Naruto

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Naruto (manga))
Langsung ke: navigasi, cari
Naruto
NarutoCoverTankobon1.jpg
Sampul jilid pertama manga Naruto
ナルト
Genre Aksi, Petualangan, Fantasi
Manga
Naruto (bab percontohan)
Pengarang  Masashi Kishimoto
Penerbit  Shueisha
Penerbit bahasa Inggris
Demografi Shōnen
Majalah Akamaru Jump
Majalah bahasa Inggris
Shonen Jump
Tanggal Terbit Agustus 1997
Manga
Pengarang  Masashi Kishimoto
Penerbit  Shueisha
Penerbit bahasa Inggris
Madman Entertainment
Viz Media
Viz Media
Penerbit lainnya Bendera Indonesia Elex Media Komputindo
Demografi Shōnen
Majalah Shōnen Jump Mingguan
Majalah bahasa Inggris
Shonen Jump (dahulu)
Weekly Shonen Jump (sekarang)
Tanggal Terbit 21 September 199910 November 2014
Volume 70 (Daftar volume)
Seri anime TV
Sutradara  Hayato Date
Penulis  Katsuyuki Sumisawa
Junki Takegami
Penggubah  Musashi Project
Toshio Masuda
Studio Studio Pierrot
Pelisensi 
Madman Entertainment
Viz Media
Manga Entertainment
Pelisensi  lainnya
Madman Entertainment
Viz Media
Manga Entertainment
Jaringan TV Tokyo
Jaringan bahasa Inggris
YTV, Télétoon, Neon Alley
Cartoon Network, Adult Swim (Toonami), Neon Alley
Jaringan lainnya Bendera Indonesia GlobalTV
Tayang perdana 3 Oktober 20028 Februari 2007
Episode 220
Novel
Naruto: Innocent Heart, Demonic Blood
Pengarang  Masatoshi Kusakabe
Penerbit  Shueisha
Penerbit bahasa Inggris
Viz Media
Tanggal terbit 2002
Original video animation
Naruto: Find the Four-Leaf Red Clover!
Studio Studio Pierrot
Pelisensi 
Madman Entertainment
Pelisensi  lainnya
Madman Entertainment
Rilis 2003
Durasi 17 menit
Original video animation
Naruto: Mission: Protect the Waterfall Village!
Studio Studio Pierrot
Pelisensi 
Viz Media
Pelisensi  lainnya
Viz Media
Rilis 2004
Durasi 40 menit
Original video animation
Naruto: Hidden Leaf Village Grand Sports Festival
Sutradara  Hayato Date
Studio Studio Pierrot
Pelisensi 
Pelisensi  lainnya
Rilis 21 Agustus 2004
Durasi 11 menit
Original video animation
Naruto: Finally a clash! Jōnin vs. Genin!! Indiscriminate Grand Melee Tournament Meeting!!
Studio Studio Pierrot
Rilis 22 Desember 2005
Durasi 26 menit
Original video animation
Naruto: The Cross Roads
Studio Studio Pierrot
Rilis 2009
Durasi 28 minutes
Anime
Naruto Shippuden
Sutradara  Hayato Date
Penulis  Junki Takegami
Penggubah  Yasuharu Takanashi
Studio Studio Pierrot
Pelisensi 
Viz Media
Pelisensi  lainnya
Viz Media
Rilis 15 Februari 2007 – sekarang
Film
Portal Anime dan Manga

Naruto (ナルト) adalah sebuah serial manga karya Masashi Kishimoto yang diadaptasi menjadi serial anime. Manga Naruto bercerita seputar kehidupan tokoh utamanya, Naruto Uzumaki, seorang ninja yang berisik, hiperaktif, dan ambisius yang ingin mewujudkan keinginannya untuk mendapatkan gelar Hokage, pemimpin dan ninja terkuat di desanya. Serial ini didasarkan pada komik one-shot oleh Kishimoto yang diterbitkan dalam edisi Akamaru Jump Agustus 1997.

Manga Naruto pertama kali diterbitkan di Jepang oleh Shueisha pada tahun 1999 dalam edisi ke 43 majalah Shonen Jump. Di Indonesia, manga ini diterbitkan oleh Elex Media Komputindo. Saat ini, manga masih menjadi serial; enam puluh tiga volume tankōbon telah dirilis. Popularitas dan panjang seri Naruto sendiri (terutama di Jepang) menyaingi Dragon Ball karya Akira Toriyama, sedangkan serial anime Naruto, diproduksi oleh Studio Pierrot dan Aniplex, disiarkan secara perdana di Jepang oleh jaringan TV Tokyo dan juga oleh jaringan televisi satelit khusus anime, Animax, dan stasiun televisi lainnya, pada 3 Oktober 2002 sampai sekarang. Seri pertama terdiri atas 9 musim dan berlangsung 220 episode. Musim pertama dari seri kedua mulai ditayangkan pada tanggal 15 Februari 2007. Di Indonesia sendiri, anime Naruto ditayangkan oleh stasiun televisi Global TV. Selain serial anime, Studio Pierrot telah mengembangkan delapan film untuk seri dan beberapa original video animation (OVA). Jenis barang dagangan termasuk novel ringan, permainan video dan koleksi kartu yang dikembangkan oleh beberapa perusahaan.

Viz Media memiliki lisensi manga dan anime produksi Amerika Utara. Viz telah menerbitkan seri ini kedalam majalah mereka Shonen Jump, serta beberapa volume. Seri anime ini mulai ditayangkan di Amerika Serikat dan Kanada pada tahun 2005, dan kemudian di Inggris dan Australia pada tahun 2006 dan 2007. Film, serta sebagian OVA dari seri ini juga telah dirilis oleh Viz, dengan tayang perdana di bioskop. Volume DVD pertama Naruto: Shippuden dirilis oleh Viz di Amerika Utara pada 29 September 2009, dan mulai disiarkan di Disney XD pada bulan Oktober pada tahun yang sama. Viz Media akan mulai mengalirkan pada kedua layanan streaming Neon Alley pada musim gugur ini. Naruto Shippuden akan ditayangkan pada Adult Swim, Toonami January 2014.

Perkembangan dan popularitas[sunting | sunting sumber]

Naruto adalah salah satu seri manga terlaris sepanjang masa telah menjual lebih dari 126.500.000 kopi di Jepang. Diserialkan di majalah Viz Shonen Jump, Naruto telah menjadi salah satu perusahaan manga terlaris.

Sekarang Naruto adalah manga yang paling terkenal dan naik daun di seluruh dunia. Sejak awal penerbitannya, Naruto telah memancing permunculan ribuan situs fan yang berisi informasi rinci, panduan, dan forum internet tentang manga ini. Beberapa situs terkenal muncul setelah versi Inggrisnya diterbitkan pada bulan Agustus 2003. Selain itu, muncul pula situs-situs yang menyediakan pindaian manga versi Jepang yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris maupun Indonesia yang dapat diunduh secara gratis.

Volume 7 dari serial ini berhasil memenangkan Quill Award untuk kategori best graphic novel di Amerika Utara pada tahun 2006.[1] Sementara dalam sebuah poling 100 Anime terbaik versi TV Asahi, Naruto menempati peringkat 1.[2]

Alur Cerita[sunting | sunting sumber]

Tiga belas tahun sebelum cerita ini dimulai, seekor monster rubah ekor sembilan bernama Kyuubi menyerang Konoha, sebuah desa shinobi yang terletak di negara Api. Kekacauan terjadi di desa Konoha dan korban banyak berjatuhan. Akhirnya ada seseorang yang berhasil menyegel Kyuubi itu ke tubuh Naruto, seseorang yang berhasil menyegel siluman rubah ekor itu dikenal sebagai Yondaime Hokage, Hokage ke-4 atau Namikaze Minato yang tidak lain adalah ayah dari Naruto. Begitu kuatnya Kyuubi sehingga penyegelan itu harus dibayar dengan kematian Yondaime Hokage sendiri.

Hakke no Fūin Shiki, segel Kyuubi di perut Naruto.

