Aquitaine-Baru

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Map of the new region with its twelve départements, colored according to the historical provinces as they existed until 1790.
  Poitou
  Marche
  Aunis
  fr (Saumurois)
  Others

Aquitaine-Baru (per: Nouvelle-Aquitaine) adalah sebuah wilayah bagian barat daya Perancis, yang tercipta dari reformasi teritorial daerah Perancis pada tahun 2014 dengan penggabungan dari Aquitaine, Limousin dan Poitou-Charentes. Wilayah baru ada setelah Pemilu pada Desember 2015, 01 Januari 2016.[1] Bourgogne-Franche-Comté adalah nama sementara, yang diciptakan oleh hyphenating daerah tergabung dalam urutan; Dewan Wilayah (Perancis) harus menyetujui nama baru pada 01 Juli 2016, yang kemudian juga harus disetujui oleh Dewan Negara (Perancis) pada 1 Oktober 2016.[2]

Lebih besar dari Guyana Perancis, wilayah ini merupakan wilayah paling besar di Perancis, dengan luas yang sama dengan Austria. Kota paling besar, Bordeaux, bersama-sama dengan pinggiran kota dan kota-kota satelit yang membentuk 7 wilayah metropolis dari Perancis dengan 850,000 penduduk.

Wilayah ini memiliki 25 kota besar yang paling penting, selain dari BordeauxBayonne (288,000 penduduk), Limoges (283,000 penduduk), Poitiers (255,000 penduduk), Pau (241,000 penduduk) and La Rochelle (206,000 penduduk), serta 11 kelompok utama. Pertumbuhan penduduk, terutama yang di pantai membuat salah satu wilayah paling menarik di wilayah Perancis: wilayah baru melebihi Île-de-France and Provence-Alpes-Côte d'Azur dalam hal dinamika penduduk.

Terlepas dari Ile-de-France, Aquitaine-Limousin-Poitou-Charentes adalah wilayah dalam penelitian dan inovasi, dengan lima Universitas (Bordeaux, La Rochelle, Limoges, Poitiers and Pau) and beberapa lainnya Grandes Ecoles. Wilayah pertanian pertama di Europe dalam hal omzet, itu merupakan wilayah Perancis pertama dalam hal pekerjaan pariwisata, akuntasi termasuk kehadiran tiga dari empat resort bersejarah di pantai Atlantik Perancis (Arcachon, Biarritz and Royan), serta beberapa resort ski (Gourette), dan kelima wilayah Perancis dalam hal penciptaan bisnis (semua sektor).

Ekonomi yang ada berdasarkan pada agrikultur dan vitikultur (kebun anggur Bordeaux dan Cognac, dikenal secara internasional), dalam sektor pariwisata, dikuatkan oleh industri dirgantara, ekonomi digital dan desain, kimia dan industri farmasi, financial sector (Niort merupakan tempat keuangan Perancis keeempat, spesial keanyakan pada perusahaan Perancis) dan industri keramik (Limoges). Di daerah pesisir banyak perusahaan yang bergerak di bidang olahraga khususnya berselancar.

Referensi[sunting | sunting sumber]