Argenteuil

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ilustrasi Argenteuil pada abad ke-17 Masehi.
Argenteuil
NegaraPrancis
ArondisemenArgenteuil
AntarkomuneArgenteuil-Bezons]]
Kode INSEE/pos
95018

Argenteuil merupakan sebuah komune di pinggiran barat laut Paris, Prancis. Terletak 12.3 km (7.6 mil) dari pusat kota Paris. Argenteuil adalah sub-prefektur departemen Val-d'Oise dan ibu kota Arondisemen Argenteuil.

Argenteuil adalah komune terpadat kedua di pinggiran Paris (setelah Boulogne-Billancourt) dan merupakan komune terpadat di departemen Val-d'Oise, meskipun bukan ibu kotanya, yang terbagi antara komune Cergy dan Pontoise.

Nama[sunting | sunting sumber]

Nama Argenteuil tercatat untuk pertama kalinya dalam sebuah piagam kerajaan 697 sebagai Argentoialum, dari argento Latin/Galia yang berarti "perak", "keperakan", "terang", mungkin merujuk pada permukaan berkilau sungai Seine, di tepi di mana Argenteuil terletak, dan dari akhiran -ialo Celtic yang berarti "bersih", "tempat".

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Argenteuil didirikan sebagai sebuah tempat tinggal biarawati pada abad ke-17 (→ Pierre Abélard, Convent of Argenteuil). Biara yang dibangun di sana hancur selama Revolusi Prancis.

Argenteuil dikenal akan asparagus putih dan anggur yang tumbuh di sana. Kata Argenteuil sama dengan asparagus putih dalam menu. Pernah menjadi pedesaan bagi warga Paris, sekarang menjadi pinggiran kota Paris. Banyak pelukis menjadikan Argenteuil terkenal, termasuk Claude Monet, Jean-Étienne Delacroix, Pierre-Auguste Renoir dan Georges Braque.

Orang terkenal yang lahir di Argenteuil[sunting | sunting sumber]

Karya seni terkenal[sunting | sunting sumber]

Angkutan[sunting | sunting sumber]

Argenteuil dilayani oleh dua stasiun jalur rel pinggiran Transilien Paris – Saint-Lazare: Argenteuil dan Val d'Argenteuil.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Imigrasi[sunting | sunting sumber]

Tempat lahir penduduk Argenteuil tahun 1999
Lahir di Prancis Metropolitan Lahir di luar Prancis Metropolitan
77.5% 22.5%
Lahir di
Prancis Seberang Laut
Lahir di luar negeri dengan kewarganegaraan Prancis ketika lahir1 Imigran EU-152 Imigran Non-EU-15
2.1% 2.1% 4.3% 14.0%
1 Kelompok ini terdiri atas pieds-noirs dari Afrika Baratlaut, diikuti dengan bekas warga negara kolonial yang memiliki kewarganegaraan Prancis ketika lahir (seperti kaum elit asli di koloni Prancis), dan anak ekspatriat Prancis yang lahir di luar negeri. Negara lain dimengerti sebagai negara yang bukan merupakan bagian dari Prancis pada tahun 1999, sehingga seseorang yang lahir, contohnya tahun 1950 di Aljazair, ketika Aljazair merupakan bagian integral dari negara Prancis, maka akan tercatat sebagai seseorang yang lahir di luar negeri dalam data statistik Prancis.

2 Imigran adalah seseorang yang lahir di luar negeri tanpa kewarganegaraan Prancis ketika lahir. Seorang imigran bisa mendapatkan kewarganegaraan Prancis sejak pindah ke Prancis, tetapi masih dianggap sebagai imigran dalam data statistik Prancis. Selain itu, penduduk yang lahir di Prancis dengan kewarganegaraan luar negeri (anak imigran) tidak tercatat sebagai imigran.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]