Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang (PIP Semarang) adalah pendidikan tinggi negeri bidang pelayaran dan kepelabuhan yang berada di Semarang. PIP adalah milik Departemen Perhubungan RI mengemban tugas mendidik dan melatih pemuda-pemudi lulusan SLTA menjadi Perwira Pelayaran Besar dan Tenaga Ahli Kepelabuhaan guna memenuhi kebutuhan armada angkutan laut pada sub sektor perhubungan laut.

Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang yang sebelumnya bernama BPLP mulai tahun akademik 1995/1996 membuka program diklat kepelautan dan kepelabuhan Diploma IV merupakan jenjang pendidikan profesional. Lulusan program Diploma IV berhak diberikan sebutan profesional Sarjana Sains Terapan disingkat S.S.T.Pel

Dengan adanya peningkatan/kemajuan yang meliputi aspek program pendidikan, tenaga pengajar, lulusan, tenaga penunjang, sarana dan prasarana, maka sejak tahun 1951 terjadi perubahan pelembagaan hingga menjadi Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang pada tahun 1999 dan telah masuk White List di Internasional Maritime Organization tahun 2000, sebagai berikut :

  • Tahun 1951 - 1955 bernama Sekolah Pelayaran Semarang disingkat SPS.
  • Tahun 1955 - 1975 bernama Sekolah Pelayaran Menengah Semarang disingkat SPM Semarang
  • Tahun 1974 - 1981 bernama Pendidikan Pariwira Pelayaran Besar disingkat P3B Semarang
  • Tahun 1979 - 1995 bernama Balai Pendidikan dan Latihan Pelayaran (BPLP) Semarang dengan program Strata A (Diploma III) dengan lama pendidikan 3 tahun
  • Tahun 1995 masih bernama BPLP Semarang, tetapi programnya ditingkatkan menjadi Diploma IV (setara Sarjana/S1) dengan Politeknik Ilmu Pelayaran pendidikan 4 tahun.
  • Tahun 1999 berdiri Politeknik Ilmu Pelayaran berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan No. KM. 81 Tahun 1999 Tgl. 13 Oktober 1999 tentang Organisasi dan Tata Kerja PIP.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]