Karangbinangun, Lamongan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Karangbinangun
Kecamatan
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Timur
Kabupaten Lamongan
Pemerintahan
 • Camat Drs. Moh Nalikan,MM
Luas 42,93 km²
Jumlah penduduk 41.662 jiwa
Kepadatan 970 jiwa/km²
Desa/kelurahan 21 desa
Untuk tempat lain yang bernama sama, lihat Karangbinangun.

Karangbinangun adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Lamongan, Provinsi Jawa Timur, Indonesia merupakan Daerah Bonorowo yang keberadaannya diapit oleh 2 (dua) sungai besar yaitu Sungai Bengawan Solo dan Sungai Blawi ( Sungai Bengawan Jero ). Adapun letaknya berada di sebelah timur laut dari pusat pemerintahan Kabupaten Lamongan yang radius jaraknya + 17 Km.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Luas Wilayah Kecamatan Karangbinangun 4. 292,790 Ha, yang secara administratif terdiri dari 21 Desa, 71 Dusun, 86 RW, 193 RT dan 8.186 Kepala Keluarga. Adapun batas-batas wilayah kecamatan Karangbinangun, adalah sebagai berikut :

Kependudukan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2000/2001 tercatat jumlah penduduk Kecamatan Karangbinangun sebanyak : 39.756 jiwa pada tahun 2001/2002 sebanyak : 41.662 jiwa, selama satu tahun tersebut terjadi peningkatan sebanyak : 1.906 jiwa atau kenaikan sebesar 4,79 %.

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Karangbinangun merupakan salah satu wilayah yang sebagian besar wilayahnya merupakan areal pertanian, terutama ikan bandeng, udang windu dan padi.

Laju pertumbuhan ekonomimeningkat dari sebesar 2,43 % pada tahun 2000/2001 menjadi sebesar 2,57 % pada tahun 2001/2002. Penggunaan tanah di seluruh Wilayah Kecamatan Karangbinangun terdiri dari beberapa jenis :

Sawah/Tambak[sunting | sunting sumber]

Tanah sawah/tambak 3.526,110 Ha Tanah tegalan 360,950 Ha Tanah pekarangan 328,080 Ha Tanah lainnya 97,650 Ha Dengan kondisi demikian maka struktur perekonomian di Kecamatan Karangbinangun terutama didominasi oleh sektor petani ikan dan padi.

Home Industri[sunting | sunting sumber]

Di Kecamatan Karangbinangun selain sektor pertanian yang merupakan sektor utama dalam pembangunan perekonomian, saat ini sedang digalakkan Industri Kecil ( Kerajinan ) dimana di Wilayah Kecamatan Karangbinangun terdapat 2 (dua) Desaᅠ yaitu Desa Karangbinangun dan Desa Bogobabadan yang masyarakatnya memiliki ketrampilan di bidang Bordir yang sejak tahun 1989/1990 dibina secara terpadu sebagai desa Percontohan. Adapun hasil kerajinan masih belum menunjukkan perkembangan yang menggembirakan, hal ini disebabkan karena aspek pemasarannya yang belum memadahi. Untuk mengetahui hasil produksi Kerajinan Bordir

Perdagangan[sunting | sunting sumber]

Dalam kegiatan perekonomian Sektor perdagangan berfungsi menjembatani Produsen dengan Konsumen. Lancarnya penyaluran barang dan jasa dari Produsen kepada Konsumen akan menjamin perkembangan Sektor Produksi dan Sektor Perdagangan. Di Kecamatan Karangbinangun terdapat sarana perekonomian berupa 1 unit Pasar dan tempat lelang hasil tambak (desa Blawi).

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Terdapat Lyn Angkutan Desa jurusan Lamongan-Karangbinangun di Jalan raya Karangbinqangun, sedang untuk menuju desa-desa ada ojek dan perahu untuk mengangkut hasil sawah dan tambak.