Formula Ford

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Formula Ford
Negara atau daerah Seluruh Dunia
Pemasok mesin Ford
Formula Ford Ecoboost
Formula Ford Duratec

Formula Ford adalah kelas masuk secara bertingkat- kursi satu , balap formula roda-terbuka . Berbagai kejuaraan diselenggarakan di seluruh dunia merupakan langkah penting bagi banyak calon Formula pengemudi tunggal. Formula Ford secara tradisional dianggap sebagai yang pertama batu loncatan besar dalam balap formula setelah karting . Seri biasanya melihat karier profesional pengemudi berpikiran masuk bersama amatir dan penggemar. Sukses di Formula Ford dapat mengarah langsung ke formula junior lain seperti Formula Renault 2.0 atau bahkan F3 kursi.

Formula Ford ini tidak membuat satu kejuaraan. Hal ini memungkinkan kebebasan desain chassis, Mesin membangun dan berbagai barang-barang teknis spesifikasi pada mobil.Ini membuka pintu untuk banyak produsen chassis, besar dan kecil. Banyak formula tunggal-seater lainnya memaksakan spesifikasi tetap. Hanya dua profesional formula seater balap single lain di dunia menawarkan kebebasan yang sama dari chassis dan mesin membangun: Formula tiga dan Formula 1.


Sejarah[sunting | sunting sumber]

Asal usul Formula Ford dimulai pada awal 1960-an, di mana sekolah balap motor seperti Sekolah Jim Russell dan Balap Motor Stables unggulan kursi tunggal Formula Junior dan Formula 3 -seperti mesin dari konstruktor kelas dunia seperti Cooper dan Lotus . Banyak calon Formula 1 bintang tampak ke sekolah-sekolah tersebut dengan harapan belajar kerajinan dan juga mencari bagian. Namun, meskipun tidak ada kekurangan driver calon, sekolah-sekolah ini memiliki banyak kesulitan menghindari kebangkrutan. 1 liter mesin Formula 3, 1,1 liter Coventry Climax FJ dan kemudian Ford Anglia 105E , biaya sekitar £3.000 pada saat di samping ban balap Dunlop yang biayanya £80 per set. Selanjutnya, mesin ini yang sangat rapuh untuk boot, yang berarti mereka memiliki kecenderungan untuk merusak diri sendiri. Semua faktor ini berkontribusi pada pemeliharaan dan perawatan biaya curam dari sekolah.[1]

Pada tahun 1963, Geoff Clarke; pemilik Balap Motor Stables, pindah sekolah balap ke Brands Hatch sirkuit. Ini membawanya dalam kontak dengan John Webb; Managing Director Perkembangan di Brands Hatch. Pada sekitar waktu ini, dua dari Lotus Formula chassis SMP sekolah yang dilengkapi dengan 1498cc standar Ford mesin pushrod yang ditampilkan di kemudian-baru ini diperkenalkan Cortina GT sedan . 1500 Cortina, dengan keandalan dan tenaga keluaran kuda yang sensasional yang cukup dekat dengan "F3 yang tepat" terbukti sukses besar di sekolah. Percobaan awal dengan ban radial membuahkan hasil juga. mahasiswa hari tidak peduli bahwa ini bukan mesin balap atau ban balap, hanya saja mobil yang sama.[2]

Geoff Clarke kemudian mulai mendekati konstruktor mobil balap yang ada untuk membangun pertama Formula Ford. Kedua Bruce McLaren dan Jack Brabham menolak gagasan; Colin Chapman namun membersihkan off kemudian usang Lotus 31 Chassis dan diciptakan kembali itu sebagai Lotus 51 . Dia setuju untuk memberikan yang pertama dari dua batch 25 mobil di £ 850 per mobil. Satu-satunya ketentuan Chapman punya adalah bahwa kotak roda gigi dari Renault digunakan. Hal ini terbukti menjadi titik lemah mendasar dalam drive train. Kesulitan dengan transmisi Renault mengakibatkan kegagalan untuk melanjutkan dengan batch kedua mobil untuk MRS.

Jim Russell mendekati Colin Chapman untuk memasok Formula mobil Ford untuk sekolah sendiri. Chapman bersikeras agar 50 mobil Russell pertandingan Clarke; Russell hanya akan berkomitmen untuk 10 mobil sehingga kesepakatan jatuh melalui. Russell kemudian mendekati Allan Taylor yang membangun mobil Alexis dan kesepakatan dipukul untuk bersama-sama menghasilkan Russell-Alexis. Mobil ini memiliki Hewland gear box racing yang membuat mobil lebih mahal (£ 999), tetapi lebih handal dan memungkinkan rasio dipertukarkan.

