Universitas Tidar Magelang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Logo Tut Wuri Handayani.svg
Universitas Tidar (Untidar)
Didirikan

22 Januari 1981 Sebagai (UTM)

1 April 2014 *(Universitas Negeri Tidar) Untidar
Jenis Perguruan Tinggi Negeri
Rektor Prof. Dr. Cahyo Yusuf, M.Pd
Lokasi Jl. Kapten Suparman No. 39 Magelang 56116, Indonesia
Situs web http://www.untidar.ac.id
Logo2 trans.png

Universitas Tidar (bahasa Inggris: Tidar University), diakronimkan Untidar adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang terdapat di Magelang, Jawa Tengah, Indonesia

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pembentukan[sunting | sunting sumber]

Pada saat pendiriannya, UNTIDAR terdiri dari lima fakultas yang membawahi tujuh jurusan yaitu Fakultas Ekonomi dengan Jurusan Ekonomi Umum; Fakultas Sastra dan Kebudayaan dengan Jurusan Sastra Inggris; Fakultas Teknik dengan Jurusan Teknik Elektro, Teknik Mesin, dan Teknik Sipil; Fakultas Pertanian, Jurusan Pendidikan Ahli Farming; serta Fakultas Sospol dengan Jurusan Administrasi Negara. Satu tahun kemudian, Fakultas Sastra dan Kebudayaan berubah menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan berkembang menjadi dua jurusan, yaitu Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris serta Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Pada tanggal 22 Januari 1981, UNTIDAR memperoleh status terdaftar untuk tingkat Sarjana Muda untuk semua jurusan dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Status terdaftar ini diperbarui dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 03950/1984 tanggal 24 Agustus 1984 tentang penyesuaian jalur jenjang dan program pendidikan dengan rincian sebagai berikut jenjang program pendidikan S1 terdiri dari Fakultas Ekonomi, Jurusan Ekonomi Studi Pembangunan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni yang terdiri dari Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia dan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Teknik terdiri dari Jurusan Teknik Mesin, Teknik Elektro dan Teknik Sipil, FakultasPertanian, Jurusan Budi Daya Pertanian, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Jurusan Administrasi,

Program Studi Ilmu Administrasi Negara.

Sedangkan untuk jenjang program pendidikan DIII Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 03890/1986 tanggal 22 Mei 1986, ditetapkan status terdaftar pada tingkat sarjana. Dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 02880/1989 tanggal 15 Maret 1989, Fakultas Ekonomi ditetapkan berstatus diakui.

Perkembangan[sunting | sunting sumber]

Munculnya trend penyelenggaraan pendidikan singkat untuk tenaga siap kerja mendorong UNTIDAR membuka program diploma tiga untuk Akuntansi pada Fakultas Ekonomi dan Teknik Mesin Otomotif pada Fakultas Teknik pada tahun 1999. Pada akhir tahun 2004, program diploma tiga teknik sipil ditutup karena kurangnya peminat.

Sejak tahun 1998 seluruh program studi yang diselenggarakan UNTIDAR telah mendapatkan status terakreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Akreditasi ini merupakan bentuk penjaminan pihak independen atas pemenuhan standar mutu pendidikan tinggi yang dilaksanakan institusi untuk melindungi masyarakat pengguna jasa. Seluruh program studi juga mendakan izin operasional, artinya seluruh program studi mendapatkan legalitas penyelenggaraan pendidikan dari pemerintah (Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia).

Universitas Tidar Magelang (UNTIDAR) dipimpin oleh seorang rektor dan dibantu oleh tiga orang wakil rektor, yaitu Wakil Rektor I Bidang Akademik, Wakil Rektor II Bidang Administrasi, dan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan. Rektor bertanggung jawab atas pengembangan UNTIDAR (secara akademis) dan kelancaran kegiatan belajar mengajar baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Secara struktural rektor bertanggung jawab kepada Yayasan Perguruan Tinggi Borobudur Tidar. Yayasan Perguruan Tinggi Borobudur Tidar ialah sebuah yayasan yang memiliki dan mengelola UNTIDAR.

