Kejuaraan FIA Formula 2

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Artikel ini bukan merupakan artikel untuk Kejuaraan FIA Formula Dua yang digelar dari tahun 2009 sampai 2012.
Kejuaraan FIA Formula 2
KategoriKursi tunggal
Negara atau daerahInternasional
Musim pertama2017
Pembalap20
Tim10
KonstruktorDallara
Pemasok mesinMecachrome
Pemasok banPirelli
Juara pembalapBendera Jerman Mick Schumacher
Juara timBendera Italia Prema Racing
Situs webfiaformula2.com
Motorsport current event.svg Musim saat ini
Charles Leclerc, juara perdana FIA Formula 2 musim 2017.

Kejuaraan FIA Formula 2 atau FIA Formula 2 Championship[1] merupakan sebuah ajang balap mobil formula yang merupakan perubahan nama dari Seri GP2 di musim 2017.

Ajang ini menjadi ajang feeder resmi bagi para pembalap muda untuk berlaga di ajang yang lebih tinggi yaitu Formula Satu. Ajang ini merupakan upaya ketiga FIA dalam hal pemakaian nama Formula Dua.

Awal mula ajang Formula 2 dimulai dari rencana besar FIA yang mengubah sistem Super Licence pada tahun 2015 dengan merevisi dan mencoba memadatkan alur karier pembalap muda menuju ajang Formula Satu supaya searah dan seragam. Salah satu yang dibahas dalam rencana perubahan ini adalah penghidupan kembali ajang atau kategori Formula Dua yang dimaksudkan untuk menjadi ajang utama bagi pembalap muda sebelum naik kelas ke ajang F1. Di sisi lain FIA juga mengeluarkan revisi rencana untuk kejuaraan Formula Tiga dan meluncurkan kejuaraan Formula 4. Alur dari Formula 4 - Formula Tiga - Formula Dua - Formula Satu menjadi alur yang kemudian disebut sebagai FIA Global Pathway.

FIA lantas memilih untuk mengubah nama ajang Seri GP2 menjadi ajang Formula 2 ketimbang membuat lagi kejuaraan yang baru.[1]

Sasis dan mesin[sunting | sunting sumber]

Kejuaraan FIA Formula 2 memberikan sebuah mobil yang memiliki karakteristik dan komponen yang sama bagi seluruh tim dan pembalap yang berlomba di ajang ini, tentunya dengan berbagai aturan yang jauh berbeda dengan seri balapan konstruktor seperti Formula Satu. Ketentuan ini bertujuan agar dalam pertandingan Formula 2, kemampuan dan pengalaman pembalap-lah yang dinilai dan diuji, bukan faktor kendaraan dan faktor pabrikan.

Bagian Spesifikasi Pabrikan
Sasis Open-wheel monosok 785 kg Dallara
Mesin V6 turbo 3,4 liter Mecachrome
Ban Ban licin 275/705-R18 (depan) dan 325/705-R18 (belakang) Pirelli
Bahan Bakar 102 RON Elf

Penghargaan Anthoine Hubert[sunting | sunting sumber]

Pada upacara pemberian hadiah di Monako pada tahun 2019 diperkenalkan Penghargaan Anthoine Hubert dinamai Anthoine Hubert yang meninggal dunia akibat kecelakaan fatal di Sirkuit Spa-Francorchamps pada 31 Agustus 2019. dan merupakan satu-satunya rookie di musim ini yang mencetak dua kemenangan. Penghargaan ini diberikan kepada pengemudi dengan posisi tertinggi tanpa pengalaman Formula 2 sebelumnya.[2]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Newly renamed F2 series to feature at 10 Grands Prix". Formula 1 – The Official F1 Website. Diakses tanggal 9 March 2017. 
  2. ^ Allen, Peter (12 Desember 2019). "F2 introduces Anthoine Hubert Award, presented to Guanyu Zhou". formulascout.com. Formula Scout. Diakses tanggal 12 Desember 2019. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]