Tiga belas tahun kemudian, tersebutlah seorang anak bernama Naruto Uzumaki yang sering membuat onar di desa Konoha. Naruto melakukan hal itu karena menginginkan perhatian dari penduduk desa yang menjauhinya karena rubah di tubuhnya. Naruto kemudian ditipu oleh seorang pengkhianat Konoha untuk mencuri gulungan rahasia peninggalan Hokage ke-2 (Nidaime Hokage), Naruto yang polos melakukan hal tersebut dan berhasil mencuri serta mempelajari jurus seribu bayangan. Setelah tahu bahwa dia dimanfaatkan, Naruto menolak memberikan gulungan tersebut. Naruto kemudian ditolong oleh guru Iruka yang merupakan guru pertamanya di akademi. Dialah orang yang pertama kali mengakui keberadaan Naruto, karena dulu guru Iruka pernah mengalami hal yang sama yaitu hidup tanpa orang tua, dan selalu diselimuti kesendirian.

Naruto kemudian lulus menjadi genin, dan satu tim dengan Sasuke dan Sakura. Tim mereka disebut Tim 7 yang diketuai oleh Kakashi. Saat menjalankan tes dengan Kakashi, Naruto, Sasuke dan Sakura nyaris tidak lulus, karena melihat kekompakan tim antara Naruto dan Sasuke maka Kakashi pun meluluskan mereka, dengan alasan yang pernah dikatakan temannya Obito dari klan Uchiha, yaitu "orang yang tidak taat akan peraturan adalah sampah tapi orang yang membiarkan temannya menderita lebih hina dari pada sampah!!" Misi Naruto dan yang lain dimulai, yaitu mengawal seorang penduduk negeri Air. Naruto, Sakura, Sasuke dan Kakashi berhadapan dengan dua ninja kuat pelarian dari negeri kabut yaitu Haku dan Zabuza yang dikirim oleh seorang gangster kaya raya untuk menghentikan pembangunan jembatan oleh penduduk negeri Air yang miskin. Pertarungan sengit terjadi, Haku hendak menyerang Naruto tetapi malah terkena Sasuke yang melindungi Naruto. Mengira Sasuke tewas Naruto marah serta chakra Kyuubi pun terlepas membuat Haku kewalahan. Kakashi yang hendak menghabisi Zabuza dengan jurus raikiri mengenai Haku yang melindungi Zabuza. Karena terharu atas pengorbanan Haku dan merasa dikhianati oleh pihak gangster yang malah mencoba membunuhnya, Zabuza pun mengamuk dan membunuh ketua gangster dengan kunai kecil di mulutnya. Akhir pertarungan Zabuza tewas di samping Haku. Penduduk negeri Air pun menamai jembatan baru itu dengan nama jembatan Naruto sebagai tanda terima kasih dan penghargaan kepada Naruto yang telah membangkitkan semangat penduduk negeri Air.

Hokage ke-3 memanggil para Jounin Konoha untuk mendiskusikan mengenai ujian Chunin antara Konoha dan Sunagakure. Para Jonin sepakat untuk mengadakan ujian dan mengirim ninja-ninja pilihan mereka. Saat pendaftaran ujian Naruto, Sasuke dan Sakura bertemu dengan banyak saingan baru yang kuat antara lain, Gaara, Kankurou, Temari, Rock Lee, Neji Hyuga dan lain - lain. Ujian awal dimulai dengan tes tertulis, berkat Naruto sebagian besar peserta dapat lulus. Ujian kedua berupa pencarian gulungan di hutan. Di luar dugaan, Naruto, Sasuke dan Sakura diserang oleh salah satu Sannin legendaris Orochimaru yang menyamar menjadi peserta. Orochimaru menandai Sasuke sebagai calon pengikutnya. Naruto dan yang lainnya berhasil lolos berkat Kabuto yang banyak memberi petunjuk pada Naruto, Sasuke dan Sakura. Sementara itu, Kiba, Hinata dan Shino menyaksikan kehebatan Gaara yang mengerikan. Babak ketiga dimulai, Kabuto tiba-tiba mengundurkan diri membuat Naruto keheranan. Pertarungan sengit dimulai antara Sakura versus Ino, Neji versus Hinata, Naruto versus Kiba, Garaa versus Rock Lee dan lain - lain. Pertarungan demi pertarungan berakhir dengan mengharukan, Naruto yang melihat kekejaman Neji saat melawan Hinata, dan hinata berjanji untuk mengalahkan Neji. Pertarungan Lee melawan Gaara adalah yang paling sengit dimana Lee terpaksa menggunakan serangan pamungkasnya ura renge, membuat Gaara terdesak dan nyaris gelap mata membunuh Lee apabila guru Guy tidak datang tepat waktu untuk menghentikannya. Sementara itu Kakashi memberikan pembatas segel yang diberikan Orochimaru pada Sasuke. Kakashi nyaris bertarung dengan Orochimaru yang tiba-tiba muncul. Disini juga terungkap bahwa Kabuto adalah mata-mata Orochimaru.

Hokage ke-3 memberikan masa istirahat dan latihan untuk para peserta selama 3 bulan sebelum babak ke-4 dimulai. Naruto pun dilatih oleh guru pribadi Konohamaru untuk latihan berjalan di atas air. Sedangkan Kakashi melatih Sasuke. Naruto yang menjalani latihan dengan guru barunya ini bertemu dengan seorang pertapa aneh yang mengaku bernama Jiraiya sang sannin katak. Jiraiya lalu membuka segel dari Orochimaru saat babak kedua. Naruto lalu memaksa Jiraiya untuk mengajarinya jurus baru karena menganggap Jiraiya telah mengganggu latihannya. Jiraiya mengajarkan jurus pemanggilan. Semula Naruto hanya dapat memanggil seekor berudu merah kecil, setelah Jiraiya melemparkannya ke tebing, Naruto berhasil memanggil Gamabunta. Jiraiya tertarik pada sifat Naruto yang penuh tekad dan pantang menyerah menjinakkan Gamabunta.

Sepulang latihan, karena kelelahan Naruto dibawa Gamabunta ke rumah sakit. Di rumah sakit, Naruto mendapat kunjungan dari Shikamaru. Mereka berdua lalu mendapati Gaara mencoba membunuh Lee yang sedang tidur. Saat guru Guy muncul Gaara ketakutan dan pergi. Gaara pergi memata-matai latihan Sasuke dan Kakashi, ia ketahuan oleh Kakashi. Gaara memutuskan untuk pergi. Malamnya ia membunuh shinobi negeri bunyi yang mencoba membunuhnya di bawah bulan sabit merah.

Babak keempat dimulai. Naruto akhirnya bertarung melawan Neji yang kuat, dengan tekad dan kecerdikannya Naruto pun dapat mengalahkan Neji serta memenuhi sumpahnya pada Hinata yang kebetulan menyaksikan pertarungan itu. Shikamaru mengalahkan Temari dengan kecerdikannya, tetapi malah menyerah diakhir pertandingan padahal ia bisa menang. Kankurou mengundurkan diri membuat Shino kesal. Pertarungan Sasuke dan Gaara memakan waktu paling lama, karena Sasuke terlambat datang bersama Kakashi. Gaara didesak oleh Sasuke hingga terpaksa bersembunyi di dalam perisai pasir dan hendak mengeluarkan Ichibi. Sasuke melancarkan serangan Chidori membuat perisai pasir hancur dan Garaa terluka untuk yang pertama kalinya. Ichibi nyaris keluar, semua kacau saat terdengar ledakan di gerbang Konoha, Kazekage menyerang Hokage ke-3 dan para ninja negeri pasir dan bunyi bergerak menyerang, Konoha dalam bahaya.

