Colombes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Colombes
Negara Perancis
Region
Departemen
Arondisemen Nanterre
Antarkomune tidak ada pada 2005
Pemerintahan
 • Wali kota
Kode INSEE/pos 92019

Colombes merupakan sebuah komune di pinggiran baratlaut Paris, Perancis. Terletak 10.6 km (6.6 mil) dari pusat kota Paris.

Nama[sunting | sunting sumber]

Nama Colombes berasal dari columna Latin (Perancis Lama: colombe), berarti "kolom". Diterjemahkan sebagai rujukan terhadap kolom megalitikum yang digunakan di masa lampau untuk penyembahan druidik yang berdiri di Colombes hingga kehancurannya selama Revolusi Perancis, atau kolom atrium di sebuah villa Galia-Romawi yang juga berdiri di Colombes.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tanggal 13 Maret 1896, 17% teritori Colombes dipisahkan dan menjadi komune Bois-Colombes (secara literal "Hutan Colombes").

Tanggal 2 Mei 1910, 19% teritori (berkurang) Colombes dipisahkan dan menjadi komune La Garenne-Colombes.

Komune Colombes saat ini hanya dua per tiga ukuran teritorinya sebelum 1896.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Tempat lahir penduduk Colombes tahun 1999
Lahir di Perancis Metropolitan Lahir di luar Perancis Metropolitan
78.9% 21.1%
Lahir di
Perancis Seberang Laut
Lahir di luar negeri dengan kewarganegaraan Perancis ketika lahir¹ Imigran EU-15² Non-imigran EU-15
2.1% 2.6% 3.6% 12.8%
¹Grup ini terdiri atas pieds-noirs dari Afrika Baratlaut, diikuti dengan bekas warga negara kolonial yang memiliki kewarganegaraan Perancis ketika lahir (seperti kaum elit asli di koloni Perancis), dan anak ekspatriat Perancis yang lahri di luar negeri. Diketahui bahwa suatu negara lain mengerti bahwa negara itu bukan merupakan bagian dari Perancis pada tahun 1999, sehingga seseorang lahir contohnya tahun 1950 di Aljazair, ketika Aljazair merupakan bagian integral Perancis, dicatat sebagai seseorang yang lahir di luar negeri dalam statistik Perancis.
² Seorang imigran adalah seseorang yang lahir di luar negeri tanpa kewarganegaraan Perancis ketka lahir. Diketahui bahwa seorang imigran mendapat kewarganegaraan Perancisnya sejak pindah ke Perancis, tetapi masih dianggap sebagai imigran dalam statistik Perancis. Lainnya, penduduk yang lahir di Perancis dengan kewarganegaraan luar negeri (anak imigran) tidak dicatat sebagai imigran.

Administrasi[sunting | sunting sumber]

Kota ini terbagi menjadi tiga kanton:

Angkutan[sunting | sunting sumber]

Colombes dilayani oleh tiga stasiun pada jalur rel pinggiran Transilien Paris – Saint-Lazare: Colombes, Le Stade, dan La Garenne-Colombes.

Kota kembar[sunting | sunting sumber]

Olahraga[sunting | sunting sumber]

Stadion dibangun tahun 1907. Bernama Stade Olympique Yves-du-Manoir, Stadion Olimpiade Colombes adalah tempat upacara pembukaan dan beberapa peristiwa Olimpiade Musim Panas 1924. Kapasitas stadion meningkat hingga 60.000 untuk Piala Dunia 1938. Stadion ini kehilangan kegunaannya setelah restorasi tahun 1972 terhadap Parc des Princes berkrusi 49.000 di Paris. Tahun 190-an, tiga dari empat bagian stadion diruntuhkan karena berkarat dan kapasitasnya sekarang turun menjadi 7.000.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]