Minato Namikaze

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Karakter dalam seri Naruto
Minato Namikaze
波風ミナト
Minato Namikaze
Penampilan perdana
Manga Bab 1
Anime Naruto episode 1
Pengisi suara
Inggris Tony Oliver
Jepang Toshiyuki Morikawa
Miyu Irino (anak-anak)
Informasi karakter
Profil
Jenis kelamin Symbol mars.svg Laki-laki
Tinggi 179,2 cm (5.88 kaki)
Bijuu Kyubbi (Bagian Yin)
Klasifikasi  • Sage
 • Tipe Sensor
 • Jinchuuriki
Afiliasi  Konohagakure
Gunung Myouboku
Tim  • Tim Minato
 • Tim Jiraiya
Status Meninggal
Tingkatan
Tingkatan ninja Jounin
Hokage ke-4
Usia lulus akademi 10
Keluarga dan rekan
Pasangan hidup Kushina Uzumaki
Anak Naruto Uzumaki
Guru Jiraiya
Murid Kakashi Hatake, Obito Uchiha, dan Rin Nohara

Minato Namikaze (波風ミナト Namikaze Minato?) yang juga dikenal sebagai Hokage Keempat (四代目火影 Yondaime Hokage?) adalah tokoh fiktif dalam serial manga dan anime Naruto. Seorang ninja yang telah menyegel siluman rubah berekor sembilan ke dalam tubuh anaknya, Naruto Uzumaki. Setelah melakukan penyegelan dan meyakinkan penduduk agar tidak menganggap Naruto sebagai monster melainkan sebagai pahlawan, Minato meninggal akibat efek samping dari jurus tersebut.

Minato digambarkan sangat mirip dengan anaknya, dan mereka memiliki sejumlah persamaan. Minato adalah murid dari Jiraiya. Minato juga merupakan guru dari Kakashi Hatake, Obito Uchiha, dan Rin Nohara. Minato Namikaze memiliki seorang istri bernama Kushina Uzumaki. Nama lengkap Naruto mengikuti nama klan ibunya, yaitu Uzumaki.

Bakat dan jurus[sunting | sunting sumber]

Dikatakan bahwa Minato merupakan ninja terhebat yang dihasilkan Konoha, dengan bakat alami yang sangat jarang. Minato menciptakan dan mengembangkan beberapa teknik istimewa, termasuk Hiraishin no Jutsu (飛雷神の術?) yang bisa membuatnya tiba di lokasi manapun secara cepat, dengan menggunakan segel khusus, atau jutsu-shiki (術式?). Dengan menandai menggunakan segel khusus tersebut ke seseorang atau ke sebuah kunai yang telah ia letakkan di tempat tertentu, Minato dapat berpindah tempat ke lokasi segel khusus tersebut. Kemampuan ini membuatnya dijuluki sebagai "Konoha's Yellow Flash" (木ノ葉の黄色い閃光 Konoha no Kīiroi Senkōu?) atau Si Kilat Kuning dari Konoha karena kecepatannya bergerak dan rambut kuningnya, sehingga hampir tidak terlihat bahkan tanpa terlihat menggunakan jurus, hal ini ditunjukkan seperti refleks dan memang kecepatan aslinya.

Tidak diketahui jauh seberapa kuat Minato dalam pertarungan. Namun, selama Perang Besar Ninja yang Ketiga, perintah untuk segera kabur diberikan pada ninja musuh jika diketahui Minato muncul dalam pertarungan.

Minato merupakan pencipta Rasengan, sebuah teknik yang tidak memerlukan gamit tangan, tetapi menggunakan pusaran Chakra yang terkonsentrasi dalam tangan. Anaknya, Naruto juga menguasai jurus ini. Bahkan Naruto dapat mengembangkan jurus ini menjadi Rasenshuriken dengan menambahkan elemen miliknya, satu hal yang belum sempat dilakukan Minato karena kematiannya yang begitu cepat. Minato juga diketahui memiliki pengetahuan luas mengenai Jurus Segel atau fūinjutsu.