Gaara yang terluka dibawa lari oleh Kankurou dan Temari ke hutan, sementara Sasuke mengejar mereka. Para penonton tertidur karena terkena serangan ilusi dari Kabuto yang menyamar sebagai anggota Anbu. Hanya beberapa ninja yang tidak terpengaruh, antara lain Kakashi, Guy, Sakura dan Shino. Naruto yang terkena dibangunkan oleh Sakura, sementara Shikamaru pura-pura pingsan pun dibangunkan. Shikamaru, Sakura dan Naruto mengejar Sasuke dibantu oleh pakkun. Kazekage ternyata adalah Orochimaru yang menyamar, Hokage ke-3 pun memulai pertarungan sengitnya dengan Orochimaru yang memanggil Hokage pertama dan Hokage ke-2 dengan jurus terlarang untuk membunuh Hokage ke-3. Kankorou bertarung dengan Shino yang muncul tiba-tiba, keduanya seri. Sasuke mengalahkan Temari lalu mengejar Gaara. Sasuke nyaris terbunuh oleh Gaara. Untungnya, Naruto dan Sakura tiba. Shikamaru melawan para ninja bunyi tetapi kehabisan cakra. Dia ditolong oleh Asuma disaat kritis. Gaara menyerang Sakura, membuat Naruto yang semula ketakutan pada Gaara menjadi marah. Sasuke yang sudah lemah tidak dapat menolong Naruto. Gaara berubah menjadi Shukaku. Naruto hendak memanggil Gamabunta, tetapi malah Gamakichi yang keluar, katak kecil putra Gamabunta. Naruto berhasil memanggil Gamabunta dengan cakra rubah ekor sembilannya. Pertarungan sengit terjadi, Naruto dan Gamabunta menang melawan Gaara. Sementara di Konoha, Hokage ke-3 menggunakan jurus mematikan yang mengharuskan penggunanya mengorbankan nyawa untuk menghisap nyawa Orochimaru. Malangnya, Orochimaru lolos dan hanya roh kedua tangannya yang terhisap. Pertempuran berakhir dengan mundurnya musuh dan kematian Hokage ke-3.

Seusai pemakaman Hokage ke 3, dua sosok menyaksikan Konoha yang sudah porak-poranda dari kejauhan. Mereka adalah anggota Akatsuki yang dapat diartikan sebagai fajar dan juga bisa menjadi arti kiamat, tergantung penulisannya dengan kanji. Kakashi mendapatkan informasi mengenai organisasi akatsuki dari Jiraiya. Sasuke diundang oleh Kakashi untuk minum di sebuah kedai, dimana di kedai tersebut dua anggota akatsuki tadi sedang istirahat. Kurenai dan Asuma tiba, mereka mengikuti dua anggota akatsuki tadi. Kurenai dan Asuma kaget saat mengetahui bahwa salah satu dari mereka adalah Itachi Uchiha. Seorang clan Uchiha yang membantai seluruh anggota clannya serta merupakan kakak kandung Sasuke yang ingin Sasuke bunuh. Itachi ditemani oleh seorang pengkhianat dari negeri kabut, Kisame Hoshigaki. Juga senior dari Zabuza. Asuma dan Kurenai nyaris kalah hingga Kakashi tiba. Pertarungan Kakashi dan itachi dimenangkan Itachi. Kakashi terluka mental karena jurus ilusi Itachi. Guy tiba dan membuat Itachi serta Kisame kabur.

Para penasehat Konoha menemui Jiraiya dan memintanya untuk menjadi Hokage ke-5. Jiraiya menolak dengan alasan masih ada satu sannin lagi yang lebih baik daripada dirinya dan Orochimaru dan ahli dalam bidang medis. Jiraiya mengajak Naruto mencari sannin ketiga tersebut. Kakashi yang terluka akibat serangan Itachi dirawat di rumah sakit. Sasuke yang datang menjenguk tanpa sengaja mendengar percakapan para jounin mengenai Itachi yang datang ke Konoha mencari Naruto. Sasuke dengan amarah mencari Itachi. Naruto bertemu dengan Itachi dan Kisame di hotel saat Jiraiya sedang pergi bersama gadis yang sudah dihipnotis oleh Itachi. Sasuke tiba tepat waktu, tetapi Itachi terlalu kuat untuk Sasuke. Itachi menghajar Sasuke hingga babak belur. Naruto yang mencoba menolong cakranya diserap pedang milik Kisame. Naruto nyaris ditebas, untungnya Jiraiya tiba tepat waktu. Itachi dan Kisame melarikan diri karena merasa tidak dapat menandingi Jiraiya. Guy tiba sesaat kemudian dan salah menendang Jiraiya. Sasuke yang terluka parah dibawa kembali ke Konoha oleh Guy, sementara Naruto dan Jiraiya meneruskan mencari sannin ketiga.

Jiraiya menjelaskan pada Naruto mengenai bahayanya Akatsuki lalu mengajarkan Naruto jurus baru yang dulunya merupakan salah satu jurus handalan hokage ke-4 yaitu "Rasengan". Naruto dengan susah payah mempelajarinya. Naruto menggunakan "kagebunshin" miliknya untuk mengeluarkan rasengan. Perjalanan berlanjut. Jiraiya dan Naruto tiba di sebuah desa. Naruto dan Jiraiya akhirnya bertemu dengan shizune dan Tsunade. Naruto yang mengetahui Tsunade adalah calon Hokage ke-5, Naruto marah dan menantang Tsunade bertarung. Dengan mudah Tsunade mematahkan serangan "rasengan" Naruto. Melihat keteguhan Naruto, Tsunade menantang Naruto untuk menguasai jurus itu dalam waktu satu minggu. Naruto semula menolak tetapi setelah diiming - imingi kalung hokage pertama yang harganya mahal, Naruto bersedia. Di luar dugaan, Kabuto dan Orochimaru menemui Tsunade dan bernegosiasi bahwa bila Tsunade menyembuhkan Orochimaru maka dia akan menghidupkan Adik dan Pacar Tsunade yang lama meninggal. Tsunade minta waktu untuk berpikir. Jiraiya mengajak Tsunade minum kemudian mengancam Tsunade bila membantu Orochimaru maka dia akan membunuh Tsunade. Sementara itu, Shizune menceritakan pada Naruto mengenai masa lalu dan penderitaan Tsunade semenjak kehilangan orang yang disayanginya. Naruto yang mendengar cerita itu terpacu untuk menuntaskan jurusnya. Tsunade menyaksikan latihan Naruto, kemudian mencampurkan obat di minuman Jiraiya. Kemudian ia pergi menemui Orochimaru dan Kabuto. Orochimaru nyaris dibunuh Tsunade tapi Kabuto menghalanginya. Tsunade memutuskan untuk tidak menolong Orochimaru. Pertempuran sengit antar Sannin dimulai saat Jiraiya tiba. Naruto menghantam Kabuto dengan Rasengan. Pertarungan semakin memuncak saat ketiga sannin menggunakan jurus kuchiyose masing-masing. Gamabunta dan Manda terlibat pertarungan sengit. Di mana puncaknya, Manda kabur. Orochimaru dan Kabuto pun melarikan diri. Naruto dan Tsunade beradu argumen lagi di restoran menyebabkan keduanya duel lagi. Kali ini Tsunade tidak memukul naruto melainkan memberikan hadiah berupa kalung dan kecupan di kening.

Beberapa hari sesudah pertarungan sannin yang dahsyat, Naruto telah kembali ke Konoha. Tsunade membicarakan masalah operasi untuk menyembuhkan Lee akibat menggunakan 'urarenge' saat melawan Gaara di Ujian Chunin. Operasi kemungkinan gagal, Guy maupun Lee kaget, tetapi Guy tetap menyemangati Lee. Sementara itu,Sasuke yang baru dikalahkan oleh Itachi menjadi kesal, ia pun kesal karena merasa tersaingi oleh Naruto yang semakin kuat. Saat Sakura dan Naruto menjenguk, Sasuke malah menantang duel Naruto. Pertarungan keduanya cukup sengit, hingga nyaris beradu rasengan dan chidori, untungnya Kakashi muncul dan melerai keduanya. Di luar Konoha, para ninja bunyi andalan Orochimaru tiba.

