I-Radio Medan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

I-Radio Medan adalah salah satu radio terkenal di Medan, dengan nama "PT. Radio Komersil Siaran Nusantara (Radio Kosa FM) ".

Sejarah[sunting | sunting sumber]

I-Radio Medan pertama kali muncul pada Tanggal 27 Februari 2011 yang sebelumnya memakai nama On Air Radio Kosa FM yang lebih dahulu hadir di Medan Sebelumnya Radio Kosa FM sendiri hadir di Makassar dengan format station anak muda dengan frekuensi 98.3 FM

Format Radio[sunting | sunting sumber]

98.3 FM I-Radio Jogja memiliki slogan “ Barometer Musik Indonesia”, yang berpedoman pada empat pilar yaitu:

  • Indonesia,
  • Informatif,
  • Interaktif, dan
  • Intermezzo.

Sebagai radio yang menyuguhkan 100% musik Indonesia. Dalam 21-jam siarannya (I-Radio Medan 10-Jam & Relay 11-Jam), I Radio hadir dengan musik dalam negeri berkualitas dari era 70, 80, 90 hingga era millennium, dengan pemilihan pemutaran lagu-lagu yang pernah, sedang dan segera menjadi hits.

Acara[sunting | sunting sumber]

Pagi-Pagi (Senin – Jum’at, 06.00 – 10.00 WIB) lokal Medan Horas Medan “Ini Medan Bung“. Medan adalah kota ke 3 terbesar setelah Jakarta dan Bandung, populasi perkembangan penduduk kota ini sangat unik, karena ternyata suku Jawa yang mendominasi kota ini, sedangkan penduduk asli kota Medan adalah Suku Melayu. Di bagian ini menyajikan info update seputar kota Medan. Di acara pagi ini ada bermacam-macam program menyenangkan seperti: Heran Head Line Koran Orang Medan bilang, “Tak Lengkap rasanya kalau pagi-pagi, tak' makan lontong sayur, soto Medan, dan ketan atau orang medan menamakan Pulut, apalagi kalu pagi-pagi tak' ada koran, tak' sodap rasanya.” Di segmen ini, I-Radio mengulas headline koran lokal yang terbit pada pagi itu, seperti harian Analisis, Harian Waspada, dan lain-lain.

Sentak SentakSenam Otak Pagi-pagi selain senam tubuh yang harus dilakukan, senam otak pun perlu. Di bagian ini adalah tebak pertanyaaan unik mengenai kisah sehari-hari seorang figur warga kota Medan yg diberi nama "Wak Apul". Untuk interaksi via sms 0812600.983 dengan cara ketik MDN ( spasi ) Nama (spasi ) Umur (spasi ) isi sms.

Marbebi Mari Belajar Bahasa Indonesia Bahasa yang digunakan di kota Medan adalah bahasa Medan. Bahkan karena frekuensi pemakaiannya, bahasa Indonesia menjadi terlupakan. Dengan MarBeBI ini I-Listeners diharap dapat melatih kembali kemampuan mengubaha bahasa percakapan sehari-hari sesuai dengan bahasa Indonesia yang disempurnakan dengan EYD.

Komed Kombur Medan Bahasa pasaran Medan “Kombur” adalah banyak ngomong atau tukang ngomong, atau tukang gosip, dll. Di bagian ini sajiannya adalah info seputar bisa tentang; pariwisata Danau Toba, gosip orang terkenal di Medan, dan topik terhangat masa kini.

Sore-Sore (Senin – Jum’at, 16.00 – 20.00 WIB)[/B] – lokal Medan Kali...Ah'...!! Tak' mantap rasanya kalo sore-sore, tak' mendengarkan i-radio Medan 98,3 FM, karena setiap sorenya mulai jam 4 sore sampe jam 8 sore ada soresore yg membuat sore anda makin rileks dan happy. Yang patennya di acara ini ada yang namanya: Tetelan alias Teka-Teki Asal-AsalanTeka-Teki Asal-Asalan, buat klen' yg lagi stress di jalan atau di mana saja, ada Teka-Teki yang bisa Klen' jawab via sms 0812600983, caranya Ketik: MDN(spasi) NAMA (spasi) UMUR (spasi) isi Jawaban.Ninja Ini Info Jalan Bukan Medan namanya kalo tak' Macet, Nah' buat Klen' yang di jalan di acara ini, ada pula yang namanyaNinja alias Ini Info Jalan Bersolek Berita Sore Intelek Ada juga yang namanya :Bersolek, atau Berita Sore Intelek, dan IRI alias Info Ringan dari I-radio Medan tentunya.

[B]I-Fakta (Senin – Minggu, setiap menit ke-30) [/B]relay I-Fakta adalah insert news berdurasi 3 menit berisi berita yang disiarkan langsung oleh reporter I-Radio dari lokasi peristiwa. Informasi terkini tentang berbagai hal seperti politik, ekonomi, hukum, pendidikan, sosial budaya, hiburan, launching album, preview film, pertunjukan, konser dan lain-lain bisa anda dapatkan hanya dengan mendengarkan I-Fakta yang bisa kita jadikan intropkesi buat kita semua yang pernah terjadi di Medan “ Tanah Deli “ ini

[B]Sore-Sore Weekend – Sabtu dan Minggu, pk.16.00 – pk.20.00 wib [/B]Orang Medan bilang jalan-jalan adalah ” Melalak', suntuk lah rasanya kalau Melalak sore-sore, di akhir pekan pula tak' mendengarkan 98,3 FM i-radio Medan. Acara yang bertitelkan ” Sore-Sore Weekend ” ini membahas seputar ; I-Gaya atau gaya hidup atau lifestyle orang Medan, ada pula Intermezzo, bahkan buat yang ingin liburan ada yang namanya I-Wisata, yang membahas tempat-tempat pariwisata di Sumatera Utara, seperti ; Danau Toba, Air Terjun Sipiso, Brastagi, Tomok Samosir, dll. Acara yang disajikan setiap Sabtu dan Minggu sore ini mulai jam 4 sore sampai jam 8 sore.

[B]TAGLINE :[/B]” Medan ” Kotaku....... ” Indonesia Raya” lagu kebangsaanku, Indonesia negeriku, bahasa Indonesia, bahasa persatuanku, 98.3 FM frekuensi radioku, I-Radio, radioku, Juaranya Musik Indonesia.