Noisy-le-Grand

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Noisy-le-Grand
NegaraPrancis
ArondisemenLe Raincy
Antarkomunetidak ada pada 2005
Kode INSEE/pos
93051

Noisy-le-Grand merupakan sebuah komune di pinggiran timur Paris, Prancis. Komune ini berjarak 15.2 km (9.4 mil) dari pusat kota Paris. Komune Noisy-le-Grand adalah bagian dari sektor Porte de Paris, satu dari empat sektor di "kota baru" Marne-la-Vallée.

Nama[sunting | sunting sumber]

Nama Noisy berasal dari bahasa Latin Pertengahan nucetum, berarti "hutan walnut", sesuai pohon walnut (Prancis: noyers) yang menutupi teritori Noisy-le-Grand pada masa lampau.

Epitet "le-Grand" (Latin Pertengahan: Magnum), berarti "Besar", ditambahkan pada Abad Pertengahan, mungkin untuk membedakan Noisy-le-Grand dengan komune kecil Noisy-le-Sec, yang kadang-kadang disebut Nucenum Minus ("Noisy Kecil").

Demografi[sunting | sunting sumber]

Imigrasi[sunting | sunting sumber]

Tempat lahir penduduk Noisy-le-Grand tahun 1999
Lahir di Prancis Metropolitan Lahir di luar Prancis Metropolitan
74.8% 25.2%
Lahir di
Prancis Seberang Laut
Lahir di luar negeri dengan kewarganegaraan Prancis ketika lahir1 Imigran EU-152 Imigran Non-EU-15
2.4% 3.1% 4.7% 15.0%
1 Kelompok ini terdiri atas pieds-noirs dari Afrika Baratlaut, diikuti dengan bekas warga negara kolonial yang memiliki kewarganegaraan Prancis ketika lahir (seperti kaum elit asli di koloni Prancis), dan anak ekspatriat Prancis yang lahir di luar negeri. Negara lain dimengerti sebagai negara yang bukan merupakan bagian dari Prancis pada tahun 1999, sehingga seseorang yang lahir, contohnya tahun 1950 di Aljazair, ketika Aljazair merupakan bagian integral dari negara Prancis, maka akan tercatat sebagai seseorang yang lahir di luar negeri dalam data statistik Prancis.

2 Imigran adalah seseorang yang lahir di luar negeri tanpa kewarganegaraan Prancis ketika lahir. Seorang imigran bisa mendapatkan kewarganegaraan Prancis sejak pindah ke Prancis, tetapi masih dianggap sebagai imigran dalam data statistik Prancis. Selain itu, penduduk yang lahir di Prancis dengan kewarganegaraan luar negeri (anak imigran) tidak tercatat sebagai imigran.

Administrasi[sunting | sunting sumber]

Kanton Noisy-le-Grand terdiri dari dua komune: Noisy-le-Grand dan Gournay-sur-Marne.

Angkutan[sunting | sunting sumber]

Noisy-le-Grand dilayani oleh dua stasiun RER jalur A Paris: Noisy-le-Grand – Mont d'Est dan Noisy – Champs.

Noisy-le-Grand juga dilayani oleh stasiun Les Yvris – Noisy-le-Grand pada RER jalur E Paris.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]