Keempat ninja bunyi andalan Orochimaru Tayuya, Sakon, Kidomaru, dan Jirobou datang ke Konoha untuk menjemput Sasuke ke tempat Orochimaru. Setelah diperintah Orochimaru pada malam hari, mereka bertemu Sasuke, terjadi pertarungan antara Sasuke dan Tayuya, Sakon, Kidomaru, dan Jirobou setelah pertarungan itu mereka mengajak Sasuke pergi dari Konoha mereka mengatakan tentang kekuatan yang akan diberikan Orochimaru mereka akan menunggu Sasuke di luar desa pada malam harinya Sasuke segera meninggalkan Konoha sebelum pergi Sakura bermaksud meyakinkan Sasuke untuk tidak pergi tetapi gagal. Pada pagi keesokan harinya segera diketahui Tsunade dan segera memerintahkan Shikamaru untuk membuat tim untuk membawa pulang Sasuke. Setelah berkeliling Konoha tim terbentuk, tim terdiri dari Shikamaru, Chouji, Kiba, Naruto, dan Neji, pengejaran Sasuke dimulai.

Pengejaran terhadap sasuke ternyata tidak semudah yang mereka bayangkan. 5 Ninja bunyi sudah siap menghadang Tim Shikamaru dkk. Mereka adalah bawahan Orochimaru yang memiliki kekuatan sangat hebat dan sangat kuat. Dan pada akhirnya mereka melawan para ninja bunyi dengan taruhan nyawa. Pertarungan pertama dimulai oleh Chouji melawan Jiroubou. Yang dimenangkan oleh Chouji setelah ia menelan pil merah terakhir yang bisa mengubah lemak dalam tubuhnya yang sangat gemuk menjadi chakra. Pertarungan selanjutnya giliran Hyuga Neji, pemilik Byakugan dengan Kidoumaru. Pertandingan ini juga dimenangkan oleh pihak Shikamaru dkk. Setelah Neji menerima sengaja serangan terakhir kidoumaru yang berbentuk panah berwarna emas yang terbuat dari jaring yang keluar dari mulut kidoumaru, yang kemudian Neji menyalurkan chakra melalui jaring-jaring itu untuk merusak jaringan organ dalam kidoumaru. Selanjutnya pertarungan oleh Shikamaru dengan Tayuya, serta Kiba dengan Sakon, yang tak lama kemudian Naruto pun bertarung dengan Kimimaro, keturunan terakhir keluarga Kaguya pemilik kemampuan klan tulang yang bisa memanipulasi tulang dalam tubuhnya. Tapi kemudian Naruto digantikan oleh Rock Lee yang tiba-tiba saja datang setelah proses penyembuhan operasi tulang belakang dirinya. Dan semua pertarungan itu dimenangkan oleh tim Shikamaru setelah dibantu tiga Shinobi dari Sunagakure yang tidak lain adalah Gaara, Temari, dan Kankuro. Pertarungan dengan ninja bunyi pun berakhir dengan kemenangan. Tapi pengejaran Sasuke tetap dilakukan oleh Naruto seorang diri. Dan pengejaran berlanjut.

Diperbatasan negara Hi, Naruto berniat membawa kembali Sasuke ke Konoha namun keduanya malah bertarung dengan saksi patung para pendiri konoha Hokage Pertama dan Madara Uchiha (pendiri klan uchiha). Saat pertarungan segel Kyuubi lepas satu sementara Sasuke memasuki Joutai ke-2 dan pertarungan itu dimenangkan oleh Sasuke karena Sharingannya telah bangkit dan berada pada level 3 (setingkat dengan Kakashi).

Setelah kejadian itu Jiraiya membawa Naruto untuk berlatih selama 3 tahun dan menjadi murid resminya dan juga bertujuan untuk memperkuat Naruto ketika Akatsuki bergerak lagi.

Cerita ini merupakan flash back yang menceritakan masa lalu Kakashi yang ketika berumur 12 tahun sudah menjadi jounin. Ia sekelompok dengan Obito Uchiha dan Rin dengan gurunya yang kelak disebut dengan Hokage Keempat. Misinya adalah menghancurkan jembatan namun di tengah-tengah penyusupan mata kirinya rusak. Sementara itu obito berhasil membangkitkan sharingan dan mereka berdua berhasil menyelamatkan Rin namun Obito tertindih batu dan memerintahkan Rin untuk memindahkan matanya untuk Kakashi sebagai hadiah perayaan kenaikannya menjadi Jounin. Dengan mata pemberian Obito kakashi berhasil menjatuhkan musuh namun mereka muncul semua sehingga gurunya menggunakan ninjutstu ruang dan waktu datang menyelamatkan mereka. Setelah kejadian itu pandangan kakashi yang juga merupakan anak dari Konoha Shiroi Kiba menghargai nilai persahabatan lebih dari apapun. Ayah kakashi mati bunuh diri karena memilih menyelamatkan rekan satu tim yang terancam daripada menyelesaikan misi sehingga ia dikucilkan. pandangan Kakashi pun demikian saat Rin tertangkap ia memilih maju menyelesaikan misi namun di tengah jalan ia berubah pikiran karena Obito. Hal yang paling disesali Kakashi adalah kematian Obito.

Setelah 3 tahun berlalu, Naruto dan Jiraiya pun kembali ke Konoha. Sesampainya di Konoha, dia pun bertemu dengan Sakura, Hinata, Shikamaru, Chouji dan teman-teman lainnya semasa genin. Ternyata mereka telah menjadi chuunin, kecuali Shikamaru yang sudah melebihi yang lainnya dengan menjadi Jounin. Bersamaan dengan kembalinya Naruto dan Jiraiya, di Negara Suna terjadi kehebohan besar, yaitu Gaara (yang sekarang menjabat menjadi Kazekage) diculik oleh Deidara dan Sasori dari Akatsuki. Gaara yang sebenarnya memiliki kekuatan besar, kalah dalam tipuan serangan yang digunakan oleh Deidara. Gaara yang tidak sadarkan diri pun dibawa oleh Deidara dan Sasori ke markas Akatsuki. Mendengar kabar bahwa Gaara diculik Akatsuki, Naruto pun tidak tinggal diam. Ia bersama Sakura dan Kakashi segera menuju Suna. Tak hanya mereka bertiga, Kelompok Guy juga mendampingi mereka dengan menempuh rute yang berbeda. Selain itu nenek Chiyo yang merupakan ahli pengobatan dari Suna juga ikut dalam tim Kakashi untuk menyelamatkan Gaara yang dibawa oleh Sasori yang merupakan cucunya. Akhirnya tim penyelamat Gaara berhasil menyusul Akatsuki, dan dengan bantuan dari tim Guy, Sakura berhasil menghancurkan pintu masuk gua yang merupakan tempat persembunyian Akatsuki, setelah itu pertarungan pun tak terelakkan lagi. Sakura bersama nenek Chiyo bertarung melawan Sasori, sedangkan Naruto bersama dengan Kakashi melawan Deidara.