Pertama Formula mandiri Ford balapan berlangsung di Brands Hatch pada tanggal 2 Juli 1967. Dari 20 mobil yang bertanding, 10 adalah MRS Lotus 51, termasuk pemenang akhirnya, Ray Allan . Russell-Alexis mobil memenangi balapan debutnya pada bulan Agustus 1967, dan tahun 1968 54 Russell-Alexis telah dijual. Berdasarkan keberhasilan ini Jim Russell dibuka 2 sekolah balap yang lebih di Inggris, yang lain di Kanada, dan satu lagi di Amerika Serikat.

Chapman dan Lotus nya 51 tidak sembuh, mengganti gear box Renault merepotkan dengan unit Hewland, bahkan mengklaim Jim Russell sebagai pelanggan pada tahun 1968. 1968 juga melihat debut Meryln sebagai Formula Ford konstruktor, mendominasi penjualan untuk tahun itu. Lain baru manufaktur termasuk Crosslé Mobil Perusahaan , Dulon, Elden Racing Mobil , Hawke Racing Mobil dan Royale Racing Mobil, bersama-sama dengan konstruktor yang ada seperti Brabham memilih untuk membangun Formula Ford chassis.

Sebagai mesin produksi Ford Cortina berkembang ke unit 1600cc crossflow baru, begitu pula peraturan Formula Ford. Meningkatnya biaya memaksa mereka untuk mengendurkan £ 1.000 plafon harga pada Formula Ford sebagai blueprinting mesin sekarang diperbolehkan.

Belgia menjadi tuan rumah balapan pertama di luar Inggris, pada tahun 1967. Formula Ford balap cepat menyebar di seluruh Eropa dan Amerika Utara, dengan yang pertama Formula resmi Ford balapan di Amerika Serikat pada tanggal 23 Maret 1969. Pada akhir 1960-an dan awal 1970-an, Formula Ford memiliki menempatkan dirinya sebagai jalur langsung ke tempat duduk di Formula 1 mobil, tingkat tertinggi dalam roda terbuka motorsport. Australia Tim Schenken memenangkan lebih dari 2 lusin Formula Ford balapan pada tahun 1968, dua tahun kemudian ia mengendarai mobil Formula 1 untuk Frank Williams . Emerson Fittipaldi terkesan selama tahun 1970 Formula 1 Grand Prix Season setelah bertugas singkat di Formula Ford. Pada tahun 1970, ia menjadi yang pertama Formula Ford lulusan untuk memenangkan Formula 1 Grand Prix. Pada tahun 1972, ia menjadi yang pertama Formula Ford lulusan untuk memenangkan Kejuaraan Dunia Formula 1.

Saat ini, Formula Ford balap ada dalam dua bentuk utama: Seri Nasional untuk calon pembalap karier 'berjalan di seluruh dunia yang telah menggunakan 1.600 mesin Duratec , (yang menggantikan lebih berat tetapi tidak secara signifikan lebih kuat mesin Zetec pada tahun 2006), dan untuk 2012 yang mulai mengadopsi baru EcoBoost mesin turbo 1600; dan terutama amatir, seri klub-balap menarik peminat serius menggunakan sekarang lansia 1600 mesin Kent dengan yang rumus berlari dari pertengahan 1960-an hingga pertengahan 1990-an. Apapun mesin Formula Ford mobil, telah lama menyediakan cara yang relatif murah untuk driver untuk balapan mobil balap tujuan-dibangun. Ada banyak Formula Ford 1600 seri untuk driver yang lebih tua mobil Kent bertenaga. Formula mobil Ford FFEA Van Diemen RF01 Chassis

Formula mobil Ford[sunting | sunting sumber]

Sebuah Formula Ford mobil adalah salah satu open-roda mobil balap yang lebih khas yang tampak karena tidak memiliki sayap untuk membuat aerodinamis tekanan aliran udara kebawah. Dalam rangka untuk mengurangi biaya dan memungkinkan produsen kecil untuk menghasilkan desain sendiri dari chassis tanpa biaya perkakas mahal, chassis adalah baja space frame , seperti monocoques ditemukan di jenis-jenis seater balap tunggal.

Marques lebih populer sebagai 2012 yang Van Diemen , Mygale dan Australia-dibangun Spectrum , namun produsen kecil seperti Ray dan Vector telah memiliki beberapa keberhasilan. Desainer sejarah yang telah membuat tanda di seri ini termasuk: Titan, Lotus , Merlyn, Hawke, Citation, Swift , Euroswift, Elden , Reynard , Crosslé , Lola , Zink, Bowin , Royale, dan Cooper Racing .

