Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Surakarta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Surakarta
Didirikan 2001
Jenis Perguruan Tinggi Kedinasan, di bawah Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Lokasi JL. Letjend Sutoyo, Mojosongo, Surakarta 57127
Situs web http://www.poltekkes-solo.ac.id/
Logo poltekkes.solo.jpg

Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Surakarta atau Poltekkes Kemenkes Solo adalah perguruan tinggi kedinasan yang berada di Surakartaa dengan penyelenggaraan pendidikan tenaga kesehatan berstrata Diploma III dan Diploma IV, dibawah naungan Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan, Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Politeknik Kesehatan adalah Unit pelaksana teknis di lingkungan Departemen Kesehatan yang dipimpin oleh Direktur yang berada dibawah Kepala Badan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (PSDM) dan sehari-hari bertanggung jawab ke Pusdiknakes. Pembinaan dilakukan oleh Kepala Pusdiknakes. Politeknik Kesehatan mempunyai tugas melaksanakan pendidikan profesional dalam program diploma I, diploma II, diploma III dan/atau diploma IV sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Institusi pendidikan jenjang Diploma III ini merupakan unit pelaksana teknik Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan. Politeknik Kesehatan Surakarta berdiri pada tahun 2002, dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial RI nomer 298/Menkes-Kesos/SK/IV/2001 tanggal 16 April 2001 dengan dasar pertimbangan memperluas kesempatan memperoleh pendidikan dan menyiapkan tenaga profesional dibidang kesehatan secara efisien dan efektif. Politeknik Kesehatan Surakarta merupakan penggabungan dari beberapa Akademi dan Sekolah Perawat Kesehatan diwilayah Ex Karesidenan Surakarta, yang meliputi : Akademi Fisioterapi yang berlokasi di Colomadu, Karanganyar, Akademi Okupasi Terapi yang berlokasi di Colomadu, Karanganyar, Sekolah Perawat Kesehatan/AKPER di Surakarta, Sekolah Perawat Kesehatan/AKBID di Klaten. Sekarang menjadi Jurusan dari Politeknik Kesehatan Surakarta (Jurusan Fisioterapi, Jurusan Okupasi Terapi, Jurusan Keperawatan, Jurusan Kebidanan).

Tujuan[sunting | sunting sumber]

  1. Menghasilkan lulusan tenaga kesehatan yang kompeten, professional, bermutu, dengan mineset global dan kompetetif melalui penyelenggaraan pendidikan berbasis kompetensi yang bertaraf internasional.
  2. Meningkatkan kegiatan penelitian sebagai landasan penyelenggaraan pendidikan dan mengembangkan IPTEK bidang kesehatan.
  3. Mengembangkan networking penelitian ilmu terapan bidang kesehatan baik dalam skala regional, nasional maupun internasional.
  4. Mengembangkan tata kelola yang berstandar ISO dalam manajemen penyelenggaraan pendidikan tinggi bidang kesehatan.
  5. Menyelenggarakan pengelolaan program pendidikan tinggi kesehatan yang transparan, akuntabel dan mandiri dengan pengembangan badan layanan umum.
  6. Mengembangkan peningkatan status kelembagaan institusi maupun pengembangan program studi pendidikan tinggi bidang kesehatan.
  7. Menyelenggarakan upaya pengabdian masyarakat melalui penerapan IPTEK pendidikan kesehatan yang dapat menunjang kesejahteraan masyarakat.
  8. Menyelenggarakan upaya pengabdian masyarakat melalui bidang usaha pelayanan kesehatan dalam rangka menunjang kesejahteraan masyarakat.
  9. Mengembangkan upaya penyelenggaraan pendidikan kesehatan berbasis kinerja yang menunjang peningkatan mutu pendidikan dan kesejahteraan masyarakat.
  10. Mengembangkan upaya deversifikasi usaha dan kewirausahaan dalam menunjang peningkatan mutu pendidikan dan kesejahteraan masyarakat.

Program Studi[sunting | sunting sumber]

Berikut adalah program studi yang ditawarkan pada Politeknik Kesehatan Surakarta.

Diploma III[sunting | sunting sumber]

  1. Kebidanan
  2. Keperawatan
  3. Akupuntur
  4. Fisioterapi
  5. Ortotik Prostetik
  6. Okupasi Terapi
  7. Terapi Wicara
  8. Jamu

Diploma IV[sunting | sunting sumber]

  1. Kebidanan
  2. Keperawatan
  3. Fisioterapi
  4. Akupuntur