Bahasa Latin Britania

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bahasa Latin Britania
WilayahBritania Romawi
PunahAbad Pertengahan Awal
Indo-Eropa
Kode bahasa
ISO 639-3
LINGUIST List
lat-bri
GlottologTidak ada

Bahasa Latin Britania atau Bahasa Latin Vulgar Britania adalah Bahasa Latin Vulgar yang digunakan di Britania pada periode Romawi dan sub-Romawi. Britania pada saat itu bagian dari Kekaisaran Romawi, Latin menjadi bahasa utama para elit, terutama di selatan dan timur pulau yang lebih teromantiskan. Namun, di bagian utara dan barat yang kurang diromanisasi, bahasa ini tidak pernah secara substansial menggantikan bahasa Britonik dari penduduk asli Britania. Dalam beberapa tahun terakhir, para sarjana memperdebatkan sejauh mana bahasa Latin Britania dapat dibedakan dari bahasa-bahasa Latin di daratan utama, yang berkembang menjadi bahasa-bahasa Roman.[1]

Dengan berakhirnya pemerintahan Romawi, Latin digantikan sebagai bahasa lisan oleh Inggris Kuno di sebagian besar yang menjadi Inggris selama pemukiman Anglo-Saxon pada abad kelima dan keenam. Bahasa ini bertahan di daerah Keltik yang tersisa di Britania barat dan telah mati sekitar tahun 700, ketika digantikan oleh bahasa-bahasa Britonik lokal.[2][3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Koch, John T. (2006). Celtic culture: A historical encyclopedia. Santa Barbara, CA: ABC-CLIO. hlm. 291–292. ISBN 978-1-85109-440-0. 
  2. ^ The Oxford Companion to Classical Civilization (1998) edited by Simon Hornblower and Antony Spawforth, Oxford University Press pp.129–131.
  3. ^ Palmer, Alan & Veronica (1992). The Chronology of British History. London: Century Ltd. hlm. 20–22. ISBN 0-7126-5616-2.