Rahardi Ramelan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Rahardi Ramelan
Rahardi Ramelan di sampul bukunya, Teknologi dan Masyarakat
Menteri Perindustrian dan Perdagangan Republik Indonesia ke-26
Masa jabatan
23 Mei 1998 – 21 Mei 1998
Presiden Baharuddin Jusuf Habibie
Didahului oleh Muhammad Bob Hasan
Digantikan oleh Muhammad Jusuf Kalla
Menteri Negara Riset dan Teknologi Republik Indonesia ke-2
Masa jabatan
16 Maret 1998 – 21 Mei 1998
Presiden Soeharto
Didahului oleh Baharuddin Jusuf Habibie
Digantikan oleh Muhammad Zuhal
Informasi pribadi
Lahir 12 September 1939 (umur 75)
Bendera Hindia Belanda Sukabumi, Jawa Barat, Hindia Belanda
Kebangsaan Indonesia
Profesi Politikus
Agama Islam

Rahardi Ramelan (lahir di Sukabumi, Jawa Barat, 12 September 1939; umur 75 tahun) adalah Menteri Perindustrian dan Perdagangan Indonesia pada Kabinet Reformasi Pembangunan.

Ia mendapat gelar Profesor dari ITS Surabaya, November 1997. Sebelumnya, Rahardi Ramelan juga mendapatkan gelar Doktor HC (Honoris Causa) dari Monash University, Australia. Sarjana dari Czech Tehnical Instute, Praha, Cekoslowakia (waktu itu) tahun 1964 ini menikah dengan dr Tumbu Tri Iswari Astianni dan dianugerahi dua orang anak, Bastian Kuntoadi dan Dian Kunti Sintorini.

Di Industri Penerbangan MBB Jerman, Rahardi pernah bekerja sebagai struktur analis. Pekerjaan ini ditinggalkannya karena ia harus mengabdi pada tempat kelahirannya. Berbagai jabatan penting di TNI AU, Pertamina, BPPT dan akhirnya di Bappenas serta PT IPTN dan PT Pindad adalah tempat di mana ia menyumbangkan pemikiran-pemikirannya[1].

Di tengah-tengah kesibukannya itu, Rahardi pun masih menyempatkan diri mengajar di Program Pasca Sarjana Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Selain itu, ia juga dikukuhkan sebagai Ahli Peneliti Utama (APU), suatu jenjang fungsional tertinggi bagi seorang peneliti.

Rahardi juga pernah menjabat sebagai Direktur Keuangan PT DSTP (Dua Satu Tiga Puluh) dan Komisaris Utama PT Telkomsel. Jabatan lainnya yang pernah dipegang Rahardi adalah Ketua Umum Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI), Anggota MPR-RI 1997-2002, dan Sekretaris Dewan Pembina Persatuan Insinyur Indonesia (PII).

Pada Desember 2002, ia tersandung kasus perkara korupsi dana nonbujeter Bulog sebesar Rp 400 miliar dan Rp 4,6 miliar di Badan Urusan Logistik (Bulog) dan dijatuhi hukuman 2 tahun penjara.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Bob Hasan
Menteri Perindustrian dan Perdagangan
1998 - 1998
Diteruskan oleh:
Jusuf Kalla
Didahului oleh:
Beddu Amang
Kepala Bulog
1998 - 1999
Diteruskan oleh:
Jusuf Kalla