Kekkei genkai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Kekkai genkai (Inggris: Blood Limit) adalah sebuah istilah dari serial anime dan manga Naruto. Kekkei Genkai merupakan sebuah kemampuan genetik yang diwariskan pada seseorang yang berada pada satu garis keturunan. Sebagai contoh Kekkei Genkai adalah Sharingan milik Sasuke Uchiha dan Itachi Uchiha, yang hanya dapat dimiliki oleh seseorang keturunan klan Uchiha. Atau Byakugan yang dimiliki oleh Neji Hyuga dan Hinata Hyuga yang hanya dimiliki oleh seseorang keturunan klan Hyuga. Kekkei Genkai yang lain dimiliki oleh Haku (kemampuan memanipulasi es) dan Kimimaro (kemampuan memanipulasi tulang dalam tubuhnya).

Klan Nara[sunting | sunting sumber]

Klan Nara memiliki kemampuan khusus dengan jurus-jurus bayangan, antara lain Kagemane no Jutsu, Kagenui,Kagekubishibari no Jutsu, dan Kageyose no Jutsu. Anggota klan Nara mampu menggunakan bayangannya asal berada dibawah sinar matahari ataupun bulan, jurus bayangan mereka ( Kagemane no Jutsu, Kagenui,Kagekubishibari no Jutsu, dan Kageyose no Jutsu), punya batas waktu penggunaan tergantung jumlah cakra pengguna jurus. Klan ini memiliki hubungan erat dengan 2 klan lain Konoha, yaitu Klan Yamanaka dan Klan Akimichi, 3 klan ini disebut Trio Ino-Shika-Cho (babi-rusa-kupu-kupu). di Konoha sendiri, klan Nara adalah satu-satunya klan yang diperbolehkan memasuki Hutan Rusa.

Klan Yamanaka[sunting | sunting sumber]

Klan Yamanaka dapat memindahkan pikiran ataupun jiwa dari satu tubuh ke tubuh lainnya secara sementara, contohnya Shintenshin no Jutsu(Jurus penukar raga) dan Shinranshin no Jutsu(Jurus pengendali hati). klan yamanaka juga merupakan pengusaha toko bunga. Partner Klan ini adalah Klan Akimichi dan Klan Nara. Jurus Shintenshin dan shinranshin adalah jurus yang andalan yang sering dikombinasikan dengan jurus kagemane klan Nara dan jurus Baika Klan Akimichi.

Klan Akimichi[sunting | sunting sumber]

Klan Akimichi memiliki jurus untuk memperbesar anggota tubuh (Bubun Baika no Jutsu) dan jurus untuk mengubah badan menjadi bentuk bola yang dapat menyerang (Nikudan Sensha). Juga ada pil Akimichi yang jumlahnya tiga buah. Yang berwarna hijau meningkatkan kekuatan penggunanya, yang berwarna kuning meningkatkan chakra, dan yang merah mengubah lemak menjadi chakra.

Klan Aburame[sunting | sunting sumber]

Klan Aburame adalah klan pengendali serangga yang mempersembahkan bayi-bayi Aburame untuk para serangga sebagai sarang. Sebagai gantinya, para serangga akan menjaga metabolisme chakra dan menyimpan chakra dalam tubuh shinobi-shinobi Aburame. Tubuh anggota klan ini sejak lahir dijadikan sarang serangga yang menjadi alat tempur utama klan ini. Klan ini adalah klan dengan tipe serangan jarak jauh dan mencakup daerah yang luas. Jurus klan ini antara lain Mushi Dama (bola serangga).

Klan Hyuga[sunting | sunting sumber]

Klan Hyuga, selain memiliki mata Byakugan, juga memiliki jutsu-jutsu khusus. Antara lain Jyuuken yang dapat menghentikan aliran chakra, Hakke Shou Kaiten(putaran angin), Hakke Hasangeki(penghancur delapan gunung), dan Jyuukenhou Hakke Rokujyuu Yonshou( 64 pukulan suci)dan Hakke Hyakunijuu Hachisou(128 pukulan).jurus-jurus klan hyuga memang hebat.itu sudah di akui oleh hokage ke 3 klan Hyuga merupakan klan pertama yang menempati daerah negara api,ciri khas clan ini adalah mata mereka yang seperti buta dan rambut panjang yang lurus. Asal mula klan ini adalah siluman wanita dalam hutan negara api, yang saking panjang rambutnya sampai terbelit di antara cabang pohon, siluman ini akhirnya dibebaskan seorang pendeta dan menjadi istri pendeta tersebut, dari siluman inilah klan hyuga memeiliki kekkai genkai Byakugan.

Klan Uchiha[sunting | sunting sumber]

Klan Uchiha memiliki mata Sharingan,Mangekyou Sharingan ,dan Goukakyuu no Jutsu. Mangekyou Sharingan bisa didapat dengan membunuh teman dekat/keluarga.Dan Goukakyuu no Jutsu adalah jurus khas Klan Uchiha. Klan ini adalah salah satu klan yang membangun konoha dan klan yang merupakan spesialis jutsu api. Jurus api tertinggi klan ini adalah Amaterasu. Klan ini merupakan klan terkuat di Konoha.

Klan Inuzuka[sunting | sunting sumber]

Setiap anggota Klan Inuzuka selalu menggunakan anjing dalam pertempuran. Anjing-Anjing ini disebut ninken. Ninken juga termasuk hewan panggilan(summoning technique). Contohnya milik Kakashi. Juga, setiap klan ini memiliki tanda seperti taring di sebelah mulutnya. Jurus khas klan ini adalah Gatsuuga.

Klan Kaguya[sunting | sunting sumber]

Klan ini dapat memanipulasi tulang di dalam tubuhnya yang disebut Shikotsumyaku. Juga, anggota klan ini memiliki tanda titik dua yang horizontal dan menggunakan tulang sebagai senjata. Klan ini sangat buas, sehingga klan ini pernah menyerang Kirigakure, namun gagal. Saat dikepung oleh pasukan Kirigakure, mereka menolak mundur dan saling bunuh untuk bersenang-senang. Akhirnya, hanya satu orang yang bertahan, yaitu Kimimaro, yang menjadikannya anggota terakhir klan ini. Saat Sasuke akan pergi ke Orochimaru, Kimimaro membantu Sound four dalam membawa sasuke, namun dihalangi oleh Naruto dan Rock Lee. Saat Lee terdesak, Gaara datang membantu melawan Kimimaro. Akhirnya, Kimimaro mati karena penyakit yang dideritanya.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Sharingan[sunting | sunting sumber]

Mangekyou Sharingan[sunting | sunting sumber]

Eternal Mangekyō Sharingan[sunting | sunting sumber]

Byakugan[sunting | sunting sumber]

Rinnegan[sunting | sunting sumber]