes, parekampunginggris.co. "Antropolog Kaliber Dunia Pernah Menimba Ilmu di Pare". parekampunginggris.co. Diakses tanggal 2020-07-31. 
  2. ^ Ririn Vepy, parekampunginggris.co. "Tidak ada Cabang, Kampung Inggris itu di Pare Kediri". parekampunginggris.co. Diakses tanggal 2020-07-31. 

Koordinat: 7°46′04″S 112°11′53″E / 7.7679°S 112.198°E / -7.7679; 112.198