Évry, Essonne

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Évry, Essonne
Negara Perancis
Region
Departemen
Arondisemen Évry
Kanton Ibukota 2 kanton
Antarkomune Communauté
d'agglomération
Évry Centre Essonne
Pemerintahan
 • Wali kota
Kode INSEE/pos 91228

Évry merupakan sebuah komune di pinggiran selatan Paris, Perancis. Terletak 25.0 km (15.5 mil) dari pusat kota Paris, di "kota baru" Évry Ville Novelle, dibentuk tahun 1960-an, yang merupakan komune sentral dan terpadat.

Komune terdekat adalah Courcouronnes, Corbeil-Essonnes, Ris-Orangis, Brétigny-sur-Orge, dan Draveil.

Nama[sunting | sunting sumber]

Sebenarnya komune ini bernama Évry-sur-Seine (berarti "Évry tepi Seine"). Nama Évry berasal dari nama Galia Eburacon atau Eburiacos, berarti "tanah Eburos" (sebuah patronim Galia), mungkin pemimpin suku Galia di wilayah itu sebelum penaklukan Galia oleh Romawi. Setelah ditaklukkan, namanya berubah menjadi Apriacum Latin, kemudian Avriacum Latin Pertengahan, dan terakhir Evriacum.

Tahun 1881, nama komune berubah menjadi Évry-Petit-Bourg sesuai permintaan pengusaha Paul Decauville, pemilik Ateliers de Petit-Bourg, sebuah pabrik pemanas terbesar yang terletak di Évry dan pada waktu itu perusahaan terbesar di wilayah itu. Pabrik ini mengambil namanya dari desa Petit-Bourg (satu dari tiga desa di teritori Évry) dimana pabrik tersebut didirikan.

Tanggal 29 Juni 1965 nama commune dipendekkan menjadi Évry. Évry telah dipilih menjadi "kota baru" pinggiran Paris, untuk menarik puluhan ribu warga pinggiran kota, dan nama "Petit-Bourg" (berarti "borough kecil, kota kecil" dalam bahasa Perancis modern, meskipun ahli bahasa mengira namanya adalah perubahan dari kata Galia lama dengan arti yang sangat berbeda) dianggap terlalu tua dan tidak cocok untuk kota pinggiran Évry yang baru dan besar yang akan dibangun.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tahun 1965 Évry menjadi bagian dari kota baru di Perancis dan menggunakan namanya yang sekarang. Sebelumnya bernama Évry-Petit-Bourg dan memliki populasi beberapa ribu jiwa.

Ketika Évry dibangun Orly adalah bandar udara nomor 1 di Perancis dan banyak perusahaan internasional seperti Digital, Hewlett Packard, dan Alsthom mendirikan kantor pusatnya di Évry. Tetapi, dengan perluasan Bandar Udara Charles de Gaulle Roissy, semua perusahaan besar pindah yang menyebabkan bangkrutnya perusahaan jasa kecil yang memenuhi kebutuhan makan siang ribuan staf dan dipindahkan atau ditutup.

Di antara beberapa perusahaan internasional yang tersisa adalah firma hotel dan katering Accor, dan jaringan supermarket Carrefour. Meskipun keduanya memiliki alamat pos Cedex di Évry, secara geografi terletak di Courcouronnes.

Kota ini telah mencoba mengurangi perpindahan dengan menambah kapasitas pusat perdagangan, Agora menjadi 286 toko, kebanyakan menjual barang yang sama (53 toko pakaian wanita siap pakai, 19 toko sepatu, 18 toko pakaian pria, 14 toko pakaian anak, 14 toko berlian, 12 toko telepon genggam, 9 klinik mata, dan 30 restoran dan bar makanan ringan). Lapangan parkir direncanakan "bayar sesuai jam" tapi karena jarangnya terjadi pembelian, ide ini digantikan dengan pemasangan penghalang dan pos bayar. Cara lainnya yang diambil oleh pihak lokal telah mengumumkan pendirian daerah "zone franche" yang berarti bahwa bisnis yang berdiri di daerah itu bebas dari pajak perusahaan bersama dengan bantuan sosial lainnya yang menjadikan Évry kota menarik bagi entrepreneurberikutnya.

Katedral Kebangkitan, ditujukan pada Saint Corbinien adalah salah satu katedral abad ke-20 yang dibangun dalam gaya yang sangat modern (lihat pula Katedral Coventry Basil Spence 1962, Katedral Liverpool Metropolitan Frederick Gibberd 1967). Paus Yohannes Paulus II melakukan kunjungan tanggal 22 Agustus 1997, dan meskipun lapangan parkir dibuat jauh di Corbeil-Essonnes, jauh dari tamu undangan, kurang dari 500 orang menghadiri kunjungan itu, yang berarti Évry dapat memegang rekor dunia untuk pengunjung paling sedikit dalam kunjungan Paus.

