Issy-les-Moulineaux

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Issy-les-Moulineaux
NegaraPrancis
ArondisemenBoulogne-Billancourt
AntarkomuneCommunauté
d'agglomération
Arc de Seine

Issy-les-Moulineaux merupakan sebuah komune di pinggiran baratdaya Paris, Prancis. Terletak 6.6 km (4.1 mil) dari pusat kota Paris. Tanggal 1 Januari 2003, Issy-les-Moulineaux menjadi bagian dari Communauté d'agglomération Arc de Seine bersama dengan komune Chaville, Meudon, Vanves dan Ville-d'Avray. Merupakan salah satu kotamadya terpadat di Eropa.

Issy-les-Moulineaux telah berhasil memindahkan ekonominya dari produksi lama menjadi sektor jasa bernilai tinggi dan sekarang terletak di jantung distrik bisnis Val de Seine, kumpulan bisnis telekomunikasi dan media terbesar di Prancis yang memiliki kantor pusat sejumlah jaringan TV besar Prancis. Hari ini, meskipun populasinya meningkat pesat, Issy-les-Moulineaux memiliki lowongan kerja lebih banyak dari jumlah penduduknya.

Nama[sunting | sunting sumber]

Sebenarnya, Issy-les-Moulineaux hanya bernama Issy. Nama issy berasal dari Latin Pertengahan Issiacum atau Isciacum, mungkin artinya "kediaman Isicius (atau Iccius)", seorang tuan tanah Galia-Romawi, meskipun beberapa orang mengira namanya berasal dari Celtic yang berarti "di bawah hutan".

Tahun 1893 Issy secara resmi menjadi Issy-les-Moulineaux. Les Moulineaux adalah nama sebuah desa di teritori komune, dinamai Les Moulineaux karena banyak kincir angin () yang berdiri di sana sebelumnya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tanggal 1 Januari 1860, kota Paris diperluas dengan menganeksasi komune sekitarnya. Karena itu, sekitar sepertiga komune Issy-les-Moulineaux dianeksasi ke Paris, dan sekarang membentuk wilayah Javel, di arondisemen ke-15 Paris.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Imigrasi[sunting | sunting sumber]

Tempat lahir penduduk Issy-les-Moulineaux tahun 1999
Lahir di Prancis Metropolitan Lahir di luar Prancis Metropolitan
82.5% 17.5%
Lahir di
Prancis Seberang Laut
Lahir di luar negeri dengan kewarganegaraan Prancis ketika lahir1 Imigran EU-152 Imigran Non-EU-15
1.3% 3.6% 3.7% 8.9%
1 Kelompok ini terdiri atas pieds-noirs dari Afrika Baratlaut, diikuti dengan bekas warga negara kolonial yang memiliki kewarganegaraan Prancis ketika lahir (seperti kaum elit asli di koloni Prancis), dan anak ekspatriat Prancis yang lahir di luar negeri. Negara lain dimengerti sebagai negara yang bukan merupakan bagian dari Prancis pada tahun 1999, sehingga seseorang yang lahir, contohnya tahun 1950 di Aljazair, ketika Aljazair merupakan bagian integral dari negara Prancis, maka akan tercatat sebagai seseorang yang lahir di luar negeri dalam data statistik Prancis.

2 Imigran adalah seseorang yang lahir di luar negeri tanpa kewarganegaraan Prancis ketika lahir. Seorang imigran bisa mendapatkan kewarganegaraan Prancis sejak pindah ke Prancis, tetapi masih dianggap sebagai imigran dalam data statistik Prancis. Selain itu, penduduk yang lahir di Prancis dengan kewarganegaraan luar negeri (anak imigran) tidak tercatat sebagai imigran.

Administrasi[sunting | sunting sumber]

Issy terbagi menjadi dua kanton (distrik):

  • Issy-les-Moulineaux Est, bagian dari komune; pop: 25.399
  • Issy-les-Moulineaux Ouest, bagian dari komune dan bagian dari Meudon; pop: 34.120

Wali kota Issy-les-Moulineaux:

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Penyiar berita France 24 berpusat di Issy-les-Moulineaux.

Angkutan[sunting | sunting sumber]

Issy-les-Moulineaux dilayani oleh dua stasiun pada Métro de Paris Jalur 12: Corentin Celton dan Mairie d'Issy.

Juga dilayani dua stasiun RER jalur C Paris: .

Terdapat sebuah proyek pembangunan kereta kabel. [1] Diarsipkan 2007-10-05 di Wayback Machine.

Kota kembar[sunting | sunting sumber]

Tempat menarik[sunting | sunting sumber]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]