Berawal dari keterangan yang didapatkan oleh Sakura dari Sasori, maka Naruto berniat mencari Sasuke di sebuah jembatan tempat pertemuan rahasia yang diadakan oleh Sasori dan mata-matanya yang bersama Orochimaru. Hokage ke-5 kemudian mengutus tim 7 yaitu Sakura, Naruto, Yamato (sebagai pengganti Kakashi yang sedang sakit setelah bertarung dengan Deidara) dan Sai (sebagai pengganti dari Sasuke). Setibanya di tempat rahasia tersebut, Yamato menyamar sebagai Sasori namun ternyata ketahuan oleh Kabuto (dulu mata-matanya Sasori). Akhirnya Orochimaru muncul dan terjadi pertarungan antara Yamato vs Orochimaru dan Kabuto. Naruto dan Sakura datang membantu, untuk melawan Orochimaru, naruto memakai kekuatan Kyuubi miliknya. Karena perkataan Orochimaru, Naruto tidak bisa mengendalikan emosinya sehingga dia menggunakan kekuatan 4 ekor yang belum dia kuasai sehingga tubuh naruto berubah menjadi nine tails berwujud kecil. Dengan kekuatan Yamato, Naruto berhasil dikembalikan ke wujud aslinya.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Masashi Kishimoto pertama membuat one-shot Naruto pada Agustus 1997 ke dalam edisi Akamaru Jump.[3] Meskipun hasil poling pembaca sangat tinggi dan bernilai positif, Kishimoto berpikir "desain dan cerita berantakan!" Kishimoto awalnya bekerja pada Karakuri untuk Hop Step Award. Puas dengan desain kasar, ia memutuskan untuk bekerja pada sesuatu yang berbeda, yang kemudian dibuat menjadi seri manga Naruto. Kishimoto yakin seri ini akan menjadi manga yang nyaman untuk dibaca.[4] Ketika ditanya tentang apa lagu tema Naruto selama Bagian I, Kishimoto menjawab bahwa itu adalah cara orang menerima satu sama lain terhadap perkembangan serial Naruto. Kishimoto mengatakan ia tidak dapat fokus pada percintaan selama Bagian I, ia menekankan lebih dalam pada Bagian II, awal dari bagian manga dengan 28 volume, meskipun kesulitan.[5]

Ketika Masashi Kishimoto awalnya menciptakan serial Naruto, dia melihat pada manga shōnen lainnya untuk memberikan inspirasi terhadap dirinya ketika membuat sebuah karakter yang unik.[6] Dia tetap mendasarkan cerita itu dari budaya Jepang[6] Kishimoto berharap setiap anggota tim harus "kerja keras", untuk mendapatkan bakat dalam atribut tertentu."[7] Kishimoto menyisipkan peran jahat ke dalam cerita untuk melawan nilai-nilai moral dalam karakter utama. Dia menyatakan bahwa fokus pada penggambaran perbedaan nilai-nilai merupakan inti dari ciptaan-Nya, "Saya tidak benar-benar berpikir tentang mereka dalam pertempuran"."[8] Ketika menggambar karakter, Kishimoto tetap mengikuti proses lima langkah: konsep dan sketsa kasar, penyusunan, penebalan, pembuatan bayangan, dan pewarnaan. Langkah-langkah ini diikutinya ketika dia menggambar manga dan membuat ilustrasi warna yang biasanya menghiasi sampul tankōbon, sampul Shōnen Jump Mingguan, atau media lainnya, tetapi perangkat yang dia gunakan terkadang membuat perubahan.[9] Misalnya, saat dia menggunakan airbrush untuk satu ilustrasi sampul Shōnen Jump Mingguan.[10] Pada Bagian II, Kishimoto mengatakan bahwa ia berusaha untuk tidak "berlebihan" dan menjaga tata letak untuk memudahkan pembaca dalam mengikuti alur cerita."[11]

Kishimoto menambahakan, karena Naruto berlangsung dalam "dunia fantasi Jepang," dia telah menetapkan aturan-aturan tertentu secara sistematis, sehingga ia dengan mudah bisa "menyampaikan cerita." Kishimoto ingin mendekat pada tradisi astrologi cina, yang telah lama berada di Jepang. Ketika Kishimoto membuat pengaturan manga Naruto, dia awalnya berkonsentrasi pada desain untuk desa Konohagakure, pengaturan utama dari seri tersebut. Kishimoto menyatakan bahwa desain untuk Konohagakure diciptakan "cukup secara spontan tanpa banyak berpikir", tetapi dia mengakui bahwa pemandangan ini didasarkan pada rumahnya di Okayama di Jepang. Tanpa periode waktu tertentu, Kishimoto memasukkan unsur-unsur modern dalam seri seperti toko-toko, namun tidak termasuk untuk senjata dan kendaraan. Untuk bahan referensi, Kishimoto melakukan penelitian sendiri ke dalam budaya Jepang dan menyinggung dalam karyanya.[12] Mengenai teknologi Kishimoto mengatakan bahwa Naruto tidak akan memiliki senjata api.[13]

Mengenai panjang seri, Kishimoto terkejut ketika seri mencapai volume yang kesepuluh karena popularitas.[14] Ia juga menyatakan bahwa ia memiliki gagasan visual bab terakhir dari seri, termasuk teks dan cerita. Namun, ia menambahkan, mungkin akan memakan waktu lama untuk mengakhiri seri karena "masih ada begitu banyak hal yang perlu diselesaikan."[15] Selain itu, dia berkomentar bahwa dia tidak tahu kapan dan bagaimana cerita itu akan berakhir karena masih ada banyak hal yang perlu dipecahkan.

Tokoh[sunting | sunting sumber]

Deskripsi Tokoh
  • Naruto Uzumaki

Naruto Uzumaki adalah tokoh utama cerita ini. Ia adalah seorang ninja dari desa Konoha, Salah satu desa militer terkuat di dunia ninja. Naruto dikarakteristikkan sebagai seorang ninja yang penuh kejutan, bersemangat, ceria, hiperaktif, kikuk, lugu, dan sangat ambisius dalam meraih cita-citanya untuk menjadi seorang Hokage, ninja terkuat di Konoha. Dalam tubuh Naruto, tersegel seekor monster rubah ekor sembilan yang pernah menyerang dan hampir menghancurkan desa Konohagakure. Segel tersebut dibuat oleh ayahnya yondaime (Minato Namikaze) hokage ke-4 yang menimbulkan kematian pada ayahnya. Karena monster yang ada dalam tubuhnya itulah, ia dijauhi oleh penduduk desa di masa kecilnya hingga ia bertekad membuktikan kepada masyarakat di Konoha bahwa ia akan menjadi Hokage agar ia bisa diakui di desa itu, sekaligus menjadi incaran ninja-ninja yang menginginkan kekuatan Kyuubi, si rubah ekor sembilan.

Ia sangat menyukai Sakura Haruno, namun cintanya bertepuk sebelah tangan karena Sakura lebih menyukai Sasuke daripada Naruto. Naruto adalah putra dari Hokage ke-4 yang bernama Minato Namikaze atau lebih dikenal dengan Yondaime Hokage dan ibunya Kushina Uzumaki. Perkembangan Naruto sedikit lebih lambat jika dibandingkan ninja-ninja sebayanya, namun sekali berkembang ia bisa menjadi cukup kuat. Dalam Naruto Shippuden, setelah berlatih 2,5 tahun dengan Jiraiya, Naruto sudah lebih kuat dan lebih dewasa, dan kemampuannya meningkat karena Fuuton:Rasenshuriken yang merupakan teknik lebih jauh dari jurus Rasengan yang dipadukan dengan elemen angin. Naruto menggunakan jurus ini untuk melumpuhkan Kakuzu, salah satu anggota Akatsuki.

Setelah kematian Jiraiya, Naruto sangat sedih dan terpukul namun dimotivasi oleh guru terdekatnya sejak kecil, Iruka dan akhirnya ia pergi ke Myobokuzan bersama Tuan Fukasaku untuk mempelajari Senjutsu. Dengan Senjutsu inilah Naruto mengalahkan Pain, salah satu anggota Akatsuki yang terkuat. Naruto juga hampir membunuh Nagato, sosok asli Pain sebenarnya, namun tertarik mendengar cerita mereka begitu mengetahui Nagato juga murid Jiraiya. Akhirnya dengan tekadnya, Naruto berhasil meyakinkan Nagato bahwa ia akan meraih perdamaian suatu saat nanti, dan Nagato memilih untuk percaya padanya.

Naruto bertemu Sasuke setelah Sasuke membunuh Danzo, dan berusaha untuk membujuknya kembali ke Konoha bersama Sakura namun tidak berhasil. Naruto berlatih di Pulau Kura-kura bersama Killer Bee untuk menguasai chakra Kyuubi, di mana Naruto bertemu dengan ibunya di alam bawah sadarnya. Setelah mengetahui tentang Perang Dunia Ninja Keempat, Naruto dan Bee keluar dari pulau dan menuju medan perang, dimana mereka melawan Itachi dan Nagato dan sempat membalikkan keadaan dengan menekan musuh.