Universitas Tidar Magelang (UNTIDAR) memiliki beberapa fasilitas dan Unit kegiatan mahasiswa (UKM). Yaitu Ruang kuliah: 32 ruangan, Perpustakaan: luas ruangan 576 m2, koleksi 8.214 judul, 23.628 eksemplar, Laboratorium: Fisika Dasar, CNC, Cad Cam, Teknologi Mekanik, Hidrolika, Mekanika Fluida, Mekanika Tanah, Bahan Bangunan, Ilmu Ukur Tanah, Elektronika, Pengukuran, Instalasi, Mesin Listrik, Kimia Dasar, Kebun Percobaan, Hama dan Penyakit, Tanah, Tanaman, Bahasa, Akuntansi Komputer, Pusat Pelayanan dan Pengembangan Komputer, Lembaga penelitian: Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (Pusat Penenlitian dan Pusat Pengabdian pada Masyarakat), Kegiatan mahasiswa: Menwa, Mapala, UKAI, UKMK, BEM, Paduan Suara, Bengkel Seni, Fasilitas lain: lapangan olahraga (voli, sepakbola, Merpati Putih, badminton), Klinik Kesehatan Koperasi Mahasiswa, Masjid, Bank, Kantin Kampus.

Saat ini Universitas Tidar Magelang telah diubah oleh Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah VI Jawa Tengah TELAH diubah statusnya menjadi perguruan tinggi negeri (PTN).[1]

(Setelah Menjadi Perguruan Tinggi Negeri)*[sunting | sunting sumber]

Pengelola Universitas Tidar Magelang, Jawa Tengah, merencanakan pengembangan lokasi kampus ke beberapa kabupaten di sekitarnya untuk meningkatkan layanan pendidikan, terutama bagi masyarakat setempat. Salah satunya adalah kampus untuk fakultas hukum.

Rektor Untidar Magelang Profesor Cahyo Yusuf di Magelang, mengatakan berbagai perencanaan sudah disusun dan disampaikan kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta berbagai pihak terkait dengan pengembangan kampus perguruan tinggi yang sejak 1 April 2014 berubah status dari swasta menjadi negeri itu.

"Perencanaan besar ini pelaksanaannya bisa bareng, tetapi bisa juga secara bertahap karena setiap program terkait dengan dana dan waktu," katanya saat wisuda sarjana dan ahli madia periode Oktober 2014 Untidar di Kampus Tuguran, Kota Magelang.

Ia menyebut sejumlah tempat baik di Kota Magelang, Kabupaten Magelang, Wonosobo, maupun Temanggung yang akan menjadi lokasi pengembangan kampus Untidar, setidaknya hingga 2017.

Beberapa lokasi itu, antara lain Kelurahan Potrobangsan, yakni di kampus Tuguran yang pada 2015 akan dikembangkan khusus untuk Fakultas Ekonomi dan Fakultas Teknik. Hingga saat ini, kampus Tuguran menjadi satu-satunya kampus Untidar untuk perkuliahan berbagai fakultas dan kompleks rektorat.

Belum lama ini, Pemerintah Kota Magelang telah menghibahkan areal sekitar lima hektare di kawasan Sidotopo, Kelurahan Kedungsari, Kecamatan Magelang Utara, kepada Untidar. Rencananya kawasan itu, untuk gedung rektorat, auditorium, pusat administrasi, serta Fakultas Kedokteran Umum.

Ia mengatakan lokasi seluas enam hektare di Desa Giriwetan, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, pada 2016 dibangun kampus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Lokasi seluas 3,5 hektare di Kelurahan Sumberrejo, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, pada 2016 untuk kampus Fakultas Kedokteran Gigi dan Fakultas Kesehatan Masyarakat. "'Master plan' sudah jadi, tetapi masih perlu direvisi," katanya.

Ia mengatakan lokasi di Desa Sidorejo, Kecamatan Selomerto, Kabupaten Wonosobo rencananya pada 2017 untuk kampus Fakultas Peternakan dan Fakultas Hasil Teknologi Pertanian.

"Nanti, jika Kabupaten Temanggung menyusul, ada tanah lima hektare untuk Fakultas Hukum," katanya.

Ia mengemukakan pengembangan kampus Untidar juga menjadi peluang masyarakat, termasuk para lulusan perguruan tinggi tersebut, mengembangan wirausaha sehingga mereka tidak tergantung kepada sektor formal, seperti menjadi pegawai negeri sipil.

Pihaknya juga menyiapkan berbagai langkah untuk peningkatan kualitas perkuliahan dan merencanakan selama 2015-2019, membuka Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Ilmu Hukum, Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Kesehatan Masyarakat, dan Fakultas Peternakan.

