Melun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Melun
Negara Perancis
Region
Departemen
Arondisemen Melun
Kanton Ibukota dari 2 kanton: Melun-Nord, Melun-Sud
Antarkomune Communauté d'agglomération Melun-Val de Seine
Pemerintahan
 • Wali kota
Kode INSEE/pos 77288

Melun merupakan sebuah komune di pinggiran tenggara Paris, Perancis. Terletak 41.4 km (25.7 mil) dari pusat kota Paris. Melun adalah préfecture (ibukota) dari département Seine-et-Marne, juga Arondisemen Melun.

Penduduknya disebut Melunais.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Meledunum dimulai sebagai sebuah kota Gaul; Caesar mengenal Melun sebagai "kota para Senones, terletak di sebuah pulau di Seine", di pulau itu terdapat jembatan kayu yang telah diperbaiki.[1] Meledunum Romawi adalah mutatio dimana kuda baru diberikan kepada kurir resmi pada jalan Romawi di selatan-tenggara Paris, yang melintasi Seine.[2]

Bangsa Norman membelinya pada tahun 845. Kastil Melun menjadi kediaman para raja Capetia. Hugh Capet memberikan Melun kepada Bouchard, anak kesayangannya. Pada masa pemerintahan anak Hugh, Robert II dari Perancis, Eudes, Bangsawan Champagne, membeli kota ini, dan raja membeli kembali untuk diberikan kepada para bangsawan tahun 999. Le Chatelain dan istrinya, yang telah menjual kota, digantung. Robert meninggal di sana bulan Juli 1031.

Melun, keluarga kuno[sunting | sunting sumber]

1. Keluarga pertama adalah Josselin I, bangsawan Melun, yang berkuasa di antara raja-raja besar seperti Hugh Capet, dan Robert. Tahun 998, ia memberikan desa Noisy-le-Sec kepada biara Saint-Maur-des-Fossez, dimana ia memasukkan dirinya dalam kehidupan biarawan, dan dimana ia meninggal pada 19 Maret (tanpa tahun: mungkin 998/999).

Tanggal 26 Februari 999, cucu Josselin I De Melun, Manasses didukung Eudes, Bangsawan Chartres dan wali kota Melun berkuasa dengan mengklaim kastil dan desa tepi sungai. Kekuasaan tersebut tidak bertahan lama. Raja Robert, bersama dengan Bouchard untuk Herve, melancarkan serangan tahun 999 dan memaksa semua yang melawan hak keturunan membayarnya dengan nyawa mereka. Walikota dan Eudes digantung bersama yang lainnya, tetapi belum jelas bagi Manasses.

2. Herve, bangsawan Melun. Ia tinggal di sana pada tahun 1030 oleh laporan dari penulis Miracles of Saint Liesne, yang merupakan ayah Ursion.

3. Ursion I. Ia dan Manasses yang menduduki tepi Le Chatelain di Cambray menentang pendeta di kota ini. Anaknya bernama Guillaume I.

4. Guillaume I, Bangsawan Melun. "Dinamai "Pengecat" karena tidak memiliki senjata yang dapat menambah kemampuannya. Senjatanya yang berat menyebabkan ia takut saat berperang. Pengecat adalah orang-orang terampil pada waktu itu..."

Laporan tersebut berasal dari Pierre, biarawan S. Remi dari Reims. Sejarawan ini, yang mengenal Guillaume sebagai bangsawan Melun, menjamin buku sejarah keempatnya mengenai pendudukan Tanah Suci, menceritakan kemunduran pasukan Kristen setelah pendudukan Antiokia tahun 1098, ia masuk dalam keturunan kerajaan, dan sepupu Hugues dari Perancis, bangsawan Vermandois, saudara raja Phillipe I. Tahun 1084, raja tersebut memperoleh keistimewaan yang diberikan oleh pendahulunya di biara Holy Father of Melun. Nama istri dan waktu kematiannya belum diketahui. Ia adalah ayah dari Ursion II De melun.

Robert, biarawan Saint Remy de Reims, dalam sejarahnya mengenai Tanah Suci, Jilid 4, menulis bahwa rumah Melun berasal dari masa kerajaan[3]. Ia menambahkan[4] "gelar dan monumen rumah besar itu, ditujukan untuk penelitian sejarah yang lebih lengkap daripada yang diceritakan di sini. Rumah kuno yang pertama, yang sejarahnya masih ada hingga sekarang, adalah..."

Angkutan[sunting | sunting sumber]

Melun dilayani oleh stasiun Melun, yang merupakan persimpangan RER jalur D Paris, jalur rel pinggiran Transilien Paris – Lyon, dan beberapa jalur kereta nasional lainnya.

Bangunan[sunting | sunting sumber]

Chateau Vaux-le-Vicomte dianggap sebagai asal usul kecil Istana Versailles.

Lainnya[sunting | sunting sumber]

Sekolah petugas Gendarmerie Perancis terletak di Melun.

Kelahiran[sunting | sunting sumber]

Melun adalah tempat lahir dari:

Kota kembar[sunting | sunting sumber]

Melun kembar dengan:

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gallic War vii. 58, 60.
  2. ^ Meledunum appears in the Antonine Itinerary almost halfway between Lutetia (Paris) and Condate (Rennes) ('Meledunum").
  3. ^ See du Bouchet, History of Courtenay, pp 194ff.
  4. ^ Cabinee de M. de Clairembault.
  • Initial text from the "Carpenters' Encyclopedia of Carpenters 2001" Compiled by John R. Carpenter.
  • The Viscounts and Counts of Melun are listed in ES (Detlev Schwennicke, "Europäische Stammtafeln," Neue Folge) Volume VII, Tafels 55 & 56.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]