Bahasa Galisia-Portugis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Bahasa Galisia-Portugis
Bahasa Portugis Kuno
Dituturkan diKerajaan Galisia, Daerah Portugal
WilayahBarat laut Iberia
EraTerbukti 870 M; pada 1400 telah terpecah menjadi Bahasa Galisia, Eonavian, Bahasa Fala, dan Bahasa Portugis.[1]
Kode bahasa
ISO 639-3
LINGUIST List
079
GlottologTidak ada
{{{mapalt}}}
Kawasan pertuturan bahasa Galisia-Portugis di Kerajaan León kira-kira abad ke-10, sebelum pemisahan bahasa Portugis dan Galisia.
Artikel ini mengandung simbol fonetik IPA. Tanpa bantuan render yang baik, Anda akan melihat tanda tanya, kotak, atau simbol lain, bukan karakter Unicode.

Bahasa Galisia-Portugis (bahasa Galisia: galego-portugués atau galaico-portugués, bahasa Portugis: galego-português atau galaico-português), juga dikenali sebagai Bahasa Portugis Kuno atau sebagai Bahasa Galisia Abad Pertengahan ketika merujuk pada sejarah setiap bahasa modern, yaitu Bahasa Roman Iberia Barat yang dituturkan pada Abad Pertengahan, di wilayah barat laut Semenanjung Iberia. Sebagai alternatif, itu dapat dianggap sebagai periode sejarah dari bahasa Galisia dan Bahasa Portugis.

Bahasa Galisia-Portugis pertama kali dituturkan di daerah yang dibatasi di sebelah utara dan barat oleh Samudra Atlantik dan oleh Sungai Douro di sebelah selatan, yang terdiri dari Galisia dan Utara Portugal, tetapi kemudian diperluas ke selatan Douro oleh Reconquista.[2]

Bahasa ini ialah bentuk awal umum dari varietas bahasa Portugis, Bahasa Galisia, Eonavian, dan varietas bahasa Fala modern, yang semuanya mempertahankan tingkat kesalingpahaman yang sangat tinggi. Istilah "Galisia-Portugis" juga menunjuk pada subdivisi dari kelompok bahasa Roman Iberia Barat modern.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bahasa Galisia-Portugis at MultiTree on the Linguist List
  2. ^ Maia, Clarinda de Azevedo (1997). História do galego-português: estado linguístico da Galiza e do noroeste de Portugal desde o século XIII ao século XVI (com referência à situação do galego moderno) [History of Galician-Portuguese: linguistic state of Galicia and Northwest Portugal from the 13th to the 16th centuries: (with reference to the situation of modern Galician)] (dalam bahasa Portuguese) (edisi ke-Reimpressã da edição do INIC (1986)). Lisboa: Fundação Calouste Gulbenkian. hlm. 883–891. ISBN 9789723107463. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]