Mobil keselamatan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dalam olahraga otomotif, mobil keselamatan adalah mobil yang membatasi kecepatan mobil yang bersaing di arena pacuan kuda dalam hal periode peringatan seperti penghalang di lintasan atau cuaca buruk. Tujuan dari mobil keselamatan ini adalah untuk memungkinkan pembersihan segala halangan dalam kondisi yang lebih aman, terutama untuk marshal dan/atau menunggu kondisi lintasan yang lebih menguntungkan dari segi cuaca.

Selama periode hati-hati, mobil keselamatan (yang umumnya terdiri dari mobil produksi performa tinggi yang dimodifikasi dengan tepat) memasuki lintasan di depan pemimpin. Tergantung pada peraturan yang berlaku, pesaing biasanya tidak diizinkan melewati mobil keselamatan atau pesaing lain selama periode peringatan, dan mobil keselamatan memimpin lapangan pada kecepatan aman yang ditentukan sebelumnya, yang dapat bervariasi tergantung seri dan sirkuit. Pada akhir periode peringatan, mobil keselamatan meninggalkan lintasan dan para pesaing melanjutkan balapan normal. Ketergantungan pertama pada ukuran keamanan ini terjadi dengan penyebaran mobil kecepatan selama Indianapolis 500 perdana pada tahun 1911.

Terdapat dua penyebutan berbeda untuk istilah mobil keselamatan. Ajang balap yang berada di bawah naungan FIA (seperti Formula Satu) dan FIM (seperti Grand Prix Sepeda Motor) lebih terbiasa menyebutnya sebagai safety car, sementara ajang balapan di Amerika Serikat seperti NASCAR dan Seri IndyCar menyebutnya sebagai pace car yang juga bermakna "mobil pemandu".

Efek[sunting | sunting sumber]

Penggunaan mobil pengaman memiliki efek mengumpulkan para pesaing bersama, seperti untuk menghilangkan keuntungan waktu dan jarak yang mungkin dimiliki oleh pengemudi terkemuka di atas bidang yang masih tersisa dari para pesaing. Efek ini dapat membuat balapan lebih kompetitif pada saat perlombaan dimulai kembali secara penuh; sebaliknya, itu juga berkontribusi terhadap pembalap terkemuka yang lebih cepat dinegasikan hanya penghargaan atas upaya mereka sebelum periode peringatan.

Tunduk pada peraturan balap yang berlaku, tidak jarang bagi pengemudi diizinkan untuk membuat pitstop selama periode mobil keselamatan. Situasi ini dapat memberikan keuntungan strategis karena setiap pengisian bahan bakar yang dijadwalkan, penggantian ban, atau perawatan dapat dilakukan ketika pesaing lain memukul pada kecepatan yang lebih rendah, dan pengemudi yang mengadu kemudian hanya bergabung kembali dengan antrian mobil yang semuanya berjalan bersama. Selama kondisi balap normal, intervensi seperti itu biasanya akan melibatkan kehilangan medan signifikan di atas pembalap yang tetap berada di jalurnya.

Efek penting lainnya dari periode mobil keselamatan adalah bahwa mobil balap mengkonsumsi lebih sedikit bahan bakar sampai dimulainya balapan penuh, yang dapat memungkinkan pesaing untuk menempuh jarak yang lebih jauh pada tangki bahan bakar daripada yang mungkin terjadi dan/atau mengurangi jumlah pitstop yang diperlukan selama durasi dari balapan.

Formula Satu[sunting | sunting sumber]

Prosedur[sunting | sunting sumber]

Di Formula Satu jika kecelakaan atau cuaca buruk (biasanya, hujan lebat) mencegah balap normal tidak berlanjut dengan aman, Direktur Balap akan menyerukan periode "safety car", yang akan melihat marsekal mengibarkan bendera kuning dan memegang papan "SC", tertunda mobil yang dimaksud memasuki lintasan. Mulai 2007, semua mobil Formula Satu harus memiliki LED dan/atau display yang dipasang di setir atau kokpit, yang memberi tahu pengemudi bendera mana yang sedang dikibarkan. LED kuning menyala ketika mobil keselamatan dikerahkan.

Safety car memiliki lampu oranye dan hijau yang terpasang di atapnya dalam bentuk bar cahaya. Lampu hijau digunakan untuk memberi sinyal bahwa ada kemungkinan untuk menyalip mobil keselamatan; ini hanya dilakukan sampai pemimpin balapan berada tepat di belakang mobil keselamatan dan berada di depan antrian mobil balap berikutnya.

Mulai 2015, mobil keselamatan tidak perlu menunggu sampai semua backmarker kembali ke antrian. Ketika mobil keselamatan siap untuk meninggalkan sirkuit, ia akan mematikan lampu oranye untuk menunjukkan bahwa ia akan memasuki pit lane di ujung putaran. Pembalap harus melanjutkan dalam formasi sampai mereka melewati garis mobil keselamatan pertama, di mana lampu dan bendera hijau akan menunjukkan bahwa mereka bebas untuk balapan lagi.

Mobil keselamatan dikemudikan oleh pengemudi profesional (sejak 2000, oleh Bernd Mayländer) di atas kendaraan modifikasi bertenaga tinggi yang disuplai oleh Mercedes-Benz, dan harus mempertahankan kecepatan yang wajar sehingga dapat memastikan bahwa ban pesaing sedekat mungkin untuk suhu operasi dan mesin mereka tidak terlalu panas. Pengemudi mobil keselamatan disertai oleh co-driver untuk membantu operasi dan komunikasi.