Tahun 2003, wali kota sosialis, Manuel Valls, (lahir 13 Agustus 1962, di Barcelona, Catalunya) dan juga deputé konstituensi (Anggota Parlemen) dan avocat berkualitas (barrister) terpilih setelah rencana raksasa dibuat untuk merenovasi keseluruhan daerah kurang modern yang termasuk beberapa peruntuhan bangunan 1960-an (khususnya di distrik "Pyramides", sama dengan Gorbals di Perancis), dan pembaruan struktur penghunian dan sekolah. 2006 adalah renovasi terakhir Collège des Pyramides senilai 11.43 juta € (biaya sekolah baru) dan akan menerima 571 murid. Tahun 2007, perluasan dan renovasi akan dimulai di Lycée des Loges. Pekerjaan akan berlangsung selama 3 tahun tanpa gangguan pelajaran dan biaya senilai 40 juta €.

Tanggal 31 Januari 2006, di Sénat selama "Prix du Trombinoscope 2005" ke-14 (penghargaan pers), Manuel Valls terpilih sebagai "Perwakilan Lokal Tahun Ini". Dengan kekalahan besar Sosialis dengan skala nasional selama pemilihan 2007, Manuel Valls telah mengambil posisi penting di partai itu dan diberikan julukan"Le Sarko de la gauche" (Sarkozy sayap kiri).

Selama pemilu kotamadya 2008, Manuel Valls menjabat sebagai wali kota pada putaran pertama dengan 70.3% suara yang menempati skor nasional tertinggi untuk pemilihan putaran pertama, menjadikan Evry komune Sosialis teraman di Perancis.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Évry adalah kota termuda di Perancis. Usia rata-rata penduduknya adalah 26 tahun. Tanggal 4 September 2007, 6.624 anak memulai tahun ajaran baru di 42 sekolah yang menerima dana renovasi 620.000€ (3.200 makanan disajikan setiap hari di kantin sekolah dan kota telah mengucurkan 96.000€ untuk perlengkapan kelas. Tidak termasuk staf pengajar, 350 orang dipekerjakan untuk menjaga anak berusia 3-11 tahun.)

Di sisi lain usianya, Évry hanya memiliki tiga penghunian untuk manula dan pemakaman, kecil bila dibandingkan dengan kota yang memiliki jumlah penduduk yang sama, dekat dengan jumlah penduduknya yang besar. Pemakaman dilakukan di Garenne dekat Courcouronnes dimana sebuah krematorium telah dibangun.

5 klinik paediatris dibangun di Evry bersama unit paediatris di rumah sakit dan di dua klinik pribadi, sementara tak ada jasa pemakaman yang berdiri di kota Evry.

Imigrasi[sunting | sunting sumber]

Tempat lahir penduduk Évry tahun 1999
Lahir di Perancis Metropolitan Lahir di luar Perancis Metropolitan
74.7% 25.3%
Lahir di
Perancis Seberang Laut
Lahir di luar negeri dengan kewarganegaraan Perancis ketika lahir¹ Imigran EU-15² Non-imigran EU-15
4.0% 3.4% 2.4% 15.5%
¹Grup ini terdiri atas pieds-noirs dari Afrika Baratlaut, diikuti dengan bekas warga negara kolonial yang memiliki kewarganegaraan Perancis ketika lahir (seperti kaum elit asli di koloni Perancis), dan anak ekspatriat Perancis yang lahri di luar negeri. Diketahui bahwa suatu negara lain mengerti bahwa negara itu bukan merupakan bagian dari Perancis pada tahun 1999, sehingga seseorang lahir contohnya tahun 1950 di Aljazair, ketika Aljazair merupakan bagian integral Perancis, dicatat sebagai seseorang yang lahir di luar negeri dalam statistik Perancis.
² Seorang imigran adalah seseorang yang lahir di luar negeri tanpa kewarganegaraan Perancis ketka lahir. Diketahui bahwa seorang imigran mendapat kewarganegaraan Perancisnya sejak pindah ke Perancis, tetapi masih dianggap sebagai imigran dalam statistik Perancis. Lainnya, penduduk yang lahir di Perancis dengan kewarganegaraan luar negeri (anak imigran) tidak dicatat sebagai imigran.

Administrasi[sunting | sunting sumber]

Évry adalah préfecture (ibukota) département Essonne. Juga ibukota resmi arondisemen Évry, meskipun sebenarnya bangunan dan administrasi sous-préfecture terletak di komune tetangga Corbeil-Essonnes.