Kecepatan tertinggi di Kelas Nasional yang mudah setinggi di Junior Formula lain dari BMW dan Renault , tetapi kecepatan menikung cenderung lebih rendah sebagai Formula mobil Ford kekurangan bantu aerodinamis tekanan angin ke bawah-memproduksi di mobil lain; Oleh karena itu penanganan sepenuhnya ke pegangan mekanik, dan kurangnya sayap memastikan bahwa mobil berikut lain tidak aerodinamis dirugikan, yang memungkinkan beberapa balap paling dekat dengan banyak menyalip. Aturan seri 'dapat mengizinkan licin atau treaded ban, umumnya disediakan baik oleh Dunlop atau Avon . Sebagai aturan membatasi modifikasi mesin, semua mobil yang relatif sama dan hasil balap cenderung dekat. Formula Ford memungkinkan suspensi, redaman, gearing dan pengereman perubahan Bias, tetapi pilihan tidak aerodinamis seperti mobil bersayap. 2012 Formula Ford Ecoboost

Pada tahun 2012, spesifikasi dan peraturan baru diperkenalkan, yang memungkinkan penggunaan baru mesin Ford EcoBoost bersama dengan perbaikan dalam desain chassis. Tidak seperti pendahulunya, yang digunakan mesin Tentu disedot dan gearbox manual, mobil EcoBoost menggunakan tenaga dari mesin turbocharged dan gearbox sequential . Mobil baru memiliki 165ps, dengan kalibrasi mesin identik untuk mobil setiap pesaing. Chassis tetap baja spaceframe konstruksi, dengan desain chassis bebas terbuka untuk semua produsen. Baru mobil kepatuhan dengan Formula Tiga standar keamanan, yang melibatkan struktur kecelakaan wajib, panel samping dampak menjalankan tinggi penuh dan panjang kokpit, sebuah FIA headrest -specified dan keselamatan kursi extricable. Selain perangkat tambahan keamanan, beberapa elemen wajib bentuk bodywork juga telah diperkenalkan. Ini akan menentukan bentuk, ukuran dan orientasi dari intake udara sidepod dan penutup roll-hoop. Dengan mandat ini daerah frontal akan menyamakan kedudukan antara produsen yang berbeda, menghilangkan potensi keuntungan aerodinamis yang signifikan, membuat mengemudi kemampuan dan keterampilan insinyur dan desainer mobil set-up faktor utama. Kejuaraan dan acara di seluruh dunia

Kejuaraan dan acara di seluruh dunia[sunting | sunting sumber]

Kejuaraan untuk Ford Formula dijalankan di banyak negara di seluruh dunia. Seri utama adalah British Formula Ford Championship , namun ada banyak seri berkembang lainnya. Setiap menjalankan dasarnya aturan yang sama dan peraturan, dengan variasi kecil untuk kondisi lokal. British Formula Ford Championship

British Formula Ford Championship[sunting | sunting sumber]

Seri Inggris adalah utama Formula kejuaraan Ford di dunia. Dibuat pada tahun 1976, kejuaraan telah menjalankan semua empat generasi dari peraturan dan spesifikasi. Dari 2013, seri ini akan mengadopsi Formula Ford EcoBoost 200 spesifikasi, yang akan mencakup peningkatan EcoBoost tenaga mesin, bersama dengan tambahan baru dari paket aerodinamis sepenuhnya disesuaikan yang mencakup depan dan belakang sayap yang sebelumnya tidak pernah terlihat sebelumnya di kejuaraan British . Pada akhir Oktober 2012, panitia mengumumkan bahwa seri dari Duratec musim ini mobil kelas akan memenuhi syarat untuk kejuaraan, hanya menyisakan kelas EcoBoost. [7] Seri ini juga akan kembali ke mendukung BTCC . Dalam 2015 kejuaraan ini berganti nama MSA Formula .