Pada akhirnya Naruto bersama Aliansi Shinobi berhasil menekan musuh namun Madara Uchiha dan Tobi berhasil membangkitkan Juubi walau belum sempurna, dan dimulailah pertarungan seru antara Kyuubi dan Hachibi melawan Juubi.

Jurus andalan: Kage Bunshin No Jutsu , Rasengan

  • Sakura Haruno

Sakura adalah salah satu rekan satu tim sekaligus wanita idaman Naruto, namun ia lebih menyukai Sasuke daripada Naruto. Dia adalah seorang ninja berbakat yang selalu mendapat nilai sempurna di setiap ujian yang diikutinya. Sakura memiliki kepribadian yang unik dan seringkali ia bertindak di luar nurani untuk menjaga citranya sebagai seorang wanita yang baik dan anggun yang sering disebut dengan "nurani Sakura".

Sakura terlihat sebagai ninja yang tidak terlalu kuat di Bagian 1, namun pada Naruto Shippuden kemampuannya meningkat pesat setelah menjadi murid Tsunade. Sakura dapat menyembuhkan luka dengan cepat, membatalkan genjutsu, dan membuat luka fatal dengan cakra yang dikumpulkan pada tangannya saat memukul. Keahliannya terlihat ketika Sakura menyembuhkan Kankurou dari racun Sasori, salah satu anggota Akatsuki. Sakura dan Naruto terikat janji seumur hidup ketika Naruto bersumpah akan membawa Sasuke pulang ke Konoha, namun janji itu pudar ketika Sakura menemui Naruto di Negara Tetsu dan mengatakan bahwa ia sekarang lebih menyukai Naruto daripada Sasuke, namun Naruto mengetahui bahwa Sakura tidak bersungguh-sungguh dan menganggapnya hanya 'pembohongan diri sendiri'.

Saat Perang Dunia Shinobi Keempat berlangsung,Sakura bertugas di bagian medis dan berhasil membekuk Zetsu Putih yang menyamar menjadi Neji dan mengungkap rahasianya bersama Shizune.

  • Sasuke Uchiha

Sasuke adalah teman satu tim Naruto bersama dengan Sakura. Ia adalah seorang ninja berbakat yang selalu menyendiri dan jarang bergaul. Sikapnya yang dingin serta kemampuan bertarung yang tinggi membuatnya dikagumi banyak wanita terutama Sakura dan Ino.

Ia memiliki masa lalu yang kelam dan -sama seperti Naruto- hidup sendirian; tanpa teman dan keluarga. Cita-citanya adalah untuk menjadi ninja yang kuat dan membunuh Itachi Uchiha, kakak kandungnya, yang bertanggung jawab atas kematian seluruh keluarganya. Saat menyadari bahwa kemampuannya hanya berkembang sedikit semenjak di Konoha, Sasuke pergi ke Orochimaru dan menjadi muridnya untuk mencari kekuatan lebih banyak. Setelah membunuh Orochimaru, Sasuke pergi mencari Itachi dan meminta jawaban kenapa ia membunuh semua klan Uchiha. Pertarungan dahsyat terjadi antara Sasuke dan Itachi, yang akhirnya dimenangkan Sasuke karena Itachi terlalu berlebihan mengeluarkan jurus Mangekyō Sharingan.

Sasuke dipulihkan oleh Tobi yang mengaku sebagai Madara Uchiha, menjelaskan kehidupan Itachi dan akhirnya menyulut dendam Sasuke yang kedua, bersama Karin, Jugo, dan Suigetsu, Sasuke hendak pergi untuk menghancurkan Konoha namun terlambat karena Konoha sudah rata dengan tanah setelah serangan Pain. Sasuke akhirnya mengubah tujuan ke Konferensi Lima Kage dan disana ia bertarung dan membunuh Danzo, serta bertemu Naruto untuk yang kedua kalinya namun pergi bersama Tobi.

Ketika Perang Dunia Ninja Keempat berkobar, Sasuke memilih untuk mengabaikan dan mengambil Mangekyō Sharingan Itachi, membuatnya memiliki Eternal Mangekyo Sharingan seperti Madara Uchiha. Ketika bertemu dengan Edo Tensei Itachi yang dihidupkan Kabuto, Sasuke dan Itachi bekerjasama dan akhirnya berhasil membunuh Kabuto dengan Susano'o gabungan.

Jurus andalan: Susanoo, Chidori, Amaterasu

  • Hatake Kakashi

Kakashi Hatake adalah guru pembimbing sekaligus rekan satu tim Naruto. Meskipun terlihat lemah, ia adalah seorang ninja jenius yang memiliki sharingan, sebuah kemampuan garis keturunan khusus klan Uchiha yang ia dapatkan dari temannya, Obito Uchiha (teman Kakashi saat masih menjadi Chuunin; ia dikira mati saat menjalankan misi dari Yondaime). Dia tipe orang yang santai dan acuh, namun dapat bertindak cepat dan serius apabila diperlukan. Seringkali ia terlihat sedang membaca sebuah buku yang berjudul Icha Icha Paradise! (Datanglah Surga!) yang dikarang oleh Jiraiya. Satu hal yang menarik dari Kakashi adalah mulutnya tidak pernah diperlihatkan kepada pembaca. Mulutnya selalu ditutupi, tidak hanya saat ia bertugas tetapi baik waktu tidur (dengan buku Icha Icha Paradise nya) maupun waktu di tempat pemandian (dengan handuk). Dalam anime, Naruto dkk pernah mencoba melihat wajah Kakashi, namun usaha mereka gagal.

Kakashi menguasai Mangekyō Sharingan, yang digunakannya untuk menghilangkan lengan Deidara saat bertarung di dekat markas Akatsuki. Ia juga membunuh Kakuzu setelah dilumpuhkan Naruto dengan Fuuton:Rasenshuriken. Kakashi bertarung melawan Pain Tendo saat penyerangan Konoha, ditambah Pain Shurado yang membuatnya kewalahan. Dibantu Chouji dan Choza, ayah Chouji, mereka berhasil membunuh tubuh Shurado namun Kakashi mati karena memaksakan diri menggunakan Mangekyō Sharingan dua kali pada masa kritisnya setelah dikalahkan Pain Tendo. Ia beserta seluruh penduduk desa yang tewas saat invasi Pain dihidupkan lagi oleh Nagato yang telah mempercayai Naruto sebagai pembawa perdamaian, dan Kakashi berpartisipasi dalam Perang Dunia Ninja Keempat setelah hampir diangkat menjadi Hokage.

Jurus andalan: Chidori (Kakashi menyebutnya Raikiri, yang artinya 'pedang petir' setelah berhasil memotong petir dengan chidori.)

  • Guy

Guy adalah seorang Jounin yang sangat bersemangat dan memiliki penampilan mirip dengan Rock Lee, seorang Jounin yang andal dalam taijutsu, 'menganggap' Kakashi saingannya. Bertekad untuk menjadikan Rock Lee seorang ninja yang hebat. Pose nice guy dan rambut bob nya menjadi ciri khas dirinya dan Rock Lee.

Jurus andalan: Dinamikku Entori/Dynamic Entry

  • Rock Lee

Lee adalah seorang ninja yang andal dalam penggunaan taijutsu. Hal ini dikarenakan ia tidak dapat menguasai ninjutsu maupun genjutsu dengan baik. Oleh karena itu, ia berjuang keras untuk menjadi ninja walaupun tidak bisa ninjutsu. Dulunya diejek oleh Neji karena tidak bisa ninjutsu, namun Lee berhasil membuktikan tidak semua ninja harus menguasai ninjutsu. Lee amat mengidolakan guru Guy yang dianggapnya ninja terkuat. Lee menirukan gaya dan penampilan dari Guy. Menyukai Sakura layaknya Naruto tetapi cintanya hanya bertepuk sebelah tangan. Menganggap Neji dan Sasuke merupakan rival.

