Cergy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Cergy
Cergy-préfecture-quartiers.jpg
Negara Perancis
Region
Departemen
Arondisemen Pontoise
Kanton Ibukota 2 kanton
Antarkomune Communauté
d'agglomération
de Cergy-Pontoise
Pemerintahan
 • Wali kota
Kode INSEE/pos 95127

Cergy merupakan sebuah komune di pinggiran baratlaut Paris, Perancis. Terletak 27.8 km (17.3 mil) dari pusat kota Paris, di "kota baru" Cergy-Pontoise, dibentuk tahun 1960-an, yang merupakan komune sentral dan terpadat.

Meskipun Pontoise adalah préfecture (ibukota) resmi département Val-d'Oise, bangunan dan administrasi préfecture, juga dewan departemen (conseil général), terletak di dalam komune Cergy, yang ditetapkan sebagai ibukota de facto Val-d'Oise. Bangunan dan administrasi sous-préfecture, terletak di dalam komune Pontoise.

Nama[sunting | sunting sumber]

Nama Cergy berasal dari Latin Pertengahan Sergiacum, berarti "kediaman Sergius", seorang tuan tanah Galia-Romawi.

Administrasi[sunting | sunting sumber]

Cergy adalah ibukota dari dua kanton:

Kota kembar[sunting | sunting sumber]

Demografi[sunting | sunting sumber]

Ketika Cergy terpilih menjadi pusat "kota baru", daerah itu hanya berupa desa. Komune ini memiliki 2.895 jiwa pada 1968. Kemudian bertumbuh cepat, melewati 10.000 jiwa di pertengahan 1970-an, dan 20.000 pada awal 1980-an. Dalam dekade tersebut pertumbuhannya sangat hebat, sejak kota ini melewati 48.000 jiwa pada 1990. Peningkatan terus berlanjut, tapi secara perlahan, untuk mencapai 54.500 jiwa pada perkiraan 2004. Tetapi, tanggal 1 Januari 2000, komune ini kehilangan sebagian teritori (seluas 0.03 km² dengan populasi 1999 62 orang) untuk diberikan pada komune Courdimanche.[1] Jumlah sensus resmi telah direvisi mulai jumlah resmi 1999 54.781 jiwa menjadi 54.719 jiwa (diperbaiki) dan luas tanah dari 11.68 km² menjadi 11.65 km² (diperbaiki).

Imigrasi[sunting | sunting sumber]

Tempat lahir penduduk Cergy tahun 1999
Lahir di Perancis Metropolitan Lahir di luar Perancis Metropolitan
78.2% 21.8%
Lahir di
Perancis Seberang Laut
Lahir di luar negeri dengan kewarganegaraan Perancis ketika lahir¹ Imigran EU-15² Non-imigran EU-15
2.8% 3.4% 1.9% 13.7%
¹Grup ini terdiri atas pieds-noirs dari Afrika Baratlaut, diikuti dengan bekas warga negara kolonial yang memiliki kewarganegaraan Perancis ketika lahir (seperti kaum elit asli di koloni Perancis), dan anak ekspatriat Perancis yang lahri di luar negeri. Diketahui bahwa suatu negara lain mengerti bahwa negara itu bukan merupakan bagian dari Perancis pada tahun 1999, sehingga seseorang lahir contohnya tahun 1950 di Aljazair, ketika Aljazair merupakan bagian integral Perancis, dicatat sebagai seseorang yang lahir di luar negeri dalam statistik Perancis.
² Seorang imigran adalah seseorang yang lahir di luar negeri tanpa kewarganegaraan Perancis ketka lahir. Diketahui bahwa seorang imigran mendapat kewarganegaraan Perancisnya sejak pindah ke Perancis, tetapi masih dianggap sebagai imigran dalam statistik Perancis. Lainnya, penduduk yang lahir di Perancis dengan kewarganegaraan luar negeri (anak imigran) tidak dicatat sebagai imigran.

Port Cergy[sunting | sunting sumber]

Port Cergy.

Port Cergy adalah sebuah marina di Sungai Oise di pk 9. Tempat ini memiliki perumahan dan kapal rekreasi juga sekolah pelayaran. Marina ini dapat menampung 103 kapal yang panjangnya mulai 5 hingga 22m. Bagian utara dipergunakan untuk restoran dan toko yang telah dibangun di sekitar basin kecil.

Ham[sunting | sunting sumber]

Ham adalah desa kecil di selatan Cergy. Desa ini pernah menjadi bagian dari Sergentery dan kemudian komune Neuville-sur-Oise tapi telah masuk dalam komune Cergy. Di teritorinya terdapat pusat rekreasi luas 'Base de Loisirs de Cergy-Neuville'.

Angkutan[sunting | sunting sumber]

Stasiun kereta Cergy le Haut.

Cergy dilayani oleh tiga stasiun RER jalur A Paris dan jalur rel pinggiran Transilien Paris – Saint-Lazare: Cergy – Préfecture, Cergy – Saint-Christophe, dan Cergy – Le Haut. Cergy dilayani oleh bus langsung dari Bandar Udara Internasional Charles de Gaulle[2].

Perusahaan bus STIVO menyediakan 17 jalur bus untuk bepergian di dalam aglomerasi Cergy.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]