Beberapa pengemudi mantan kejuaraan Inggris telah menjadi sukses di Formula Satu , termasuk Eddie Irvine dan Anthony Davidson , sementara Formula Ford juara Ayrton Senna dan Jenson Button juga pergi untuk memenangkan kejuaraan Formula Satu Driver ' . Formula Ford Festival

Formula Ford Festival[sunting | sunting sumber]

Selama bertahun-tahun puncak Formula Ford musim adalah Formula Ford Festival di Brands Hatch , Inggris. Entri dari beberapa ratus mobil dari seluruh dunia Formula Ford yang umum dalam tahun 1990-an, dengan pembalap bersaing di KO memanaskan memutuskan grid untuk grand final. Entri kemudian menurun, dan Festival kemudian berjuang untuk menarik lebih dari 40-50 mobil, cukup untuk dua memanaskan dan final. Lebih "bersejarah" mobil FF1600 telah muncul untuk balapan mendukung dari Zetecs kontemporer, namun pada tahun 2006 Festival melihat mesin Duratec untuk pertama kalinya sehingga memiliki akhir untuk semua 3 Marques pada satu pertemuan untuk pertama kalinya. The Walter Hayes Trophy sekarang mengakui kepentingan terus di 1600cc 'Kent' Formula Ford dan menarik lebih dari 150 entri pada tahun 2006, termasuk beberapa pembalap yang lebih umum bersaing di banyak formula yang lebih senior. Formula Ford EuroCup

Formula Ford[sunting | sunting sumber]

Formula Ford EuroCup, dikenal awalnya sebagai Formula Ford Eropa Championship, adalah inkarnasi saat kejuaraan pan-Eropa untuk Formula Ford pesaing, terakhir diadakan sebelumnya pada tahun 2001. Seri 2011 ini ditujukan untuk memberikan driver pengalaman di sirkuit balap Eropa. Tiga Formula nasional Ford Kejuaraan terlibat dalam kejuaraan dihidupkan kembali, ini menjadi British , Benelux dan Skandinavia kejuaraan.Sementara peristiwa individu mencalonkan pemenang, tidak ada nilai titik menyeluruh untuk menyatakan juara seri. Formula Australia Ford Championship

Formula Australia Ford Championship[sunting | sunting sumber]

Formula Australia Ford Championship adalah Konfederasi Australia Motor Sport judul balap motor nasional sanksi untuk driver mobil balap Formula Ford. Telah diadakan setiap tahun sejak tahun 1970, awalnya sebagai seri nasional, dan kemudian sebagai seri 'driver-to-Eropa. Seri ini ditingkatkan status Kejuaraan Australia pada tahun 1993 dan telah dikenal secara resmi sebagai Formula Australia Ford Championship sejak tahun itu. Seri pindah dari generasi pertama mesin Kent ke generasi ketiga Mazda-bersumber mesin Ford Duratec pada tahun 2006. AS F2000 Kejuaraan Nasional

AS F2000 Kejuaraan Nasional Kejurnas (kejuaraan nasional) AS F2000 didukung oleh Mazda adalah Amerika seri balap menggunakan variasi Amerika formula Formula Ford, Formula Ford 2000, yang dilanjutkan operasi untuk musim 2010. Hal ini disetujui oleh IndyCar , dan merupakan bagian dari The Mazda Road to Indy .

2012 Formula Ford Ecoboost

List of Formula Ford championships and events[sunting | sunting sumber]

Negara / Daerah Seri / Nama Kegiatan Tahun aktif Informasi tambahan
Bendera Asia Asian Formula Ford Championship
 Australia Australian Formula Ford Championship[3] 1993–present
New South Wales Formula Ford Championship[4] 1991–2011?[5] Regional state championships.
Queensland Formula Ford Championship
South Australian Formula Ford Championship
Victorian Formula Ford Championship[6]
Western Australia Formula Ford Championship
 Austria Austrian Formula Ford Championship 1971–1984
Bendera Benelux region Benelux Formula Ford Championship[7] 1981–present Linked with the Dutch championship.
 Belgia Belgian Formula Ford Championship 1980–1987
 Kanada Canadian Formula Ford Challenge[8] ?–2004
Ontario Formula Ford Championship[9] ?–2010
Ontario Toyo Tires F1600 Championship Series[10] 2011–present
Québec Formula Tour 1600[11] (Canada) 2006–present
Ontario/Quebec F1600 Super Series[12] 2014–present
Canadian Formula Ford 2000 Championship 1983–1991
Formula Ford International North Sea Series[13] 2013–present
 Denmark Danish Formula Ford Championship[14] 1970–present
Danish Formula Ford 2000 championship 1979–2003
 Finlandia Finnish Formula Ford Championship[15] 1987?–present
 Perancis French Formula Ford Championship 1984–2005
Bendera Europe European Formula Ford Championship 1969–1973, 1995–2001
EFDA Formula Ford 1600 Championship 1979–1987
EFDA Formula Ford 2000 Championship 1979–1987
Formula Ford EuroCup 2011–2012
 Jerman Barat
then  Jerman
German Formula Ford Championship 1973–2001
 Italia Italian Formula Ford Championship 1970–1977
 Belanda Dutch Formula Ford Championship[7] 1970–2012 Linked to the Benelux championship. To International North Sea Series.
 Selandia Baru New Zealand Formula Ford Championship[16] 1970–present
 Portugal Portuguese Formula Ford 1600 Championship 1970–1972, 1985–1994
Portuguese Formula Ford 1800 Championship 1993–1998
Portuguese Formula Ford 2000 Championship 2000–2002
Bendera FIA Northern European Zone[17] North European Formula Ford Championship[18] Single round format.
Bendera Scandinavia Scandinavian Formula Ford championship ?–present
 Afrika Selatan South African Formula Ford Championship[19] ?–present
 Spanyol Spanish Formula Ford Championship 1987–1991
Bendera Europe Swiss Formula Ford championship 1979–1987
Swiss Formula Ford 2000 championship 1986–1987
 Britania Raya British Formula Ford Championship[20] 1976–present
British Formula Ford 2000 Championship 1975–1987
Formula Ford Festival 1972–present
 Amerika Serikat U.S. F2000 National Championship 1990–2006
2010–present
F2000 Championship Series[21] 2006–present Run in the eastern United States, with one Canadian round.
Pacific Formula Ford 2000 Championship[22] 2004?–present Based in California, with one Nevada round.

