Lu Bode

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Lu Bode (Hanzi: ; Pinyin: Lù Bódé; Wade–Giles: Lu Po-te; (aktif 119 SM-?) adalah seorang pemimpin militer Tiongkok di zaman Dinasti Han Barat.

Lu berasal dari Pingzhou (平州) di wilayah komando militer Xihe (西河) di Tiongkok barat (sekarang Distrik Lishi dari kota setingkat prefektur Lüliang di provinsi Shanxi). Pada 119 SM, Kaisar Wu dari Han mengutus Lu bersama Huo Qubing dalamm sebuah ekspedisi militer ke utara untuk menyerang Xiongnu. Setelah ekspedisi tersebut berjalan sukses, Lu dianugerahi gelar Jenderal Fubo (伏波; secara harfiah "tunduk pada ombak"), sebuah gelar yang kemudian diberikan kepada para pemimpin militer terkenal lainnya seperti Ma Yuan.

Bersama dengan Jenderal Yang Pu, Lu Bode adalah salah satu dari para pemimpin lima pasukan yang maju menuju Panyu (sekarang merupakan sebuah distrik di Guangzhou) dekat perbatasan Giaochi untuk menaklukkan Nanyue dan memasukkannya ke dalam wilayah kekaisaran Han.[1][2] Kemudian Lu juga menyerang pulau Hainan di lepas pantai tenggara daratan Tiongkok. Setelah serangan itu berhasil, ia membagi wilayah tersebut menjadi prefektur kembar Zhuya (珠崖郡) dan Dan'er (儋耳郡) sekaligus menganeksasi pulau Hainan ke dalam kekaisaran Han. Terlepas dari keberhasilan militer ini, Lu kemudian diturunkan jabatannya karena pelanggaran yang tidak disebutkan dengan jelas. Tindakan militernya yang terakhir diketahui adalah ia berpartisipasi dalam kampanye Utara yang gagal (di bawah Jenderal Li Guangli) melawan Xiongnu pada tahun 97 SM.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Miksic, John Norman; Yian, Goh Geok (2016). Ancient Southeast Asia. Routledge (dipublikasikan tanggal October 27, 2016). hlm. 156. ISBN 978-0415735544. 
  2. ^ Womack, Brantly (2006). China and Vietnam: The Politics of Asymmetry. Cambridge University Press (dipublikasikan tanggal December 13, 2006). hlm. 100. ISBN 978-0521853200.