Dialek Limousin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Limousin
Dituturkan diPrancis
Penutur bahasa
10.000 (tidak tercantum tanggal)[1]
Kode bahasa
ISO 639-3
Glottologlimo1246[2]
Linguasfer51-AAA-gj
IETFoc-lemosin[3][4]
{{{mapalt}}}
Perkiraan persebaran dialek Limousin di wilayah berbahasa Oksitan

Limousin (bahasa Ositan: lemosin) adalah dialek bahasa Oksitan yang dituturkan di tiga departemen di kawasan Limousin, serta sebagian wilayah Charente dan Dordogne di Prancis barat daya.

Naskah-naskah pertama dalam bahasa Oksitan ditulis dalam dialek Limousin, terutama Boecis yang ditulis pada kisaran tahun 1000.

Kebanyakan penutur Limousin saat ini adalah orang yang berusia lebih dari 50 tahun di wilayah pedesaan. Para penuturnya bisa menuturkan bahasa Prancis sebagai bahasa ibu atau bahasa kedua. Akibat kebijakan satu bahasa di Prancis, dialek Limousin tidak diakui oleh pemerintah Prancis dan terancam punah. Walaupun begitu, gerakan untuk membangkitkan kembali bahasa ini dilancarkan oleh Félibrige dan Institut d'Estudis Occitans.

Contoh[sunting | sunting sumber]

Berikut adalah terjemahan Pasal 1 Pernyataan Umum tentang Hak-Hak Asasi Manusia dalam dialek Limousin dan Languedoc.

Indonesia Limousin Languedocien
Semua orang dilahirkan merdeka dan mempunyai martabat dan hak-hak yang sama. Mereka dikaruniai akal dan hati nurani dan hendaknya bergaul satu sama lain dalam semangat persaudaraan. Totas las personas naisson liuras e egalas en dignitat e en drech. Son dotadas de rason e de consciéncia e lor chau agir entre elas emb un esperit de frairesa. Totes los èssers umans naisson liures e egals en dignitat e en dreches. Son dotats de rason e de consciéncia e se devon comportar los unes amb los autres dins un esperit de fraternitat.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dialek Limousin at Ethnologue (15th ed., 2005)
  2. ^ Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2019). "Oksitan Limousin". Glottolog 4.1. Jena, Jerman: Max Planck Institute for the Science of Human History. 
  3. ^ "Occitan (post 1500)". 18 Agustus 2008. Diakses tanggal 11 Februari 2019. 
  4. ^ "Limousin"; subjudul: Occitan variant spoken in Limousin; diakses pada: 11 Februari 2019; tanggal terbit: 22 April 2018.