Bahasa Latin Britania

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bahasa Latin Britania
WilayahBritania Romawi
KepunahanAbad Pertengahan Awal
Kode bahasa
ISO 639-3
LINGUIST List
lat-bri
GlottologTidak ada
QIDQ3832963
Status konservasi
Terancam

CRSingkatan dari Critically endangered (Terancam Kritis)
SESingkatan dari Severely endangered (Terancam berat)
DESingkatan dari Devinitely endangered (Terancam)
VUSingkatan dari Vulnerable (Rentan)
Aman

NESingkatan dari Not Endangered (Tidak terancam)
ICHEL Red Book: Extinct

Bahasa Latin Britania diklasifikasikan sebagai bahasa yang telah punah (EX) pada Atlas Bahasa-Bahasa di Dunia yang Terancam Kepunahan

Referensi: [1][2]
 Portal Bahasa
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Bahasa Latin Britania atau Bahasa Latin Vulgar Britania adalah Bahasa Latin Vulgar yang digunakan di Britania pada periode Romawi dan sub-Romawi. Britania pada saat itu bagian dari Kekaisaran Romawi, Latin menjadi bahasa utama para elit, terutama di selatan dan timur pulau yang lebih teromantiskan. Namun, di bagian utara dan barat yang kurang diromanisasi, bahasa ini tidak pernah secara substansial menggantikan bahasa Britonik dari penduduk asli Britania. Dalam beberapa tahun terakhir, para sarjana memperdebatkan sejauh mana bahasa Latin Britania dapat dibedakan dari bahasa-bahasa Latin di daratan utama, yang berkembang menjadi bahasa-bahasa Roman.[3]

Dengan berakhirnya pemerintahan Romawi, Latin digantikan sebagai bahasa lisan oleh Inggris Kuno di sebagian besar yang menjadi Inggris selama pemukiman Anglo-Saxon pada abad kelima dan keenam. Bahasa ini bertahan di daerah Keltik yang tersisa di Britania barat dan telah mati sekitar tahun 700, ketika digantikan oleh bahasa-bahasa Britonik lokal.[4][5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "UNESCO Interactive Atlas of the World's Languages in Danger" (dalam bahasa bahasa Inggris, Prancis, Spanyol, Rusia, and Tionghoa). UNESCO. 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 April 2022. Diakses tanggal 26 Juni 2011. 
  2. ^ "UNESCO Atlas of the World's Languages in Danger" (PDF) (dalam bahasa Inggris). UNESCO. 2010. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 31 Mei 2022. Diakses tanggal 31 Mei 2022. 
  3. ^ Koch, John T. (2006). Celtic culture: A historical encyclopedia. Santa Barbara, CA: ABC-CLIO. hlm. 291–292. ISBN 978-1-85109-440-0. 
  4. ^ The Oxford Companion to Classical Civilization (1998) edited by Simon Hornblower and Antony Spawforth, Oxford University Press pp.129–131.
  5. ^ Palmer, Alan & Veronica (1992). The Chronology of British History. London: Century Ltd. hlm. 20–22. ISBN 0-7126-5616-2.