Rumpun bahasa Roman Iberia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Bahasa Ibero-Roman)


Rumpun bahasa
Bahasa Roman Iberia
PersebaranAwalnya di Semenanjung Iberia dan Prancis Selatan, sekarang di seluruh dunia
Penggolongan bahasa
Kode bahasa
Glottologsout3183  (Shifted Iberian)
unsh1234  (Aragonese–Mozarabic)
 Portal Bahasa
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Bahasa Roman Iberia, Bahada Ibero-Roman atau hanya Bahasa Iberia,[2] ialah pengelompokan wilayah bahasa Roman yang berkembang di Semenanjung Iberia, wilayah yang sebagian besar terdiri dari Spanyol, Portugal, Gibraltar, dan Andorra, dan di Prancis Selatan yang saat ini lebih umum dipisahkan menjadi kelompok bahasa Iberia Barat dan bahasa Ositano-Roman.

Bahasa ini berkembang dari bahasa Latin Umum di Iberia. Bahasa Roman Iberia yang paling banyak dituturkan ialah bahasa Spanyol, bahasa Portugis, Katala-Valencia-Balear, dan bahasa Galisia.[3] Bahasa ini juga memiliki daerah sendiri dan varietas setempat. Berdasarkan kesalingpahaman, Dalby menghitung tujuh bahasa "luar", atau kelompok bahasa: bahasa Galisia-Portugis, bahasa Spanyol, bahasa Astur-Leon, "lebih luas"-bahasa Aragon, "lebih luas"-bahasa Katala, Provençal+Lengadocia, dan "lebih luas"-bahasa Gascon.[4]

Selain bahasa-bahasa itu, ada sejumlah bahasa kreol berbasis bahasa Portugis dan bahasa kreol berbasis bahasa Spanyol, misalnya bahasa Papiamento.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Ibero-Romance". Diakses tanggal 4 October 2017. 
  2. ^ Pharies, David A. (2007). A Brief History of the Spanish Language. University of Chicago Press. hlm. 13. ISBN 978-0-226-66683-9. 
  3. ^ Ethnologue: Statistical Summaries
  4. ^ Dalby, David (2000). "5=Indo-European phylosector". The Linguasphere register of the world's languages and speech communities. 2. Oxford: Observatoire Linguistique, Linguasphere Press. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2020-02-07. Diakses tanggal 2020-06-05. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]