Minato Namikaze beserta para Hokage lainnya yang sudah mati dibangkitkan oleh Orochimaru. Tujuannya adalah agar Sasuke bisa menanyakan tentang masa lalu yang tidak diketahuinya. Di Bab 627 Sasuke sudah memutuskan jawabannya, bahwa dia akan membantu Konoha yang diikuti oleh Suigetsu, Juugo, Orochimaru, dan Karin.

Minato juga muncul dalam film the movie 6: Naruto Shippuden Road to Ninja. Diceritakan Minato dan Kushina yang masih hidup dan mempunyai anak bernama Menma, yang merupakan Naruto dalam cerita Road to Ninja.

Latar belakang

Ketika Minato di Akademi, teman sekelasnya dan masa mendatang menjadi istrinya, Uzumaki Kushina berpikir bahwa sikap Minato tidak tetap, tidak gagah dan tidak bisa diandalkan. Kushina menganggap Minato sama dengan orang lain yang merendahkan dan menertawakannya. Saat Kushina memperkenalkan diri di depan kelas, Kushina mengatakan bahwa ia memiliki impian menjadi Hokage perempuan pertama. Lalu Minato mengatakan bahwa ia juga memimpikan keberadaannya diakui oleh penduduk desa Konoha dengan menjadi Hokage, namun Kushina tidak menghiraukannya. Bertahun-tahun kemudian, ketika Kushina diculik oleh ninja Kumogakure, Minato adalah satu-satunya yang menyelamatkannya berdasarkan jejak yang Kushina tinggalkan berupa helaian rambut merahnya di sepanjang jalan. Setelah menyelamatkannya, Minato mengatakan bahwa ia selalu mengagumi rambut merah Kushina yang dianggap aneh oleh banyak orang, sehingga Minato adalah orang pertama yang memuji rambut tersebut. Dengan begitu, Kushina tidak lagi berpikir seperti anggapannya selama ini terhadap Minato, dan juga merasa bahwa Minato menolongnya dari kesendirian. Mulai saat itu Kushina jatuh cinta kepada Minato.

Menurut mereka yang mengenalnya secara pribadi, Minato adalah seorang anak ajaib yang sangat berbakat. Ia adalah ninja jenius yang langka. Ia lulus dari Akademi pada usia sepuluh tahun, dan ditambahkan ke tim Genin di bawah pengawasan Jiraiya. Jiraiya berminat melatih Minato dan menerima dia sebagai murid, jurus yang diajarkan Jiraiya antara lain mengajarkannya jurus pemanggilan hewan. Ia bahkan percaya Minato mungkin seorang anak dalam ramalan tetua katak yang suatu hari nanti akan menyelamatkan dunia. Namun, Minato memercayakan peran tersebut kepada anaknya, Naruto.

Konoha no Kiiroi Senkou

Minato ditempatkan untuk memimpin sebuah tim Genin yang terdiri dari Rin, Obito, dan Kakashi Hatake. Selama Perang Dunia Shinobi Ketiga, Minato memimpin timnya dalam sebuah misi ke Kusagakure untuk menghancurkan Jembatan Kannabi. Karena Kakashi baru saja menjadi seorang Jounin, Minato memberikan misi kepemimpinan kepada Kakashi sementara ia pergi untuk membantu pasukan Konoha di garis depan. Setelah bertemu dengan pasukan ninja Konoha yang selamat, Minato menggunakan jurus Hiraishin untuk membunuh para ninja Iwagakure. Dia kemudian kembali ke timnya tepat pada waktunya untuk menyelamatkan Kakashi dan Rin dari kelompok lain Pasukan Iwa, namun terlalu terlambat untuk menyelamatkan Obito. Ketika Kakashi dan Rin pulih dari cobaan itu, Minato membantu mereka menyelesaikan misi.

Pada suatu saat sebelum menjadi Hokage, ia berselisih dengan A beberapa kali. Pada pertemuan pertama mereka, Minato mengenal A sebagai anak Raikage ke-3. Minato dan A bertarung dengan gerakan cepat, dan A mengakui kecepatan Minato karena telah berhasil sebagai orang pertama yang dapat mengelak dari pukulan cepat A. Setelah menerima sinyal bahwa Konoha telah mundur, Minato mengatakan bahwa mungkin suatu saat nanti mereka akan saling berhadapan dengan gelar Kage.

