Kekkei genkai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Kekkai genkai (血継限界?) (Inggris: Blood Limit) adalah sebuah istilah dari serial anime dan manga Naruto. Kekkei Genkai merupakan sebuah kemampuan genetik yang diwariskan pada seseorang yang berada pada satu garis keturunan. Sebagai contoh Kekkei Genkai adalah Sharingan milik Sasuke Uchiha dan Itachi Uchiha, yang hanya dapat dimiliki oleh seseorang keturunan klan Uchiha. Atau Byakugan yang dimiliki oleh Neji Hyuga dan Hinata Hyuga yang hanya dimiliki oleh seseorang keturunan klan Hyuga. Kekkei Genkai yang lain dimiliki oleh Haku (kemampuan memanipulasi es) dan Kimimaro (kemampuan memanipulasi tulang dalam tubuhnya).

Klan Hyuga[sunting | sunting sumber]

Kekkei genkai utama Klan Hyuuga adalah Byakugan (白眼 Mata putih?) yang berasal dari ibu Hagoromo Outsutsuki/Petapa Rikudo (大筒木ハゴロモ, Ōtsutsuki Hagoromo?), yaitu Kaguya Outsutsuki (大筒木カグヤ, Ōtsutsuki Kaguya?). Selain itu, klan ini memiliki jutsu-jutsu khusus, seperti Jyuuken yang dapat menghentikan aliran chakra, Hakkeshou Kaiten (八卦掌回天?), dan lain-lain. Byakugan adalah satu dari tiga doujutsu terhebat, selain Sharingan dan Rinnegan. Selain itu, Ao, seorang pengawal Mizukage kelima, memiliki kekkei genkai Byakugan dari seorang Hyuuga.

Klan Uchiha[sunting | sunting sumber]

Klan Uchiha memiliki mata Sharingan (写輪眼 Mata roda peniru?) dan Mangekyou Sharingan (万華鏡写輪眼 Mata kaleidoskop roda peniru?). Mangekyou Sharingan dapat dibangkitkan melalui kebencian yang besar di dalam hati pengguna Sharingan. Klan ini adalah salah satu klan yang membangun Konoha dan klan yang spesialis jurus api. Klan ini merupakan salah satu klan terkuat di Konoha sebelum Itachi dan Tobi membantai seluruh anggota klan ini kecuali Sasuke Uchiha. Sharingan dapat meniru jurus musuh, seperti yang dilakukan Kakashi. Mata Mangekyou Sharingan dari pengguna klan Uchiha dapat melakukan banyak jurus yang khas melalui mata tersebut sesuai kemampuannya, sedangkan mata Mangekyou Sharingan yang bukan dari pengguna asli tidak dapat melakukan banyak jurus melalui mata tersebut dan lama menggunakannya bersifat terbatas.

Rinnegan[sunting | sunting sumber]

Rinnegan (輪廻眼 Mata Samsara?) dimiliki oleh Hagoromo Outsutsuki, pencipta dunia shinobi. Rinnegan adalah salah satu dari 3 doujutsu terkuat, selain Byakugan dan Sharingan. Pengguna Rinnegan dapat melakukan beberapa jutsu, antara lain Chibaku Tensei (地爆天星?), Shinra Tensei (神羅天征?) dan lain-lain. Madara dapat membangkitkan Rinnegan karena Madara memasukkan sel-sel Hashirama ke dirinya, namun baru bangkit saat dirinya sudah tua, sehingga menempatkan matanya pada Nagato/Pain saat dia kecil tanpa disadarinya.

Klan Inuzuka[sunting | sunting sumber]

Setiap anggota Klan Inuzuka selalu menggunakan anjing dalam pertempuran. Anjing-Anjing ini disebut ninken. Ninken juga termasuk hewan panggilan(summoning technique). Contohnya milik Kakashi. Juga, setiap klan ini memiliki tanda seperti taring di sebelah mulutnya. Jurus khas klan ini adalah Gatsuuga.

Klan Kaguya[sunting | sunting sumber]

Klan ini dapat memanipulasi tulang di dalam tubuhnya yang disebut Shikotsumyaku (屍骨脈?). Klan ini menggunakan tulang sebagai senjata. Klan ini sangat buas, sehingga klan ini pernah menyerang Kirigakure, namun gagal. Saat dikepung oleh pasukan Kirigakure, mereka menolak mundur dan saling bunuh untuk bersenang-senang. Akhirnya, hanya satu orang yang bertahan, yaitu Kimimaro, yang menjadikannya anggota terakhir klan ini. Kimimaro dipungut oleh Orochimaru dan menjadi salah satu pengawalnya.

Klan Yuki[sunting | sunting sumber]

Klan ini dapat memanipulasi elemen es (氷遁, Hyōton?). Anggota klan ini adalah Haku dan ibunya.

Elemen Kayu[sunting | sunting sumber]

Elemen kayu (木遁, Mokuton?) dibuat dari elemen tanah dan air berbasis chakra. Elemen kayu adalah elemen yang mampu membentuk sel-sel mahkluk hidup. Pengguna elemen ini adalah Hashirama Senju. Madara Uchiha, Danzou Shimura, dan Yamato mampu menggunakan elemen ini karena mengambil sel-sel Hashirama. Zetsu juga dibuat dari sel-sel Hashirama.

Elemen Lava[sunting | sunting sumber]

Elemen lava (熔遁; 溶遁, Yōton?) dibuat dari elemen api dan tanah berbasis chakra. Pengguna elemen ini Mei Terumi, Son Goku dan Roushi.

Elemen Badai[sunting | sunting sumber]

Elemen badai (嵐遁, Ranton?) dibuat dari elemen air dan petir berbasis chakra. Pengguna elemen ini adalah Darui (salah satu pengawal Raikage). Pada film Naruto Shippuden the Movie: The Will of Fire, Hiruko mencuri kekkei genkai ini dari seorang shinobi misterius.

Elemen ledakan[sunting | sunting sumber]

Elemen ledakan (爆遁, Bakuton?) dimiliki oleh Deidara dan Gari, seorang shinobi dari Iwagakure


Elemen Debu[sunting | sunting sumber]

Elemen debu (塵遁 Jinton?) dibuat dari elemen api, angin, dan tanah, menjadikannya satu-satunya contoh perkembangan kekkei genkai, yaitu kekkei touta (血継淘汰?). Kekkei genkai ini dimiliki oleh Muu dan Oonoki, Tsuchikage Kedua dan Ketiga. Elemen ini memungkinkan penggunanya memanipulasi molekul, sehingga dapat mengubah sesuatu menjadi debu.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Sharingan[sunting | sunting sumber]

Mangekyou Sharingan[sunting | sunting sumber]

Eternal Mangekyō Sharingan[sunting | sunting sumber]

Byakugan[sunting | sunting sumber]

Rinnegan[sunting | sunting sumber]