Ban Gu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Untuk deitas Tionghoa, lihat Pangu.
Ban Gu
Ban Gu, ahli kompilasi dari Kitab Han, sejarawan, dan penyair Tiongkok abad ke-1
Ban Gu, ahli kompilasi dari Kitab Han, sejarawan, dan penyair Tiongkok abad ke-1
Lahir AD 32
Anling, Kabupaten Fufeng, Dinasti Han
(sekarang Xianyang, Shaanxi)
Meninggal AD 92 (berusia 59–60)
Nama lain Mengjian
Pekerjaan Sejarawan
Dikenal karena Kitab Han
Kerabat Ban Biao (ayah)
Permaisuri Ban (saudari kakek)
Ban Chao (saudara)
Ban Zhao (saudari)
Ban Gu
Hanzi: 班固
nama alternatif
Hanzi tradisional: 孟堅
Hanzi sederhana: 孟坚
Makna literal: (courtesy name)

Ban Gu (Tionghoa: 班固; Wade–Giles: Pan Ku; 32–92 Masehi), nama kehormatan Mengjian (孟堅), adalah seorang sejarawan dan penyair Tionghoa abad ke-1 yang dikenal karena bagiannya dalam mengkompilasikan Kitab Han. Ia juga menulis sejumlah fu, sebuah bentuk sastra utama, sebagian prosa dan sebagian puisi, yang sebagian besar dikaitkan dengan zaman Han. Sejumlah fu buatan Ban diantologisasikan Xiao Tong dalam Wen Xuan.

Latar belakang keluarga[sunting | sunting sumber]

Keluarga Ban adalah salah satu keluarga paling unik dari dinasti Han Timur.[1] Mereka tinggal di negara Chu pada zaman Negara-Negara Berperang, namun pada abad ke-3 SM, seorang pria bernama Ban Yi berpindah ke arah utara Loufen (sekarang Yanmenguan, Provinsi Shanxi).[1] Pada awal Dinasti Han, leluhur Ban meraih ketenaran di frontier barat laut sebagai pengurus dari sekitar ribuan kerbau, sapi, dan kuda, yang mereka dagangkan di sebuah tempat usaha dan keluarga lainnya menyusul berpindah ke frontier tersebut.[2] Ban Biao kemudian memindahkan keluarganya ke Anling (sekarang dekat Xianyang, Shaanxi).[1]

Saudari kakek-nya Ban Gu, Permaisuri Ban merupakan seorang sarjana dan penyair, dan ayahnya, Ban Biao, adalah seorang sejarawan terkenal. Ia mengambil tanggung jawab ayahnya untuk menulis sejarah bekas Dinasti Han, sebuah buku yang dikenal pada zaman modern dengan nama Hanshu atau Kitab Han. Namun, karyanya dihadapkan dengan permasalahan politik, karena keterkaitannya dengan keluarga Janda Maharani Dou yang membuatnya ditahan dan meninggal (entah oleh hukuman mati atau oleh penyiksaan). Namun, beberapa isi dari bukunya pada bagian ke-13 sampai ke–20 (delapan bagian kronologi) dan ke-26 (biografi astronomi), diselesaikan oleh adik perempuannya, Ban Zhao, dan menjadi sebuah model untuk beberapa karya lainnya tentang dinasti-dinasti berikutnya.

Saudara kemar Ban Ban Chao adalah pemimpin militer dan penjelajah Asia Tengah terkenal.[3] Saudarinya, Ban Zhao, adalah salah satu sarjana perempuan paling terkenal dalam sejarah Tiongkok.[3]

Keluarga Ban[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Kutipan
  1. ^ a b c Knechtges (2010): 119.
  2. ^ Yü, 8.
  3. ^ a b Knechtges (2010): 121.
Karya yang dikutip
  • Bielenstein, Hans. “Pan Ku’s Accusations against Wang Mang.” In Chinese Ideas about Nature and Society: Studies in Honour of Derk Bodde. Ed. Charles Le Blanc and Susan Blader. Hong Kong: Hong Kong University Press, 1987, 265-70.
  • Clark, Anthony E. Ban Gu's History of Early China (Amherst: Cambria Press, 2008). [1]
  • Hsu, Mei-ling. "The Qin Maps: A Clue to Later Chinese Cartographic Development," Imago Mundi (Volume 45, 1993): 90-100.
  • Knechtges, David R. (2010). "Ban Gu 班固". Di Knechtges, David; Chang, Taiping. Ancient and Early Medieval Chinese Literature: A Reference Guide, Part One. Leiden: Brill. pp. 6–16. 
  • ——— (2010). "From the Eastern Han to the Western Jin". Di Owen, Stephen. The Cambridge History of Chinese Literature, Vol. 1: To 1375. Cambridge: Cambridge University Press. pp. 116–98. 
  • Van der Sprenkel, O. B. Pan Piao, Pan Ku, and the Han History. Centre for Oriental Studies Occasional Paper, no. 3. Canberra: Australian National University, 1964.
  • Yü, Ying-shih. (1967). Trade and Expansion in Han China: A Study in the Structure of Sino-Barbarian Economic Relations. Berkeley: University of California Press.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]