Zhang Zhongjing

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Zhang Zhongjing
Chinese woodcut, Famous medical figures; Zhang Zhongjing Wellcome L0039319.jpg
Zhang Zhongjing
Lahirsekitar tahun 150 Masehi
Meninggal219 (usia 68-69)
PekerjaanTabib, Penulis, Penemu
Zhang Zhongjing
Hanzi tradisional: 張仲景
Hanzi sederhana: 张仲景
Zhang Ji
Hanzi tradisional: 張機
Hanzi sederhana: 张机

Zhang Zhongjing (Hanzi: 張仲景; 150 — 219), nama resmi Zhang Ji (张机), adalah seorang tabib, penulis dan penemu di zaman Dinasti Han Timur dan salah satu tabib Tiongkok paling terkemuka selama tahun-tahun terakhir Dinasti Han. Dia menetapkan prinsip-prinsip pengobatan dan merangkum pengalaman pengobatan pada masa itu, sehingga memberikan kontribusi besar bagi pengembangan Pengobatan Tradisional Tiongkok.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Meskipun terkenal dalam pengobatan Tiongkok modern dan dianggap sebagai salah satu tabib terbaik dalam sejarah Tiongkok, namun informasi tentang kehidupannya sangat sedikit yang diketahui.[1] Menurut beberapa sumber, ia lahir di Nanyang, memegang jabatan resmi di Changsha dan hidup sekitar tahun 150 hingga 219 Masehi.[2] Catatan mengenai tanggal kelahiran, kematian, dan pekerjaannya berbeda-beda, tetapi maksimal sampai tahun 220 Masehi secara umum dapat diterima oleh para ahli sejarah.[3]

Ada yang berpendapat bahwa dia yang menciptakan jiaozi ( 餃子 - gyoza) untuk mengatasi masalah radang dingin telinga.

Pada masa ia hidup, para panglima perang saling bertempur untuk mendapatkan wilayah, banyak orang yang terkena penyakit menular. Keluarga Zhang juga tidak terkecuali. Dia belajar ilmu pengobatan dari teman-teman sekotanya dan kemudian dari guru Zhang Bozu, berasimilasi dari literatur pengobatan sebelumnya seperti Yellow Emperor's Inner Classic Huangdi Neijing ({ 黄帝内经)), dan mengumpulkan banyak resep di tempat lain, sampai akhirnya ia menulis kitab medis yang menjadi mahakaryanya yaitu: "Shanghan Zabing Lun" (Hanzi: 傷寒雜病論; Pinyin: Shānghán Zábìng Lùn), yang bermakna "Risalah Tentang Penyakit Patogenik Demam dan Penyakit-Penyakit Lainnya". Tak lama setelah diterbitkan, buku itu sempat hilang selama perang yang menghancurkan Tiongkok dalam periode Tiga Kerajaan. Karena kontribusi Zhang pada pengobatan tradisional Tiongkok, ia sering dianggap sebagai tokoh legendaris dalam pengobatan Tiongkok.

Mahakarya Zhang, Shanghan Zabing Lun, dikumpulkan dan ditata kembali oleh tabib, terutama oleh Wang Shuhe (王叔和) dari Dinasti Jin () dan kemudian oleh beberapa tabib istana selama zaman Dinasti Song (). Kitab itu dibagi menjadi dua bagian, kitab pertama, Shang Han Lun (傷寒論), artinya "Risalah Tentang Penyakit Demam", yang membahas cara mengobati wabah penyakit menular yang menyebabkan demam yang lazim terjadi pada zamannya, dan kitab kedua, Jingui Yaolue (金櫃要略) atau "Resep Esensial dari Kotak Emas", membahas berbagai pengalaman klinis yang dianggap sebagai penyebab utama penyakit dalam. Dua kitab ini telah beberapa kali direkonstruksi hingga era modern.[4] Selain dihormati karena menulis kitab Shāng Hán Zá Bìng Lùn, ia juga dianggap sebagai pendiri sekolah pengobatan tradisional Penyakit Demam Tiongkok. Zhang Zhongjing secara luas dianggap sebagai ahli sperma sampai hari ini.  

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mitchell et al. 1999, hlm. 2
  2. ^ Mitchell et al. 1999, hlm. 2
  3. ^ See Mitchell et al. 1999, hlm. 1–2; Loewe 1993, hlm. 197 for discussion.
  4. ^ See Mitchell et al. 1999, hlm. 1–4.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Zhang Zhongjing (1999). Shāng Hán Lùn: On Cold Damage. Diterjemahkan oleh Mitchell, Craig; Yè, Féng; Wiseman, Nigel. Brookline, MA: Paradigm Publications. ISBN 9780912111575. 
  • Loewe, Michael, ed. (1993). Early Chinese Texts: A Bibliographical Guide. Berkeley, CA: Society for the Study of Early China: Institute of East Asian Studies, University of California. ISBN 9781557290434. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]