Prancis Selatan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Prancis Selatan, juga dikenal bahasa sehari-hari dalam bahasa Prancis sebagai le Midi, adalah wilayah geografis yang terdiri dari wilayah Prancis yang berbatasan dengan Samudra Atlantik di selatan Marais Poitevin, Spanyol , Laut Tengah, dan Italia. Ini termasuk: Aquitaine-baru di barat, Ositania di tengah, bagian selatan Auvergne-Rhône-Alpes di timur laut, Provence-Alpes-Côte d'Azur di tenggara, serta pulau Korsika di tenggara .

Istilah Midi berasal dari mi (tengah) dan di (hari) dalam bahasa Prancis Kuno, sebanding dengan istilah Mezzogiorno untuk menunjukkan Italia Selatan. Waktu tengah hari identik dengan arah selatan karena di Perancis, seperti di semua Belahan Utara utara garis balik utara, matahari ada di selatan pada siang hari. Sinonimnya ada di Bahasa Prancis Pertengahan juga. Kata meridien dapat merujuk ke tengah hari dan selatan. Midi dianggap dimulai pada Valence, maka pepatah "à Valence le Midi commence" (Di Valence le Midi dimulai).

Tempat Wisata[sunting | sunting sumber]

Tempat-tempat wisata terkenal termasuk Pont du Gard dan Arena Nîmes era Romawi, Ngarai Verdon di Alpes-de-Haute-Provence, Canal du Midi, yang menghubungkan Toulouse dan Laut Tengah, serta wilayah alami Larzac, Luberon dan Médoc. Côte d'Azur terletak di kuadran tenggara Prancis Selatan. Beberapa kota di Perancis Selatan terkenal dengan arsitektur dan lingkungannya, seperti Roussillon, Ménerbes, Cordes-sur-Ciel, Gordes, Rocamadour, Les Baux-de-Provence, Lourmarin, Gassin, Saint-Paul-de-Vence, L'Isle-sur-la-Sorgue, Seillans, Crillon-le-Brave, dan Saint-Rémy-de-Provence.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]