Kawasan Konservasi Perairan Daerah Kabupaten Morowali

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kawasan Konservasi Perairan Daerah Kabupaten Morowali (KKPD Kabupaten Morowali) adalah salah satu kawasan konservasi perairan daerah yang ada di Sulawesi Tengah, Indonesia. Dalam pembagian administratif Indonesia, KKPD Kabupaten Morowali berada di wilayah administratif Kabupaten Morowali. Dasar hukum penetapannya adalah Surat Keputusan Bupati Morowali Nomor 188.45/SK.0283/DKP/2013. Luas kawasan KKPD Kabupaten Morowali adalah 41.342 Hektare.[1] Wilayah KKPD Kabupaten Morowali terbagi menjadi dua yaitu Kawasan Konservasi Rajagunung dan Kawasan Konservasi Sombori. Kawasan Konservasi Rajagunung berada di Kecamatan Bungku Selatan yang meliputi Desa Bungingtende, Sainoa, Boelimau, Panimbawang, dan Umbele Lama. Sedangkan Kawasan Konservasi Sombori berada di Kecamatan Menui Kepulauan yang meliputi wilayah Desa Matarape, Dongkalang, Mbokitta, Matano dan Padei Laut. Lokawisata di dalam KKPD Kabupaten Morowali antara lain cagar alam, danau, pemandian umum, air terjun, taman laut, pesisir pantai dan teluk serta tanjung. Cagar alam berada di Bungku Utara, sedangkan taman laut berada di Bungku Selatan. Danau, pemandian umum. pulau dan teluk berada di Petasia. Pemandian air panas juga ada di Lembo dan Mori Atas. Air terjun ada di Bungku Barat dan Bungku Tengah. Pulau juga berada du Bungku Selatan dan Menui Kepulauan. Sedangkan pantai di Bungku Utara dan Bungku Barat dan tanjung di Bungku Selatan.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Data Kawasan Konservasi Kawasan Konservasi Perairan Daerah Kabupaten Morowali". kkji.kp3k.kkp.go.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-07-17. Diakses tanggal 17 Juli 2021. 
  2. ^ Dermawan, dkk. (2014). Status Pengelolaan Efektif Kawasan Konservasi Perairan, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil di Indonesia: Profil 113 Kawasan Konservasi Perairan, Pesisir dan Pulau-pulau Kecil. Jakarta: Direktorat Konservasi Kawasan dan Jenis Ikan. hlm. 435. ISBN 978-602-7913-22-6. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-07-13. Diakses tanggal 2021-07-17.