Hokage Keempat

Pada suatu waktu selama pemerintahannya sebagai Hokage, ia membaca novel pertama Jiraiya. Dia menyukai tekad tokoh utama yang ia percaya seperti Jiraiya. Sejak Kushina mengandung putra mereka, Minato memberitahu Jiraiya bahwa mereka berencana untuk menamai anak mereka "Naruto" dengan harapan bahwa ia akan menjadi seperti karakter utama di dalam novel tersebut. Jiraiya mengingatkan mereka bahwa hal itu akan membuatnya seperti Kakek Naruto, tetapi mereka bersikeras bahwa ini adalah sesuatu yang baik.

Karena Kushina adalah Jinchuuriki dari Kyuubi no Youko, kesepakatan khusus harus dibuat untuk kelahiran Naruto. Segel Kyuubi terjaga di dalam tubuh Kushina, namun segel tersebut lemah selama proses persalinan. Kushina akan diam-diam dikirim ke daerah terpencil di luar Konoha. Anbu akan menjaga daerah tersebut dan Minato akan menjaga segel sementara Kushina memasuki persalinan. Belum sempat menguatkan kembali segel yang telah lemah setelah Naruto lahir, mereka ditemukan oleh Tobi yang telah membunuh Anbu yang ditempatkan di luar ruangan. Tobi membunuh Biwako Sarutobi dan Taji kemudian menyandera Naruto dan mengancam untuk melakukan hal yang sama padanya. Minato mampu mengambil Naruto kembali, tapi ini memberikan kesempatan Tobi untuk melarikan diri dengan Kushina. Minato teleport ke tempat aman untuk meletakkan Naruto dan kemudian teleport kembali ke Kushina. Ia tiba pada waktunya untuk melihat Kyuubi yang telah dilepas dari tubuh Kushina, lalu Tobi mencoba membunuh Kushina melalui Kyuubi yang telah dikendalikan dengan Sharingan. Untungnya, Minato berhasil menyelamatkannya dengan jurus Hiraishin, dan teleport kembali ke tempat Naruto. Minato mempertemukan kembali ibu dan putranya dan kemudian pergi untuk membantu mempertahankan Konoha dari Kyuubi.

Minato sampai pada awal serangan Kyuubi. Setelah melindungi desa dari Bijuudama, Minato mencoba untuk menemui Hokage Ketiga untuk memberitahukan kepadanya tentang apa yang telah terjadi, tapi dihentikan oleh Tobi. Minato berhasil melarikan diri dari jurus Jikukan Ido Tobi, namun diikuti oleh Tobi. Ketika keduanya mulai bertarung, Minato kesulitan untuk menyerang Tobi. Tubuh Tobi yang tembus sentuhan setiap kali ia sedang diserang. Saat mereka tanding kecepatan, Minato melempar kunai ke kepala Tobi yang kemudian tembus kembali, lalu Minato mengeluarkan Rasengan disertai teleport menggunakan jurus Hiraishin tingkat 2 ke kunai yang sedang melayang di atas tubuh Tobi sehingga tidak sempat diserang Tobi, berhasil menyerang dengan jurus Rasengan dan menandai tubuh Tobi dengan segel. Dengan segel tersebut, kemudian Minato teleport ke tubuh Tobi lalu menempatkan jurus segel kontrak pada tubuh Tobi untuk menghilangkan kendali Kyuubi, memaksa Tobi untuk mundur.

