Tobirama Senju

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Karakter dalam seri Naruto
Tobirama Senju
千手扉間
Tobirama Senju
Penampilan perdana
Manga Bab 118
Anime Naruto episode 69
Tampil di Anime, manga, OVA, dan permainan
Pengisi suara
Inggris Peter Lurie
Jepang Ken'yū Horiuchi
Informasi karakter
Profil
Jenis kelamin Symbol mars.svg Laki-laki
Tinggi 182,3 cm (5.98 kaki)
Klasifikasi  • Sensor
Afiliasi  •  Konohagakure
Tim Tim Tobirama
Klan Symbole du clan senju.svg Senju
Status meninggal
Tingkatan
Tingkatan ninja Hokage ke-2
No. registrasi ninja 2
Keluarga dan rekan
Ayah Butsuma Senju
Kakak Hashirama Senju dan Itama Senju
Adik Kawarama Senju
Murid Homura Mitokado, Hiruzen Sarutobi, dan Koharu Utatane

Tobirama Senju (千手扉間 Senju Tobirama?) yang bergelar sebagai Hokage Kedua (二代目火影 Nidaime Hokage?) adalah tokoh fiktif dalam serial manga dan anime Naruto. Tobirama merupakan adik Hashirama Senju (Hokage Pertama), dan anggota klan Senju. Ia bergelar Hokage, gelar bagi ninja terkuat di Konohagakure, sebuah desa fiktif kediaman para ninja. Tobirama dan kakaknya merupakan guru bagi Hiruzen Sarutobi, Hokage Ketiga.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Diceritakan bahwa pada zaman peperangan, klan Senju sering bertikai dengan klan Uchiha. Karena merasa pertikaian tersebut tidak akan berujung, Hashirama, pemimpin klan Senju, mengajukan perdamaian kepada klan Uchiha. Perdamaian itu enggan diterima oleh Madara Uchiha, pemimpin klan Uchiha. Namun karena melihat Hashirama yang rela berkorban untuk menunjukkan kesungguhan dan ketulusannya dalam berdamai, akhirnya Madara setuju untuk berdamai dengan klan Senju. Kemudian klan Senju dan Uchiha mendirikan desa Konohagakure, lalu pemimpin desa tersebut diberi gelar Hokage. Untuk yang pertama kali, gelar tersebut diberikan kepada Hashirama, kakak Tobirama. Sebelumnya, Hashirama mengajukan Madara sebagai Hokage pertama, namun ditolak oleh penasihat sekaligus adik Hashirama, Tobirama. Hal itu membuat Madara pesimis dengan dunia nyata, dan membangkitkan rasa benci yang lebih besar dari sebelumnya. Hingga akhirnya ia pergi dari Konoha untuk menjalankan rencana rahasia besarnya, yaitu menggunakan jurus Tsukuyomi tidak terbatas.

Tobirama melatih tiga orang yang dipilihnya sendiri, disebut Tim Tobirama yang anggotanya adalah Hiruzen Sarutobi (Hokage Ketiga), Homura Mitokado dan Koharu Utatane (dua orang tersebut menjadi penasihat di Konoha).

Setelah menjadi Hokage, Tobirama memberi posisi istimewa kepada klan Uchiha sebagai tanda kepercayaannya kepada klan tersebut. Ia memberi hak kepemimpinan atas Polisi Militer Konoha kepada klan tersebut. Namun menurut Madara Uchiha, hal tersebut hanya kedok semata, dan tujuan sebenarnya hanya untuk menjauhkan klan Uchiha dari pemerintahan Konoha, dan menempatkan klan tersebut di bawah pengawasan ketat pasukan Anbu. Namun, setelah kejadian pembantaian klan Uchiha pada masa pemerintahan Hokage ke-3, Polisi Militer direkrut dari ninja umum.

Kemampuan[sunting | sunting sumber]

Kemampuannya sebagai ninja tidak dapat diragukan lagi. Jurus-jurus yang ia ciptakan banyak digunakan oleh ninja-ninja Konoha. Jurus seribu bayangan yang tidak asing lagi digunakan oleh Naruto adalah salah satu jurus buatannya, namun Naruto tidak mengetahui siapa pembuatnya. Kemudian jurus terlarang Edo Tensei yang disalahgunakan banyak ninja juga buatannya. Jurus Hiraishin juga tidak lepas dari campur tangannya, namun kelebihan dan kekurangan jurus Hiraishin Tobirama jika dibandingkan dengan jurus Hiraishin Minato terletak pada cara penggunaannya.

Didahului oleh:
Hashirama Senju
Hokage Kedua Diteruskan oleh:
Hiruzen Sarutobi