Jurus Andalan: Konoha Senpuu

  • Neji Hyuga

Neji adalah seorang keturunan klan terkenal di Konoha yaitu klan Hyuuga. Klan ini terkenal akan kemampuan mata yang disebut dengan 'byakkugan'nya. Berbeda dengan Hinata, Neji berasal dari cabang keluarga Hyuuga kalangan bawah yang harus mengabdi pada kaum kalangan atas klan Hyuuga. Semula ia membenci Hinata karena Hinata adalah kaum kalangan atas yang dianggap penyebab kematian sang ayah tercinta. Neji juga semula percaya bahwa tiap manusia hidup hanya menuruti takdir dan tidak dapat mengubahnya. Tetapi, setelah bertarung dan dikalahkan Naruto, pandangannya pun berubah terhadap takdir maupun Hinata dan Kalangan atas serta tahu alasan sang ayah meninggal.

Neji membantu Naruto dan kawan-kawannya melawan Kidomaru,murid Orochimaru yang memiliki postur seperti laba-laba. Pada Bagian 2 diceritakan bahwa Neji telah menjadi seorang Jounin, dan membantu timnya melawan Kisame, salah satu anggota Akatsuki yang disebut Bijuu tak berekor. Neji berpartisipasi dalam Perang Dunia Shinobi keempat, namun pada akhirnya tewas ketika mengorbankan nyawanya sendiri melindungi teman-temannya dari serangan Juubi.

Jurus andalan: Byakkugan, Juuken Hou Hakke Rokujuuyonshou

  • Tenten

Tenten adalah seorang kunoichi yang andal dalam penggunaan senjata ninja. Mengagumi Rock Lee karena melihat tekad Lee yang kuat. Ia menyimpan banyak senjata dalam gulungannya, kadang dia tidak pernah dilibatkan dalam setiap misi. Tenten diketahui tidak menguasai banyak jurus, namun ia berhasil menggunakan sebuah alat ninja berbentuk kipas dengan baik yang diambilnya di medan perang saat Perang Dunia Shinobi Keempat.

  • Asuma Sarutobi

Asuma adalah seorang jounin yang tangguh dan kuat. Merupakan anak dari Hokage ke-3 dan paman dari Konohamaru, seorang perokok berat, penanggung jawab Shikamaru, Chouji dan Ino. Suka bermain shogi bersama Shikamaru. Pisau chakra anginnya amat tajam dan berbahaya, selalu menolong Shikamaru, dekat dengan Kurenai. Tetapi sayang, Asuma meninggal di tangan anggota Akatsuki bernama Hidan. Setelah itu, Shikamaru diberi kepercayaan oleh Asuma untuk menjaga generasi muda Konoha.

  • Shikamaru Nara

Shikamaru adalah seorang shinobi yang malas dan tidak tertarik dengan keterkenalan. Dibalik itu semua, Shikamaru adalah seorang shinobi yang amat cerdas dan berjiwa pemimpin. Strategi yang ia ciptakan dalam menghadapi musuh-musuhnya amat mencengangkan baik pihak lawan maupun kawan. Selalu berusaha untuk bersikap gentleman dihadapan para wanita. Jurus andalannya disebut dengan jurus pengikat bayangan (kagemane no jutsu). Sangat menghormati sang guru, Asuma, mereka sering bermain shogi bersama-sama di waktu luang. Ia amat terpukul saat kematian sang guru tercinta. Sahabat karibnya adalah Chouji.

Shikamaru berhasil melawan dan mengalahkan Hidan yang ia ledakkan tubuhnya dan menguburnya dalam lubang yang sangat dalam. Shikamaru diketahui memiliki sedikit kedekatan dengan Temari setelah ia sengaja menyerah saat ujian chunnin ketika melawannya. Sebagai balasan, Temari membantu Shikamaru ketika melawan Tayuya, salah satu murid Orochimaru.

Jurus andalan: Kagemane no jutsu

  • Ino Yamanaka

Ino adalah seorang kunoichi yang satu tim dengan Shikamaru dan Chouji. Ino juga merupakan sahabat lama Sakura saat masih di akademi, namun mereka menjadi rival untuk merebut hati Sasuke. Mempunyai sifat yang centil dan cerewet, menyukai Sasuke layaknya Sakura. Ia menyukai berbagai jenis bunga terutama mawar yang berwarna ungu.

Pada akhir Bagian 1, Ino menyadari kemampuannya masih kurang sehingga mau belajar jurus pengobatan pada Sakura, dan saat Bagian 2 mereka akrab kembali. Jurus andalannya adalah Shinteshin no Jutsu, sebuah jurus yang mampu merasuki pikiran lawan dan mengendalikan tindakannya.

  • Chouji Akamichi

Chouji adalah seorang shinobi yang kuat dan setia kawan. Menyukai memakan snack kentang goreng dan makan yakiniku bersama kelompok Asuma, sahabat Shikamaru dari kecil. Chouji mengangap Shikamru adalah ninja yang hebat dan lebih kuat dari siapapun. 'Gendut' adalah kata tabu baginya.

Jurus andalan: Nikudan Sensha

  • Jiraiya

Jiraiya adalah salah satu Legenda Sannin (3 ninja legenda) yang terkenal di Konoha, di samping Orochimaru dan Tsunade. Jiraiya berperan melindungi Naruto dari organisasi rahasia Akatsuki dan mengajari jurus dari hokage keempat karena Naruto kerap diincar oleh Akatsuki yang menginginkan kekuatan dari Kyuubi.

Sekilas Jiraya tampak sebagai sosok yang aneh dengan sandal kayu serta ikat kepala kewarganegaraan 'Myobokuzan' (Desa Katak), namun sebenarnya ia cukup kuat. Jiraiya juga diketahui dijuluki Naruto sebagai Pertapa Genit, Sennin Mesum, atau Pertapa mata keranjang karena kebiasaannya mengintip wanita yang sedang mandi. Jiraiya beralasan bahwa dengan mengintip ia bisa mendapat inspirasi untuk menulis novel yang sangat disukai Kakashi.

Jiraiya menguasai Mode Sage dan Rasengan, ia adalah guru Minato dan murid Sarutobi Hiruzen, Hokage ketiga. Dalam ramalan Tetua Sennin Katak, Jiraiya akan membimbing dunia menuju perdamaian melalui salah satu muridnya, yang pertama ia percayai adalah Nagato yang memiliki Rinnegan. Namun pada akhirnya Jiraiya tewas dibunuh oleh Pain, yang salah satunya merupakan mayat mantan muridnya sendiri yang bernama Yahiko. Belakangan, Jiraiya mempercayakan perdamaian pada murid terakhirnya, yaitu Naruto.

Jurus andalan: Rasengan, Mode Sage

  • Orochimaru

Salah satu dari 3 ninja legenda selain Jiraiya dan Tsunade. Orochimaru dianggap paling jenius di antara 3 ninja legenda. Awalnya akan diangkat menjadi hokage ke-4 oleh hokage ke-3, Sarutobi, namun karena ia menggunakan ilmu gelap, Sarutobi mengangkat Minato Namikaze sebagai Hokage ke-4. Orochimaru menginginkan kekuatan dan kehidupan yang abadi, sehingga ia mengembangkan jurus Edo Tensei (perpindahan roh) untuk berpindah-pindah tubuh. Ia menginginkan tubuh Itachi yang mempunyai sharingan, namun kemampuannya masih jauh di bawah Itachi, sehingga ia mengincar Sasuke yang menurutnya berpotensi.

Jurus andalan: Edo Tensei

Nilai cerita[sunting | sunting sumber]

Kebanyakan nilai-nilai dalam cerita Naruto ditampilkan terlalu eksplisit melalui dialog ataupun tingkah laku tokoh-tokohnya. Naruto, pada awal cerita, merupakan seseorang yang terkucil dan tidak memiliki teman. Ia sering berbuat onar di kelasnya agar diperhatikan teman-temannya. Begitu juga dengan Kakashi, yang kehilangan semua temannya; Sasuke, yang seluruh anggota keluarganya dibunuh; Gaara, yang dibenci oleh semua orang di desanya bahkan oleh keluarganya sendiri; Iruka, yang orang tuanya terbunuh Kyuubi; Hinata, yang kekurangan kasih sayang dari keluarganya, dan masih banyak yang lain.