Ketika Minato kembali ke desa ia menemukan banyak reruntuhan. Dia memanggil Gamabunta untuk menimpa dan menekan tubuh Kyuubi cukup lama untuk teleport menjauh dari desa. Lalu secara serentak Naruto dan Kushina diteleport bersama Minato dan Kyuubi. Kushina yang menahan sakit dan sedang sekarat setelah melahirkan dan juga Kyuubi dilepas, dengan sukarela menyegel kembali Kyuubi ke tubuhnya sehingga akan mati bersamanya, tapi Minato tidak setuju dan malah memutuskan ia akan menggunakan Shiki Fuujin untuk menyegel setengah chakra Kyuubi ke tubuhnya dan kemudian menyegel sisanya ke tubuh Naruto. Kushina keberatan karena Minato akan mati dan meninggalkan Naruto sebagai yatim piatu. Minato bersikeras itu yang terbaik karena jika mematikan Kyuubi, maka menimbulkan ketidakseimbangan Bijuu. Lagipula, Minato ingin agar peran seorang ibu juga ada di dalam hidup Naruto, dengan menanamkan sedikit chakra Kushina ke segel Kyuubi, Kushina dapat bertemu saat Naruto mencoba mengendalikan chakra Kyuubi. Selain itu, Minato yakin bahwa Naruto adalah "Anak dalam Ramalan" yang Jiraiya dulu pernah ceritakan dan akan membutuhkan kekuatan Kyuubi untuk suatu hari nanti mengalahkan Tobi. Setelah menggunakan Shiki Fuujin untuk menyegel chakra Yin Kyuubi, Kyuubi menyadari niat mereka dan mencoba untuk membunuh Naruto. Kemudian Minato dan Kushina menggunakan tubuh mereka untuk melindunginya.

Minato memanggil Gerotora dan memberinya kunci dari segel Kyuubi yang akan disematkan ke perut Naruto, dan menyuruhnya mengirimkan kepada Jiraiya. Setelah Kushina memberitahu Naruto, betapa mereka mencintainya, dan menyelesaikan semua ucapannya dan kemudian Minato menyegel Kyuubi dan sedikit chakra mereka ke tubuh Naruto, sehingga mereka akan bisa melihatnya lagi ketika Naruto terdesak oleh Kyuubi, walaupun hanya sementara waktu.

Kepribadian

Jiraiya dan Tsunade bercerita bahwa Naruto memiliki kemiripan fisik dengan Minato, dan kepribadiannya identik dengan ibunya. Minato tampak tenang, supel dan sangat perseptif. Dia tampak menghormati orang-orang di sekelilingnya. Dia sangat peduli dan mencintai istri dan anaknya, dibuktikan dengan reaksi gugup karena rasa sakit Kushina selama persalinan dan bahkan menangis untuk menumpahkan sukacita pada saat kelahiran putranya. Dia juga senang membaca dan suka membaca karya Jiraiya.

Jiraiya mengatakan bahwa Minato adalah orang yang cerdas, dan bukan pria yang akan melakukan sesuatu tanpa alasan. Dia berpengetahuan luas tentang dunia ninja dan seorang ninja yang dapat diandalkan. Di masa mudanya, Minato juga memiliki keinginan untuk diakui oleh semua orang di desa dengan menjadi Hokage yang hebat, suatu kepribadian yang diturunkan kepada anaknya. Pengabdiannya kepada desa dan cintanya kepada teman-temannya yang merangkul semua orang di sekelilingnya, sehingga ia menjadi sangat disukai oleh penduduk desa. Minato memahami bahwa Naruto merasa terluka dengan kenyataan bahwa ayahnya sendiri telah menyegel seekor monster dalam dirinya.

Penampilan Minato cukup jangkung, dengan kulit yang lebih cerah dibandingkan dengan Naruto dalam hal penampilan fisik; keduanya memiliki mata biru terang dan rambut pirang runcing. Tidak seperti Naruto, Minato memiliki poni panjang sedagu membingkai kedua sisi wajahnya. Menurut Jiraiya, Minato terbilang sangat tampan, karena banyak perempuan yang tergila-gila padanya. Pakaiannya normal terdiri dari seragam standar Konoha-nin dengan dua band masing-masing di kedua lengan bajunya, jaket antipeluru dan pelindung dahi, setelah menjadi Hokage ia mulai mengenakan mantel pendek putih lengan panjang di atas pakaian normalnya dihiasi oleh motif seperti api pada tepi dengan kanji "Hokage Keempat" (Yondaime Hokage) yang ditulis secara vertikal di bagian belakang dan tertutup di bagian depan dengan tali oranye tipis. Di masa mudanya, ia mengenakan pakaian olahraga dengan tiga garis-garis di lengan, kaos mesh, celana panjang berwarna gelap dan sandal betis hitam panjang.

