Linghu Defen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Linghu Defen (Hanzi: 令狐德棻; Pinyin: Línghú Défēn) (582–666), nama resminya Adipati Xian dari Pengyang (彭陽憲公), adalah seorang sejarawan dan politisi Tiongkok. Dia adalah pejabat dinasti Tiongkok Dinasti Sui dan Dinasti Tang. Selama era dinasti Tang, ia adalah pendukung utama untuk kompilasi sejarah Sui dan pendahulunya Zhou Utara, ia akhirnya ditugaskan untuk menyusun sejarah resmi Zhou Utara, yang kemudian disebut Kitab Zhou yang berhasil ia selesaikan pada 636.

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Linghu Defen lahir pada tahun 582, di masa pemerintahan Kaisar Wen dari Sui. Nenek moyangnya berasal dari klan bangsawan terkemuka Dunhuang, tetapi kemudian pindah ke kota Yi (宜州) yang sekarang disebut Tongchuan, di provinsi Shaanxi.

Ayahnya Linghu Xi (令狐熙) bertugas sebagai pejabat pada masa pemerintahan Kaisar Wen, tetapi meninggal karena terlalu emosi setelah dipenjara karena tuduhan korupsi yang salah alamat. Pada akhir masa pemerintahan Kaisar Yang, Linghu Defen diangkat menjadi hakim Wilayah Yaocheng (藥城), di dekat Bozhou, Anhui di masa sekarang. Namun pada saat itu wilayah Sui sedang dilanda pemberontakan agraria, sehingga Linghu belum sempat menjabat, yang akhirnya malah tidak pernah menjabat sebagai hakim wilayah.

Pada tahun 617, setelah jenderal Li Yuan Adipati Tang bangkit memberontak melawan pemerintahan Kaisar Yang, sepupu Li Yuan, Li Shentong (李神通) juga bangkit dan menjadikan Linghu sebagai anggota stafnya. Pada akhir 617, setelah Li Yuan merebut ibu kota Chang'an dan menyatakan bahwa cucu kaisar yang bernama Yang You diangkat menjadi Kaisar Gong dari Sui, Li kemudian mengundang Linghu untuk diangkat sebagai sekretaris di jajaran stafnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]