Clichy, Hauts-de-Seine

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Clichy, Hauts-de-Seine
Negara Perancis
Region
Departemen
Arondisemen Nanterre
Kanton Clichy
Antarkomune belum ada pada 2005
Pemerintahan
 • Wali kota
Kode INSEE/pos 92024


Clichy (kadang-kadang secara tidak resmi Clichy-la-Garenne (merupakan sebuah komune di pinggiran baratlaut Paris, Perancis. Terletak 6.4 km (4 mil) dari pusat kota Paris. Merupakan salah satu kotamadya terpadat di Eropa.

Kantor pusat L'Oréal Group, perusahaan terdepan dunia dalam kosmetik dan kecantikan, Bic, salah satu produsen pena terbesar di dunia, dan Sony France, perusahaan terdepan dunia dalam elektronik dan musik, terletak di Clichy.

Nama[sunting | sunting sumber]

Nama Clichy tercatat untuk pertama kalinya pada abad ke-6 sebagai Clippiacum, kemudian berubah menjadi Clichiacum, berarti "kediaman Cleppius", seorang tuan tanah Galia-Romawi.

Pada abad ke-13, dataran Clichy digunakan sebagai garenne (kata yang mencetuskan kata warren dalam bahasa Inggris), artinya taman berburu, tempat bermain bagi raja, dan Clichy dikenal sebagai Clichy-la-Garenne ("Clichy Tanah Berburu").

Antara 1793 dan 1795, selama Revolusi Perancis, nama Clichy-la-Garenne menjadi Clichy-la-Patriote ("Clichy sang Patriot"), mungkin karena kata garenne mengingatkan kembali kebijakan feodal yang diakhiri tahun 1789.

Setelah Revolusi, administrasi Perancis secara resmi menetapkan nama komune sebagai Clichy, menghapus "la-Garenne". Tetap seperti itu hingga sekarang. Tetapi, di berbagai instansi kotamadya Clichy menyebut komune sebagai Clichy-la-Garenne, meskipun bukan nama resminya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Clichy adalah ibukota Merovingian selama pemerintahan Dagobert I.

Tahun 1830, sebagian teritori Clichy dipisahkan dan menjadi komune Batignolles-Monceau. Tanggal 1 Januari 1860, kota Paris diperluas dengan menganeksasi komune sekitarnya. Sebagian Batignolles-Monceau dianeksasi kota Paris, dan sekarang membentuk arondisemen ke-17 Paris, meskipun sebagian kecil teritori Batignolles-Monceau dikembalikan ke Clichy.

Tanggal 11 Januari 1867, sebagian teritori Clichy dipisahkan dan bergabung dengan sebagian Neuilly-sur-Seine untuk membentuk komune Levallois-Perret.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Imigrasi[sunting | sunting sumber]

Tempat lahir penduduk Clichy tahun 1999
Lahir di Perancis Metropolitan Lahir di luar Perancis Metropolitan
70.9% 29.1%
Lahir di
Perancis Seberang Laut
Lahir di luar negeri dengan kewarganegaraan Perancis ketika lahir¹ Imigran EU-15² Non-imigran EU-15
2.4% 2.6% 4.1% 20.0%
¹Grup ini terdiri atas pieds-noirs dari Afrika Baratlaut, diikuti dengan bekas warga negara kolonial yang memiliki kewarganegaraan Perancis ketika lahir (seperti kaum elit asli di koloni Perancis), dan anak ekspatriat Perancis yang lahri di luar negeri. Diketahui bahwa suatu negara lain mengerti bahwa negara itu bukan merupakan bagian dari Perancis pada tahun 1999, sehingga seseorang lahir contohnya tahun 1950 di Aljazair, ketika Aljazair merupakan bagian integral Perancis, dicatat sebagai seseorang yang lahir di luar negeri dalam statistik Perancis.
² Seorang imigran adalah seseorang yang lahir di luar negeri tanpa kewarganegaraan Perancis ketka lahir. Diketahui bahwa seorang imigran mendapat kewarganegaraan Perancisnya sejak pindah ke Perancis, tetapi masih dianggap sebagai imigran dalam statistik Perancis. Lainnya, penduduk yang lahir di Perancis dengan kewarganegaraan luar negeri (anak imigran) tidak dicatat sebagai imigran.

Administrasi[sunting | sunting sumber]

Kanton mencakup sebagian komune, bagian lainnya terletak di bagian utara Levallois-Perret.

Kota kembar[sunting | sunting sumber]

Bendera Jerman Heidenheim, Jerman (1959)
Bendera Austria Sankt Pölten, Austria (1968)
Bendera Portugal Santo Tirso, Portugal (1991)
Bendera Spanyol Rubí, Barcelona, Spanyol (2005)
Bendera Britania Raya Southwark, Inggris, Britania Raya (2005)

Kerjasama desentralisasi[sunting | sunting sumber]

Bendera Senegal Ouakam, Dakar, Senegal (2004)
Bendera Kamerun Douala, Kamerun (2006)

Angkutan[sunting | sunting sumber]

Clichy dilayani oleh stasiun Mairie de Clichy pada Métro de Paris Jalur 13.

Juga dilayani stasiun Clichy – Levallois pada jalur rel pinggiran Transilien Paris – Saint-Lazare.

Orang[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]