Kejuaraan balap mobil roda terbuka Amerika

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Balap mobil roda terbuka Amerika
Induk organisasiAAA Contest Board (1905-1955)
USAC (1956-1997)
CART (1979-2007)
INDYCAR (1996-sekarang)
Nama lainIndyCar, ChampCar, CART, IRL
Data lengkap
Olahraga kontak fisikYa
Jumlah pemainYa
Pria/wanitaYa
KategoriOutdoor
Tempat bertandingBeragam (mayoritas di trek oval dan sisanya di trek road/street course)

Kejuaraan balap mobil roda terbuka Amerika, lebih umum dikenal sebagai balap Indy Car, merupakan sebuah kategori olahraga bermotor profesional yang digelar di Amerika Serikat dan Kanada. Sampai musim 2017, level tertinggi dari balap mobil roda terbuka Amerika adalah Seri IndyCar yang digelar dan diawasi oleh INDYCAR.

Acara yang kompetitif untuk mobil balap mobil roda terbuka kursi tunggal tingkat profesional telah dilakukan di bawah naungan beberapa badan pengelola yang berbeda sejak tahun 1902. Sebuah kejuaraan musiman nasional yang berbasis poin kejuaraan dari hasil perlombaan telah diakui secara resmi pada tahun 1905, 1916 dan sejak 1920. Lomba Indianapolis 500 yang memulai debutnya pada tahun 1911, adalah acara paling utama dari gelaran satu musim balap Indy Car.

Mobil beroda terbuka, bersayap dan berkusi tunggal umumnya serupa dengan yang ada di Formula Satu meski ada perbedaan penting. Ketenaran Indianapolis 500 membawa banyak orang secara umum melabeli mobil yang bersaing di sirkuit Kejuaraan Amerika sebagai "mobil Indy" atau IndyCar.

Bentuk balap ini telah mengalami tingkat popularitas yang tinggi selama bertahun-tahun, terutama dalam kerangka waktu pasca-Perang Dunia II. "Era keemasan" tahun 1950an diikuti oleh satu dekade transisi dan inovasi pada tahun 1960an yang mencakup peningkatan partisipasi internasional. Olah raga mengalami pertumbuhan dan ekspose yang cukup besar selama popularitas CART PPG Indy Car World Series di dekade 1980-an sampai awal dekade 1990-an. Dua perselisihan organisasi yang terjadi pada tahun 1979 dan 1996, menyebabkan "perpecahan" yang membagi peserta (dan penggemar) di antara dua badan pengelola yang terpisah. Namun sebuah penyatuan resmi terjadi pada tahun 2008 yang membawa olahraga tersebut kembali bersama di bawah satu badan pengelola tunggal.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]