Naruto, Tokushima

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Naruto
鳴門市
Lokasi
Negara Jepang
Wilayah Shikoku, Chugoku
Prefektur Prefektur Tokushima
Geografi
Luas 135,45 km²
Populasi (data 1 Oktober 2006)
     Penduduk 62.897
Lambang
Pohon Ilex integra
Bunga Hibiscus hamabo
Pemerintah kota Naruto
Situs resmi: Kota Naruto
Jembatan Ohnaruto yang melintasi Selat Naruto.

Kota Naruto (鳴門市 Naruto-shi?) adalah sebuah kota di Jepang yang terletak di ujung timur laut Prefektur Tokushima. Kota ini berada di sebelah barat Selat Naruto, tepatnya di ujung timur Pulau Shikoku. Wilayah kota juga mencakup tiga buah pulau, yaitu Ohgejima, Takashima, dan Shimada.

Di seberang Selat Naruto terdapat Pulau Awaji. Jembatan Ohnaruto yang membentang di atas Selat Naruto menghubungkan Kota Naruto dengan Kota Minami Awaji di Pulau Awaji. Di perairan laut Selat Naruto terdapat objek wisata Pusaran Air Naruto.

Kota Naruto merupakan pintu gerbang ke Pulau Shikoku. Jalan bebas hambatan Kobe-Awaji-Naruto yang melewati Pulau Awaji menghubungkan Kota Naruto dengan Kota Kobe serta kota-kota lain di wilayah Kansai.

Pariwisata[sunting | sunting sumber]

Kota Naruto merupakan kota pariwisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Di dekat Jembatan Ohnaruto terdapat Taman Naruto dengan pemandangan ke Selat Naruto dan sebagian Laut Pedalaman Seto.

Di kota ini terdapat bekas kamp penampungan orang Jerman yang dijadikan tawanan perang sewaktu Perang Dunia I. Di kamp penampungan ini, Simfoni No. 9 karya Ludwig van Beethoven dimainkan untuk yang pertama kalinya di Jepang.

Di Distrik Ōsachi terdapat Kuil Reisan-ji yang merupakan tempat yang pertama kali harus dikunjungi sewaktu melakukan wisata ziarah Shikoku. Sepanjang tahun di Kota Naruto bisa dilihat sosok orang berpakaian serbaputih yang sedang berziarah.

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Selain pariwisata, sektor andalan Kota Naruto adalah industri garam dan perikanan. Ubi jalar Naruto kintoki dan rumput laut merupakan produk pertanian asal kota Naruto yang terkenal di seantero Jepang.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]