Administrasi[sunting | sunting sumber]

Ford Motorsport mengelola beberapa kejuaraan Formula Ford nasional di seluruh dunia, dan terus mengontrol Peraturan Teknis untuk semua mobil global. Semakin tua mobil Kent bermesin sangat populer dengan klub pembalap, menyediakan tanah untuk beberapa organisasi untuk menjalankan serangkaian mereka sendiri. Banyak sekolah balap menawarkan pelatihan pengemudi di Formula mobil Ford. Namun, di banyak negara, Formula BMW dan Formula Renault Campus telah digantikan Formula Ford sebagai kelas entry level utama di pertengahan 2000-an; kematian Formula BMW di Eropa setelah hanya beberapa tahun beroperasi disebabkan sedikit dari kebangkitan mendukung untuk grid Ford. Di Inggris ada banyak klub-tingkat seri daerah yang ditujukan untuk penggila amatir, serta kejuaraan untuk Ford tua. Jadi populer adalah mesin Kent di seluruh dunia yang Ford Motorsport baru-baru restart produksi terbatas semakin sulit untuk blok mesin sumber: untuk produsen motor besar untuk me-restart output desain berusia 40 tahun hanya menunjukkan bagaimana mapan formula masih .

Terkait Formula[sunting | sunting sumber]

Bagian ini membutuhkan tambahan kutipan untuk verifikasi . Harap membantu memperbaiki artikel ini dengan menambahkan kutipan ke sumber terpercaya . Disertai rujukan bahan mungkin sulit dan dihapus. (Januari 2010) Reynard Formula Ford 2000 di Nurburgring pada tahun 1985

Formula Ford telah melahirkan beberapa kategori lain dari balap: Formula Ford 2000 berkembang pada 1970-an menggunakan Pinto mesin dan, meskipun digunakan pada dasarnya Formula Ford chassis, diizinkan penggunaan slicks dan sayap; itu dilihat sebagai langkah alami dari formula 1600cc dan batu loncatan untuk kategori seperti Formula Tiga . Formula Ford 2000 mesin dan transmisi yang menikah dengan olahraga balap chassis untuk menghasilkan Olahraga 2000 .

Ford Formula tua, dengan peredam kejut tempel, ras di Amerika Serikat sebagai Klub Formula Ford di SCCA dan seri klub balap lainnya.

Formula 100 adalah upaya gagal di akhir 1960-an untuk membuat kategori sport yang berkaitan dengan Formula Ford tetapi menggunakan mesin 1.300 cc Ford; mobil berat dan lambat. Usulan Formula Turbo Ford , upaya untuk memperbarui FF2000, dari pertengahan 1980-an itu terbatas pada satu Reynard yang berlari lap demonstrasi beberapa.

Formula Ford tetap populer di nya 1.600 cc bentuk-mobil banyak berlari , berlari dan hillclimbed. Formula Kontinental juga merupakan pilihan populer di Amerika Serikat dan Kanada. Kelas menyediakan tempat untuk Formula Ford 2000 serta Formula sebelumnya C (1100 cc mesin balap murni) dan Formula super Vee (VW mesin berbasis produksi) mobil. Formula mobil Kontinental mempekerjakan efek aerodinamis (depan dan sayap belakang).

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]