NASCAR Seri Eropa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
NASCAR Whelen Euro Series
NASCAR Whelen Euroseries logo.png
KategoriStock Cars
DaerahEurope
Musim pertama2009
KonstruktorChevrolet
Ford
Toyota
Pemasok mesinChevrolet
Pemasok banMichelin
Juara pembalapElite 1: Bendera Israel Alon Day
Elite 2: Bendera Prancis Thomas Ferrando
Juara timBendera Prancis Knauf Racing
Juara pabrikanChevrolet
Situs webWhelen Euro Series
Motorsport current event.svg Musim saat ini

NASCAR Seri Eropa atau bernama resmi NASCAR Whelen Euro Series (sebelumnya bernama Euro-Racecar NASCAR Touring Series) merupakan seri resmi NASCAR yang digelar di Eropa. Kemitraan antara NASCAR denggan Racecar Euro-Series termasuk unik karena seri ini juga diakui oleh FIA. Meskipun dalam perjalanan sehari-harinya seri ini memakai regulasi NASCAR namun seri ini juga termasuk seri internasional yang berada di bawah pengawasan FIA.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Racecar Euro-Series diciptakan pada tahun 2008 oleh Team FJ Group dari Prancis. Musim pertama digelar pada tahun 2009. Setelah dua musim berjalan di sirkuit-sirkuit Prancis, Racecar Euro-Series disetujui sebagai Seri Internasional oleh Fédération Internationale de l'Automobile (FIA) pada akhir tahun 2010. Kalender diperluas untuk 2011 hingga termasuk lebih banyak balapan di Eropa.

Pada awal 2012, Team FJ membuat kesepakatan dengan NASCAR untuk hak penamaan dan pengawasan pada seri tersebut sebagai bagian dari rangkaian NASCAR, meski tetap berstatus sebagai seri internasional FIA.

Dengan kesepakatan baru dengan NASCAR, seri ini menjadi ajang balap resmi NASCAR di Eropa. Aturan dan standar NASCAR diadopsi dalam seri ini. Juara ini diundang ke acara Gala Nights of Champions di Hall of Fame NASCAR di Charlotte, North Carolina bersama dengan para juara regional NASCAR lainnya, dengan juara 2012 Ander Vilariño menjadi yang pertama hadir.

Pada tanggal 1 Juli 2013, dengan kemitraan dari Whelen Engineering, seri ini dinamai ulang sebagai NASCAR Whelen Euro Series. Balapan pertamanya dengan nama baru digelar di Tours, Prancis.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]