Évry adalah ibukota dari dua kanton:

Angkutan[sunting | sunting sumber]

Évry dilayani oleh tiga stasiun RER jalur D Paris: Évry, Évry – Courcouronnes, dan Le Bras-de-Fer.

Aktivitas keagamaan[sunting | sunting sumber]

Évry memiliki bangunan keagamaan berikut (dengan urutan kapasitas):

  • Masjid Raya Évry dan Islamic Centre (kedua terbesar di Perancis). picture
  • Katedral Kebangkitan.
  • Church of Jesus Christ of Latter-day Saints (Mormon).
  • Evangelist Centre (Protestan)
  • Gereja Adventis. [1]
  • Gereja Paroki St Peter & St Paul (sangat jarang bangunan abad ke-12 yang mengarah U/S selain T/B). [2]
  • Sinagog
  • Notre Dame de l'Esperance. [3]
  • Convent of Notre Dame de Sion

Juga terdapat Saksi-Saksi Yehuwa di Évry dengan Balai Kerajaan di Route Nationale 7 di seberang pagoda.

Masjid Raya Évry adalah salah satu yang terbesar di Eropa Barat, dan memiliki arsitektur Maroko. Memiliki ruang ibadah besar yang dapat menampung beberapa ratus orang. Islam di Perancis sedang bertumbuh, dan terdapat sekitar 5 juta Muslim dari 63 juta penduduk Perancis. Évry memiliki "multikulturalisme" dan masalah sangat jarang terjadi. Masjid ini sebagian didanai oleh raja Maroko Hassan II. Meskipun kisah nyata mengenai penculikan dan kematian Ben Barka masih menjadi misteri, banyak orang percaya ia dimakamkan di bawah masjid atau di hutan La Garenne.[rujukan?]

Pagoda Khan-Anh akan menjadi pagoda terbesar di Eropa. Pembangunan dimulai tahun 1996 dan dijadwalkan selesai 2009. Patung Buddha, setinggi 4 meter dan berbobot 5 ton, tiba dari Thailand tanggal 20 Oktober 2002. Pagoda ini akan menjadi kantor Persatuan Buddha Eropa dan sekolah pelatihan untuk pada bhiksu di masa depan. Direncanakan bahwa Dalai Lama akan mensucikannya tanggal 12 Juli 2006, tapi tur Eropanya dibatalkan karena nasihat dari dokternya. [4]

Aktivitas politik[sunting | sunting sumber]

Partai politik berikut memiliki pusat di Évry:

Lainnya[sunting | sunting sumber]

Menjelang akhir perang Jenderal Patton melintasi Seine dengan tank-nya di Évry dari Avranches ke Ardennes dimana ia ikut dalam Pertempuran Bulge. Perayaan pembebasan Évry tanggal 23 Agustus 194, dirayakan setiap tahun di Patton Memorial.

Meskipun Évry adalah "kota baru" modern, yang sama dengan "hutan beton", 50% wilayahnya adalah taman dan ruang terbuka. Jalan rayanya sangat lebar dan pohon dapat ditemukan di mana-mana. Dalam kompetisi antarkomune Perancis "Ville Fleurie" (kota berbunga), Évry memperoleh penghargaan status tertinggi "3 bunga", biasanya dimenangkan oleh pedesaan. Untuk memperbarui kota, kompetisi tahunan "Balcon Fleuri" (balkon berbunga) diadakan. Kompetisi balkon sejenis diadakan setiap Desember untuk dekorasi eksterior Natal terbaik.

Beberapa orang menganggap katedral modern sebagai sebuah keindahan arsitektur sementara lainnya menganggap desain itu seperti tungku campuran.

Évry adalah rumah bagi proyek antariksa Eropa Ariane, di Centre National d'Études Spatiales (CNES).

Kota kembar[sunting | sunting sumber]

Évry kembar dengan Borough London Bexley di Inggris. Ini karena, sebenarnya, Évry dirancang sebagai kota berkelas eksekutif. Hari ini, Évry membentuk kembali Dagenham dan sedikit mirip dengan Bexley.

Évry juga kembar dengan Nowy Targ di Polandia; Troisdorf di Jerman; Esteli di Nikaragua; dan Repentigny di Québec.

Agglomération d'Évry memiliki perjanjian kembar dengan Kayes di Mali; dan kamp pengungsi Khan Younis di Jalur Gaza. (Maison du Monde, 509, Patio des Terrasses, Évry, adalah alamat cabang dari Amnesty International).

Penambahan terakhir hubungan luar negeri adalah perjanjian "parrainage" (kota baptis) dengan Bozovici di Rumania.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]