Protektorat Kawasan Barat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Cekungan Tarim modern dan kawasan sekitar.
Kekaisaran Tiongkok Dinasti Han pada sekitar tahun 87 SM, menampilkan Kawasan Barat, kiri atas, ibu kota Chang'an (kanan atas) dan letak seluruh pengkomandanan.

Protektorat Kawasan Barat (Hanzi sederhana: 西域都护府; Hanzi tradisional: 西域都護府; Pinyin: Xīyù Dūhù Fǔ; Wade–Giles: Hsi1-yü4 Tu1-hu4 Fu3) adalah sebuah administrasi kekaisaran yang dipegang oleh Tiongkok Han – antara abad ke-2 SM dan abad ke-8 M – pada beberapa negara yang lebih kecil dan sebelumnya independen, yang dikenal di Tiongkok sebagai "Kawasan Barat" Hanzi: 西域; Pinyin: Xīyù; Wade–Giles: Hsi1-yü4).[1]

"Kawasan Barat" kebanyakan merujuk kepada kawasan barat Perlintasan Yumen, khususnya Cekungan Tarim. Kawasan tersebut kemudian disebut sebagai Altishahr (selatan Xinjiang, kecuali Dzungaria).[2] Sebelumnya, "kawasan barat" umumnya lebih banyak digunakan untuk menyebut Asia Tengah dan terkadang bahkan meliputi sebagian Asia Selatan.

Protektorat tersebut mula-mula diperintah langsung oleh pemerintah Tiongkok dari kawasan tersebut.[2][3] Wilayah tersebut terdiri dari berbagai protektorat vassal, dibawah otoritas nominal Kepala Pelindung Kawasan Barat, yang diangkat oleh pemerintah Han.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Kutipan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tikhvinskiĭ, Sergeĭ Leonidovich and Leonard Sergeevich Perelomov (1981). China and her neighbours, from ancient times to the Middle Ages: a collection of essays. Progress Publishers. hlm. 124. 
  2. ^ a b ""Xiyu Duhu"". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-09-29. Diakses tanggal 2017-04-20. 
  3. ^ Yu 2003, 57-59

Sumber[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]