Formula 4

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Salah satu mobil Formula 4

FIA Formula 4, juga disebut FIA F4, adalah kategori balap mobil roda terbuka yang ditujukan untuk pembalap junior. Tidak ada kejuaraan global, namun masing-masing negara atau wilayah dapat menyelenggarakan kejuaraan mereka sendiri sesuai dengan seperangkat peraturan dan spesifikasi universal.

Kategori tersebut dibuat oleh Fédération Internationale de l'Automobile (FIA) - badan administrasi dan administrasi internasional untuk motorsport - sebagai kategori entry level untuk pembalap muda, menjembatani kesenjangan antara karting dan Formula 3. Seri ini merupakan bagian dari FIA Global Pathway. Mantan pembalap Formula Satu Gerhard Berger ditunjuk sebagai komisaris untuk ajang balapan tersebut sebagai tanggapan terhadap penurunan minat pada kejuaraan Formula 3 nasional karena biaya operasional tahunan bagi para pembalap yang mahal dan jalur alternatif untuk Formula Satu seperti Formula Renault beserta Seri GP2 dan Seri GP3 yang sempat menyaksikan beberapa kejuaraan nasional Formula 3 dibatalkan. Di tempat kategori mahal, sejumlah kategori terpisah yang berjalan di bawah nama Formula 4 telah dibuat seperti misalnya Inggris mendasari BRDC Formula 4, tapi tidak ada kesamaan antara mobil dari satu negara ke negara lain. Kategori yang disahkan FIA secara resmi dibuat pada bulan Maret 2013, saat disetujui oleh World Motor Sport Council.

Kejuaraan Formula 4 pertama dimulai pada tahun 2014 sebagai kategori satu desain sebelum peraturan dibuka untuk beberapa sasis dan produsen mesin. Setiap kejuaraan menggunakan satu jenis mesin, dengan peraturan yang mewajibkan kapasitas 1.600 cc (1,6 L) dan membatasi output daya maksimum 180 bhp (134,2 kW), lebih tinggi dari Formula Ford dan lebih rendah dari Formula Renault. Mesinnya disamakan sehingga tidak ada kejuaraan Formula 4 yang lebih cepat dari yang lain, dengan niat jangka panjang untuk menurunkan biaya hingga di bawah € 100.000 per tahun untuk bersaing.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]