Untuk insiden selama tiga lap pertama, mobil keselamatan juga memiliki keunggulan dibandingkan bendera merah tradisional; dengan bendera merah, dibutuhkan waktu minimum lima belas menit untuk memulai kembali lomba, dan batas dua jam tidak akan dimulai sampai mobil siap untuk putaran formasi kedua. Berkenaan dengan batas waktu, perlombaan sedang dinilai dan waktu juga menghitung saat mobil keselamatan berada di trek, dan balapan dilanjutkan.

NASCAR[sunting | sunting sumber]

Di semua seri NASCAR, jika kehati-hatian keluar untuk pembersihan puing-puing, kecelakaan, atau cuaca buruk, juru bendera akan mengibarkan bendera peringatan kuning dan mobil keselamatan akan keluar dari pit dan menyalakan strobo kuning di atas dan/atau di belakang mobil. Saat petugas balapan siap membuka pit lane, lampu hijau akan menyala di jendela belakang mobil keselamatan. Satu lap sebelum bendera hijau, mobil keselamatan akan mematikan lampunya untuk memberi isyarat kepada pengemudi agar mengantre dua kali.

Tidak seperti kebanyakan seri di motorsport, karena akar trek pendek NASCAR, setiap trek biasanya menawarkan mobil keselamatannya sendiri, biasanya dari pabrikan, tetapi dalam beberapa tahun terakhir, ini telah menjadi dealer lokal atau asosiasi mobil Keselamatan yang disediakan oleh dealer regional. Lintasan yang menggunakan safety car Toyota akan menggunakan Toyota Camry Hybrid, sedangkan lintasan Ford akan menggunakan Ford Mustang, sedangkan lintasan Chevrolet menggunakan Chevrolet Camaro dan sebagian besar lintasan Dodge menggunakan Dodge Challenger. Jika pabrikan mempromosikan kendaraan baru, mereka akan sering menggunakan mobil baru daripada mobil keselamatan spesifikasi standar.

Untuk Seri Truk, yang memperlombakan truk pikap alih-alih mobil, "mobil" keselamatan sering kali adalah pikap. Lintasan yang berafiliasi dengan dealer Chevrolet lokal atau regional akan menggunakan Chevrolet Silverado, sementara lintasan yang berafiliasi dengan dealer Chrysler akan menggunakan Ram 1500. Lintasan yang berafiliasi dengan Ford akan sering menggunakan F-Series, tetapi lintasan yang berafiliasi dengan Toyota cenderung menggunakan Ram 1500. Toyota Tundra, namun lebih memilih memasarkan Camry Hybrid. Namun, trek yang disponsori pabrikan Ford dan Toyota masing-masing akan lebih memilih Mustang dan Camry, daripada truk, dan kadang-kadang, truk pikap telah digunakan sebagai kendaraan kecepatan untuk balapan Seri Piala dan Xfinity.

Karena NASCAR tidak mengizinkan speedometer atau perangkat pembatas kecepatan elektronik, kecepatan mobil mengitari lintasan dengan kecepatan pit road selama putaran pemanasan. Ini memungkinkan setiap pengemudi untuk mencatat RPM di mana kecepatan jalan pit dipertahankan. Pengemudi yang melebihi kecepatan itu di jalan pit akan dikenakan sanksi, biasanya penalti "drive-through" atau "stop and go", yang merugikan posisi lintasan mereka yang berharga.

Sejak pertengahan 2004, pejabat NASCAR Brett Bodine telah mengemudikan kendaraan tersebut selama acara balapan resmi selama balapan Seri Piala. Pengemudi mobil kecepatan NASCAR terkenal lainnya termasuk Robert "Buster" Auton dan Elmo Langley.

Di banyak balapan, NASCAR memiliki seorang pembalap mobil kecepatan kehormatan yang benar-benar mengendarai mobil selama putaran parade. Bergantung pada keterampilan pengemudi, beberapa pengemudi diizinkan untuk melaju di lapangan hingga pengibaran bendera hijau. Beberapa pembalap terkenal adalah Jay Leno, Richard Hammond, Luke Wilson, Rob Gronkowski, Guy Fieri dan banyak lainnya.

Aturan penerima (secara informal dikenal sebagai aturan "lucky dog") menyatakan setelah mobil keselamatan dikerahkan, mobil pertama yang tidak berada di lap terdepan akan mendapatkan kembali satu lap. Penerima Manfaat akan mendapatkan kembali pangkuannya begitu jalan pit dibuka. Bodine akan memberi sinyal pada mobil itu untuk melewatinya melalui kontak radio antara NASCAR dan tim itu. Mobil free pass harus diadu dengan mobil tersusun.

Pada tahun 2009, NASCAR memperkenalkan aturan "Double-file restart" baru yang melapisi lapangan dengan dua mobil di setiap baris pada setiap restart, mirip dengan awal balapan, bukan mobil lead-lap di luar dan mobil tersusun di dalam. . Selain itu, aturan "berputar-putar", mirip dengan yang diberlakukan dalam seri balap yang disetujui oleh IndyCar, diadopsi untuk memastikan mobil pertama saat restart adalah yang terdepan, dan memastikan tidak ada mobil yang tersusun di depan pemimpin.