Levallois-Perret

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Levallois-Perret
Negara Perancis
Region
Departemen
Arondisemen Nanterre
Antarkomune tidak ada pada 2005
Pemerintahan
 • Wali kota
Kode INSEE/pos 92044


Levallois-Perret merupakan sebuah komune di pinggiran baratlaut Paris, Perancis. Terletak 6.4 km (4 mil) dari pusat kota Paris. Merupakan salah satu kotamadya terpadat di Eropa.

Nama[sunting | sunting sumber]

Nama Levallois-Perret berasal dari dua pembangunan perumahan (Village Levallois dan Champerret) yang dimulai oleh tuan tanah Jean-Jacques Perret tahun 1822 (Champerret) dan pembangun Nicolas-Eugène Levallois tahun 1845 (Village Levallois), dan menghasilkan penggabungan komune (lihat bagian sejarah di bawah).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Di teritori yang sekarang menjadi Levallois-Perret, sebelum Revolusi Perancis berdirilah desa Villiers dan Courcelles (aka La Planchette), yang meninggalkan namanya di dua stasiun Métro de Paris. Pada waktu pembentukan komune Perancis selama Revolusi Perancis, keduanya merupakan bagian dari komune Clichy, sementara komune Neuilly-sur-Seine meluas ke bagian baratdaya Levallois-Perret.

Tuan tanah Jean-Jacques Perret memulai beberapa pembangunan perumahan tahun 1822 di timurlaut komune Neuilly-sur-Seine, di tempat yang akan dinamai Champerret ("champ perret" berarti "tanah Perret"), yang memberikan namanya pada satu stasiun Métro de Paris. Kemudian tahun 1845 Nicolas-Eugène Levallois memulai beberapa pembangunan perumahan untuk tuan tanah André Noël di tanahnya dekat La Planchette (di komune Clichy). Tanah yang dibangun oleh Nicolas-Eugène Levallois kemudian dikenal sebagai Village Levallois.

Tahun 1860-an Village Levallois dan Champerret telah tumbuh hingga ujungnya membentuk sebauah wilayah bangunan tunggal. Beberapa pengajuan telah dikeluarkan kepada pihak berwenang untuk penggabungan wilayah sebagai komune.

Jalan biasa di Levallois.

Tanggal 30 Juni 1866, komune Levallois-Perret dibentuk dengan memisahkan teritori Clichy dimana Village Levallois berdiri dan menggabungkannya dengan teritori Neuilly-sur-Seine dimana Champerret berdiri.

Levallois-Perret menjadi sebuah pusat penting industri otomotif Perancis dengan pendirian perusahaan seperti Clément-Bayard, Delage atau pembuat bus Chapron. Citroën membeli pabrik Clément-Bayard dan Citroën 2CV dibuat di Levallois selama empat puluh tahun. Levallois-Perret juga menjadi pusat penting industri kosmetik pada awal abad ke-20. Juga rumah bagi perusahaan real estat komersial Eropa Atisreal.

Bagian utara Ile de la Jatte di sungai Seine dimana pelukis impresionis Perancis membuat karya besarnya, adalah bagian dari komune Levallois-Perret.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Imigrasi[sunting | sunting sumber]

Tempat lahir penduduk Levallois-Perret tahun 1999
Lahir di Perancis Metropolitan Lahir di luar Perancis Metropolitan
82.5% 17.5%
Lahir di
Perancis Seberang Laut
Lahir di luar negeri dengan kewarganegaraan Perancis ketika lahir¹ Imigran EU-15² Non-imigran EU-15
0.9% 3.5% 4.4% 8.7%
¹Grup ini terdiri atas pieds-noirs dari Afrika Baratlaut, diikuti dengan bekas warga negara kolonial yang memiliki kewarganegaraan Perancis ketika lahir (seperti kaum elit asli di koloni Perancis), dan anak ekspatriat Perancis yang lahri di luar negeri. Diketahui bahwa suatu negara lain mengerti bahwa negara itu bukan merupakan bagian dari Perancis pada tahun 1999, sehingga seseorang lahir contohnya tahun 1950 di Aljazair, ketika Aljazair merupakan bagian integral Perancis, dicatat sebagai seseorang yang lahir di luar negeri dalam statistik Perancis.
² Seorang imigran adalah seseorang yang lahir di luar negeri tanpa kewarganegaraan Perancis ketka lahir. Diketahui bahwa seorang imigran mendapat kewarganegaraan Perancisnya sejak pindah ke Perancis, tetapi masih dianggap sebagai imigran dalam statistik Perancis. Lainnya, penduduk yang lahir di Perancis dengan kewarganegaraan luar negeri (anak imigran) tidak dicatat sebagai imigran.

Kota kembar[sunting | sunting sumber]

Kotamadya terdekat[sunting | sunting sumber]

Administrasi[sunting | sunting sumber]

Levallois-Perret terbagi menjadi dua kanton:

  • Levallois-Perret-Nord (Utara), termasuk bagian Levallois-Perret dan Clichy (pop: 40.400)
  • Levallois-Perret-Sud (Selatan), bagian dari Levallois-Perret (pop: 36.532)

Angkutan[sunting | sunting sumber]

Levallois Perret dilayani oleh tiga stasiun pada Métro de Paris Jalur 3: Louise Michel, Anatole France, dan Pont de Levallois – Bécon.

Juga dilayani oleh stasiun Clichy – Levallois pada jalur rel pinggiran .

Kotamadya Levallois-Perret mengoperasikan dua jalur bus gratis yang mengelilingi kota.

Lainnya[sunting | sunting sumber]

Lambang Kota[sunting | sunting sumber]

Lambang Levallois-Perret
Logo modern

Lambang tradisional kota melambangkan kepentingan industri dalam sejarah kota. Bagian lambang memiliki tameng dengan warna merah; roda kuning di kiri bawah dan parfum kuning di kanan atas yang berarti industri mekanik dan parfum.

Tiga lebah kuning, muncul pada garis putih dari kiri atas ke kanan bawah tameng, ini merupakan simbol kerja lainnya di kota, peternak lebah bekerja di île de la Jatte. Lambang ini juga memiliki daun zaitun di bawah sekitar tameng dan tiga kastil di bagian atas, keduanya berwarna kuning. VILLE DE / LEVALLOIS - PERRET, tertulis dengan warna hitam di atas lambang.

Lebah kartun dibuat di logo modern kota.

Kelahiran[sunting | sunting sumber]

Levallois-Perret adalah tempat lahir dari:

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]