Nilai persaingan amat menonjol, diisi dengan persaingan antara Naruto dengan Sasuke, Kakashi dengan Guy dan Obito, Sakura dengan Ino, Jiraiya dengan Orochimaru, dan lain-lain.

Peristilahan[sunting | sunting sumber]

Berikut istilah-istilah yang sering digunakan dalam cerita ini:

Bijuu
Siluman yang berasal dari cakra yg berjumlah besar, berjumlah 9 ekor (Ichibi, Nibi, Sanbi, Yonbi, gobi,rokubi,nanabi, hachibi, dan Kyuubi). Dan menurut para penduduk yang desanya memiliki Bijuu, satu tebasan ekor mereka dapat menyebabkan Tsunami, Gempa, dan bencana besar lainnya.
Chakra
Tenaga yang mengalir dalam tubuh yang tersimpan setelah latihan keras dan bisa digunakan untuk berbagai macam hal, terutama untuk mengeluarkan jutsu.
Hokage
(ho = api) ninja pemimpin/terkuat di negara Api. Negara-negara lainnya memiliki kage-kage yang lain semacam Kazekage dll.
Jinchuuriki
Orang yang di tubuhnya tersegel bijuu.
Jutsu
Jurus, teknik, sesuatu yang digunakan oleh ninja sebagai serangan maupun pertahanan. Dibagi menjadi tiga, yaitu taijutsu, ninjutsu, dan genjutsu. Yang dimaksud dengan taijutsu adalah teknik dasar ninja berupa gerakan fisik seperti melompat, memukul, atau menendang. Ninjutsu adalah teknik ninja yang menggunakan chakra untuk mengeluarkan jutsu-jutsu dengan elemen tertentu. Sedangkan genjutsu adalah teknik ninja yang mampu membawa musuhnya ke dalam dunia ilusi. Sebenarnya masih ada satu jurus lagi yang disebut fuinjutsu atau jurus segel, contohnya segel yang ada pada tubuh sasuke yang bisa membuatnya lebih kuat meski hanya bisa sampai joutai 2 dan segel yang berada pada naruto tempat kyuubi berada.
Kuchiyose
Kuchiyose atau "hewan panggilan" (summon) adalah hewan yang dapat dipanggil untuk kemudian digunakan untuk menyerang sebagai senjata ninja. Contohnya adalah ketika Kakashi memanggil pasukan anjing (dog pack) untuk membantunya melawan Zabuza (versi anime: episode 6 hingga episode 12 dan versi manga dari jilid 3 hingga jilid 6), Jiraiya memangil keluarga katak Gamabunta (raja katak), Gamaken, dll. Orochimaru memanggil Manda (raja ular raksasa), Tsunade memanggil Katsuyu (Siput raksasa) dan Naruto memanggil katak yang merupakan anak dari Gamabunta yaitu Gamakichi (kadang-kadang datang bersama adiknya Gamatatsu yang akhirnya cuma mengganggu saja. Sasuke pun mempunyai Summon Elang. Summon juga dapat digabungkan atau berubah bentuk bila bersatu dengan pemanggilnya.
Kunoichi
Ninja perempuan. Seperti Sakura, Ino, Hinata, Tenten, Temari, Tayuya, Tsunade, Shizune, dan masih banyak lagi yang pokoknya ninja perempuan.
Shinobi
Sebutan lain untuk ninja.

Daftar Lagu Tema[sunting | sunting sumber]

Lagu Tema Pembuka[sunting | sunting sumber]

  1. "Rocks" oleh Hound Dog (eps 1-25)
  2. "Haruka Kanata (遥か彼方)" oleh Asian Kung-Fu Generation (eps 26-53)
  3. "Kanashimi wo Yasashisani (悲しみをやさしさに)" oleh Little by Little (eps 54-77)
  4. "GO!!!" oleh FLOW (eps 78-103)
  5. "Seishun Kyosokyoku (青春狂騒曲)" oleh Sambomaster (eps 104-128)
  6. "No Boy, No Cry (ノーボーイ・ノークライ)" oleh Stance Punks (eps 129-153)
  7. "Namikaze Satellite (波風サテライト)" oleh Snorkel (eps 154-178)
  8. "Re:member" oleh FLOW (eps 179-202)
  9. "YURA YURA" oleh Hearts Grow (eps 203-220)

Lagu Tema Penutup[sunting | sunting sumber]

  1. "Wind" oleh Akeboshi (eps 1-25)
  2. "Harmonia (ハルモニア)" oleh Rythem (eps 26-51)
  3. "Viva Rock ~Japanese Side~ (ビバ★ロック ~japanese side~)" oleh Orange Range (eps 52-64)
  4. "ALIVE" oleh Raiko (eps 65-77)
  5. "Ima made Nando mo (今まで何度も)" oleh The Mass Missile (eps 78-89)
  6. "Ryusei (流星)" oleh TiA (eps 90-103)
  7. "Mountain A Go Go Too (マウンテン・ア・ゴーゴー・ツー)" oleh Captain Stridum (eps 104-115)
  8. "Hajimete Kimi to Shabetta (はじめて君としゃべった)" oleh GaGaGa SP (eps 116-128)
  9. "Nakushita Kotoba (失くした言葉)" oleh No Regret Life (eps 129-141)
  10. "Speed (スピード)" oleh Analog Fish (eps 142-153)
  11. "Soba ni Iru Kara (そばにいるから)" oleh Amadori (eps 154-165)
  12. "Parade (パレード)" oleh CHABA (eps 166-178)
  13. "Yellow Moon" oleh Akeboshi (eps 179-191)
  14. "Pinocchio" oleh Ore Ska Band (eps 192-202)
  15. "Scenario" oleh SABOTEN (eps 203-220)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Nominees for the Graphic Novel category". Diakses 2006-08-27. 
  2. ^ "Japan's Favorite TV Anime". Diakses 2006-12-22. 
  3. ^ "SJ Runs Yu-Gi-Oh's End, Slam Dunk's Debut, Naruto's Origin". Anime News Network. May 11, 2007. Diakses November 18, 2007. 
  4. ^ Shonen Jump Special Collector Edition (Free Collector's Edition) (Viz Media) (00): 68. 2005. ISSN 1545-7818. 
  5. ^ Kishimoto, Masashi (2005). NARUTO―ナルト―[秘伝・闘の書]. Shueisha. hlm. 310–311. ISBN 4-08-873734-2. 
  6. ^ a b Kishimoto, Masashi (2007). Uzumaki: the Art of Naruto. Viz Media. hlm. 138. ISBN 1-4215-1407-9. 
  7. ^ Kishimoto, Masashi (2007). Uzumaki: the Art of Naruto. Viz Media. hlm. 141. ISBN 1-4215-1407-9. 
  8. ^ Kishimoto, Masashi (2007). Uzumaki: the Art of Naruto. Viz Media. hlm. 142. ISBN 1-4215-1407-9. 
  9. ^ Kishimoto, Masashi (2007). Uzumaki: the Art of Naruto. Viz Media. hlm. 112–114. ISBN 1-4215-1407-9. 
  10. ^ Kishimoto, Masashi (2007). Uzumaki: the Art of Naruto. Viz Media. hlm. 118. ISBN 1-4215-1407-9. 
  11. ^ Shonen Jump (Viz Media) 7 (11 #83): 16–17. November 2009. ISSN 1545-7818. 
  12. ^ Kishimoto, Masashi (2007). Uzumaki: the Art of Naruto. Viz Media. hlm. 145. ISBN 1-4215-1407-9. 
  13. ^ Shonen Jump (Viz Media) 3 (9): 8. September 2003. ISSN 1545-7818. 
  14. ^ Kishimoto, Masashi (2006). Naruto, Volume 10. Viz Media. hlm. 2. ISBN 1-4215-0240-2. 
  15. ^ "The Hokage Speaks". Shonen Jump (Viz Media) (42). June 2006. ISSN 1545-7818. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]