Hingga saat ini, Untidar memiliki Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Teknik, serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. "Dengan prinsip berpikir komprehensif dan holistik, Untidar sedang menyusun studi kelayakan dan proposal fakultas baru,"

Visi Universitas Tidar Magelang[sunting | sunting sumber]

Universitas Tidar Magelang unggul dalam Tridharma Perguruan Tinggi yang berbasis kewirausahaan. 


Misi Universitas Tidar Magelang[sunting | sunting sumber]

  1. Melaksanakan pendidikan/pengajaran yang berbasis kewirausahaan,
  2. Melaksanakan pengkajian dan penelitian yang berbasis kewirausahaan,
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang berbasis kewirausahaan,
  4. Melaksanakan tata kelola Perguruan tinggi yang efektif dan efisien.


Tujuan Universitas Tidar Magelang[sunting | sunting sumber]

  1. Mewujudkan budaya ilmiah bagi sivitas akademika, sehingga mampu mentransformasi, berinovasi dan berkreasi dalam ipteks,
  2. Mendapatkan respons positif dari masyarakat atas dasar keunggulan dalam pelayanan,
  3. Menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berwawasan kewirausahaan serta peka terhadap perkembangan ipteks.

Fakultas[sunting | sunting sumber]

Universitas Tidar Magelang memiliki 5 (Fakultas) Fakultas yaitu[2]:

Masing–masing fakultas dipimpin oleh seorang Dekan dan satu orang wakil dekan. Program studi dipimpin oleh seorang ketua program studi, sekretaris program studi dan Kepala Laboratorium.

RENCANA PENAMBAHAN FAKULTAS UNIVERSITAS TIDAR :[sunting | sunting sumber]

*Perkuliahan dan Perencanakan selama 2015-2019, membuka :

  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Kedokteran Gigi
  • Fakultas Ilmu Hukum
  • Fakultas Teknologi Pertanian
  • Fakultas Kesehatan Masyarakat
  • Fakultas Peternakan

Jaket dan jas almamater[sunting | sunting sumber]

Jaket almamater UNTIDAR memiliki warna dasar kuning dengan gambar lambang Universitas TIDAR yang terpasang di dada sebelah kiri yang warnanya sesuai dengan warna panji fakultas masing-masing.

Jas UNTIDAR bewarna dasar kuning almamater dengan bergambar lambang UNTIDAR dan ditempel di dada sebelah kiri. Jas UNTIDAR digunakan pada acara protokoler universitas.

Identitas Lembaga[sunting | sunting sumber]

Universitas

  • Lembaga Pendidikan ini bernama Universitas Tidar Magelang,
  • Universitas berkedudukan di Magelang, didirikan oleh Yayasan dan diresmikan pada 2 Mei 1979,
  • Universitas Tidar Magelang menggunakan singkatan UNTIDAR
  • Universitas terdiri dari lima

fakultas, yakni: Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknik.

  • Universitas senantiasa menambah jumlah fakultas dan program studi.

Perundang-Undangan dan Peraturan[sunting | sunting sumber]

  • Universitas menyelenggarakan pendidikan tinggi berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
  • Universitas menyelenggarakan

pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan pada

kebijaksanaan pemerintah clan peraturan yang berlaku.
  • Universitas dalam kebijaksanaan dasar

pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi menitikberatkan pada penggunaan

Pola Ilmiah Pokok sebagai dasar orientasi pengembangannya.

Lambang dan Lagu Universitas merniliki lambang yang digambarkan dalam bentuk segi lima Universitas memiliki himne dan mars universitas


Vandel Universitas Vandel Universitas berwarna kuning dengan lambang universitas di tengahnya.

Vandal Fakultas Vandel fakultas di lingkungan universitas yang ada saat ini adalah:

  • Fakultas Ekonomi berwarna kuning,
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik berwarna merah,
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan berwama biru,
  • Fakultas Pertanian berwarna hijau, .
  • Fakultas Teknik berwarna coklat,

dengan lambang universitas di tengahnya, dan di bawahnya tertulis nama fakultas.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Dua PTS di Jateng Diusulkan Menjadi PTN". Surat Kabar Harian Kompas Gramedia. Diakses March 2, 2012. 
  2. ^ "Profil Universitas Tidar Magelang". Portal Informasi Pendidikan. Diakses March 2, 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]