Kemampuan

Menurut Jiraiya, Minato adalah salah satu ninja paling berbakat yang pernah ada. Anko Mitarashi dalam percakapannya dengan Hokage Ketiga menyatakan kekuatan luar biasa Orochimaru sebagai ancaman untuk desa. Hokage ke-3 berharap Hokage Keempat masih hidup untuk menghadapi Orochimaru. Selama Perang Besar Shinobi Ketiga, terlihat ninja musuh yang melarikan diri ketika berjumpa dengan Minato. Minato juga mampu mengatasi serangan Kyuubi yang dilepas oleh Tobi dari Kushina. Setelah pertempuran dengan Tobi, Tobi memuji kecepatan Minato yang sesuai dengan julukannya. Kemampuannya begitu jauh melampaui yang lain, bahkan A berpikir bahwa tidak seorang pun akan mampu mengungguli kecepatan Minato. Minato begitu luar biasa bahkan pada usia muda, ia mampu menyelamatkan Kushina sendirian dari tiga ninja Kumogakure.

Seperti Tobirama Senju, Minato juga bisa mendeteksi keberadaan orang dalam suatu area hanya dengan menempatkan jarinya di tanah. Gaya bertarung Minato sering tanpa gamit tangan sehingga tidak memberi kesempatan lawan untuk menyerang. Ia mengandalkan dua jurus dalam pertarungan, yaitu jurus Hiraishin dan Rasengan.

Taijutsu

Salah satu ciri khas Minato adalah kecepatan luar biasa dan gerakan refleks. Sebagai bukti kecepatannya, kecepatan A tidak sebanding dengan Minato bahkan ketika ia menggunakan Raiton no Yoroi, dan A mengakui bahwa Minato lebih cepat daripada dirinya. Bahkan tanpa menggunakan jurus Hiraishin, Minato cukup cepat untuk menangkap bayi Naruto jatuh untuk mencegah dia dari tikaman Tobi. Dia juga bisa merespon Jikuukan Ido milik Tobi dengan cukup cepat untuk melarikan diri.

Dia seringkali disebut di seluruh seri sebagai shinobi tercepat, shinobi yang masih hidup seringkali dibandingkan dengan dirinya, seperti A dengan Raiton no Yoroi-nya atau Naruto dalam Mode Chakra Kyuubi. Ketika pertempuran, Minato sering memakai kunai unik, ia mengayunkannya dengan mahir dan memanfaatkan bentuk khusus kunai tersebut yang membuatnya lebih sesuai untuk pertempuran jarak dekat. Dengan menggunakan kunai ini, ia mampu memotong bagian dari tentakel Hachibi ketika B bergerak untuk menyelamatkan A dari serangan balik Minato meskipun tidak terlalu berpengaruh.

Trivia[sunting | sunting sumber]

  • Minato berarti "Pelabuhan", dan" Namikaze berarti "Gelombang dan angin".
  • Siluet Minato bisa dilihat samar-samar di latar belakang Opening pembukaan Naruto Shippuuden ketiga. Minato tampak berdiri di belakang Naruto dan Sora dan di bawah Kyuubi, mengacu pada penyerangan terhadap Konoha yang mengikat keempat karakter.
  • Menurut Databook Ketiga:
    • Hobi Minato adalah membaca, novel karya Jiraiya adalah favoritnya.
    • Minato ingin melawan Jiraiya.
    • Makanan kesukaan Minato adalah masakan buatan Kushina.
    • Minato menyelesaikan 847 misi resmi dengan total: 122 D-rank, 147 C-rank, 216 B-rank, 323 A-rank, 39 S-rank.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Hiruzen Sarutobi
Hokage Keempat
Jabatan kosong setelah serangan Kyuubi
Diteruskan oleh:
Hiruzen Sarutobi