Boulogne-Billancourt

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Boulogne-Billancourt
Negara Perancis
Region
Departemen
Arondisemen Boulogne-Billancourt
Kanton Ibukota 3 kanton
Antarkomune Communauté
d'agglomération
Val de Seine
Pemerintahan
 • Wali kota
Kode INSEE/pos 92012

Boulogne-Billancourt (sering disebut hanya Boulogne atau Boulbi) merupakan sebuah komune di pinggiran barat Paris, Perancis. Terletak 8.2 km (5.1 mil) dari pusat kota Paris. Boulogne-Billancourt adalah sous-préfecture dari département Hauts-de-Seine, menjadi ibukota Arondisemen Boulogne-Billancourt.

Boulogne-Billancourt adalah pinggiran terpadat di Paris dan salah satu kotamadya terpadat di Eropa. Sebelumnya berupa daerah industri penting, sekarang berubah menjadi aktivitas bisnis dan rumah bagi banyak kantor pusat perusahaan komunikasi di distrik bisnis Val de Seine.

Nama[sunting | sunting sumber]

Nama asli komune ini adalah Boulogne-sur-Seine (berarti "Boulogne tepi Seine").

Tahun 1924, Boulogne-sur-Seine secara resmi berubah namanya menjadi Boulogne-Billancourt, untuk memperlancar pembangunan wilayah industri Billancourt yang dianeksasi tahun 1860 (lihat bagian sejarah di bawah).

Sebelum abad ke-14, Boulogne adalah desa kecil yang bernama Menuls-lès-Saint-Cloud (berarti "Menuls dekat Saint-Cloud"). Pada awal abad ke-14, Raja Philip IV dari Perancis memerintahkan pembangunan sebuah gereja di Menuls-lès-Saint-Cloud yang ditujukan pada perawan biara Boulogne-sur-Mer (Perancis utara), kemudian pusat ziarah terkenal. Gereja ini, yang ditujukan menjadi pusat ziarah yang lebih dekat dengan Paris daripada kota Boulogne-sur-Mer, diberi nama Notre-Dame de Boulogne la Petite ("Wanita dari Boulogne Kecil"). Secara bertahap, desa Menuls-lès-Saint-Cloud dikenal sebagai Boulogne-la-Petite, kemudian Boulogne-sur-Seine.

Untuk nama Bilancourt, tercatat untuk pertaa kalinya tahun 1150 sebagai Bullencort, kadang-kadang diucapkan Bollencort. Berasal dari cortem Latin Pertengahan, akusatif dari cors, berarti "penutupan", "kediaman", menjadi akhiran patronim Jermanik Buolo (bererati "teman, saudara, sahabat"), yang berarti "kediaman Buolo".

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tanggal 1 Januari 1860, kota Paris diperluas dengan menganeksasi komune sekitarnya. Karena itu, komune Auteuil dan Passy dihapus dan dibagi antara Boulogne-Billancourt (kemudian disebut Boulogne-sur-Seine) dan kota Paris. Boulogne-sur-Seine menerima sebagian kecil teritori Passy, dan setengah teritori Auteuil (termasuk wilayah Billancourt, yang dimiliki komune terhapus Auteuil).

Tahun 1929, Bois de Boulogne, yang merupakan hiterto yang dibagi antara komune Boulogne-Billancourt dan Neuilly-sur-Seine, dianeksasi seluruhnya oleh kota Paris. Karena itu, Boulogne-Billancourt, dimana Bois de Boulogne terletak, kehilangan setengah teritorinya.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Imigrasi[sunting | sunting sumber]

Tempat lahir penduduk Boulogne-Billancourt tahun 1999
Lahir di Perancis Metropolitan Lahir di luar Perancis Metropolitan
79.8% 20.2%
Lahir di
Perancis Seberang Laut
Lahir di luar negeri dengan kewarganegaraan Perancis ketika lahir¹ Imigran EU-15² Non-imigran EU-15
0.8% 4.5% 4.1% 10.8%
¹Grup ini terdiri atas pieds-noirs dari Afrika Baratlaut, diikuti dengan bekas warga negara kolonial yang memiliki kewarganegaraan Perancis ketika lahir (seperti kaum elit asli di koloni Perancis), dan anak ekspatriat Perancis yang lahri di luar negeri. Diketahui bahwa suatu negara lain mengerti bahwa negara itu bukan merupakan bagian dari Perancis pada tahun 1999, sehingga seseorang lahir contohnya tahun 1950 di Aljazair, ketika Aljazair merupakan bagian integral Perancis, dicatat sebagai seseorang yang lahir di luar negeri dalam statistik Perancis.
² Seorang imigran adalah seseorang yang lahir di luar negeri tanpa kewarganegaraan Perancis ketka lahir. Diketahui bahwa seorang imigran mendapat kewarganegaraan Perancisnya sejak pindah ke Perancis, tetapi masih dianggap sebagai imigran dalam statistik Perancis. Lainnya, penduduk yang lahir di Perancis dengan kewarganegaraan luar negeri (anak imigran) tidak dicatat sebagai imigran.

Perubahan demografi[sunting | sunting sumber]

Perubahan demografi
1936 1954 1968 1975 1982 1990 1999 2005
97 379 93 998 109 008 103 578 102 582 101 743 106 367 110 300

Administrasi[sunting | sunting sumber]

Dengan kota Sèvres, Boulogne-Billancourt adalah bagian dari communauté d'agglomération Val de Seine.

Angkutan[sunting | sunting sumber]

Boulogne-Billancourt dilayani oleh dua stasiun Métro de Paris Jalur 10: Boulogne - Jean Jaurès dan Boulogne - Pont de Saint-Cloud

Juga tiga stasiun Métro de Paris Jalur 9: Marcel Sembat, Billancourt, dan Pont de Sèvres.

Lainnya[sunting | sunting sumber]

  • Kantor Renault terletak di Boulogne-Billancourt.
  • Kebun Albert Kahn di 14, rue du Port, Boulogne-Billancourt adalah museum nasional dan memiliki empat hektar kebun, digabung bersama lanskap berbagai tradisi nasional. Museum ini juga memiliki foto dan film bersejarah.
  • Musée des Années Trente adalah museum obyek artistik dan industrial sejak 1930-an.

Kelahiran[sunting | sunting sumber]

Boulogne-Billancourt adalah tempat lahir:

Kota kembar[sunting | sunting sumber]

Boulogne-Billancourt kembar dengan:

Dalam budaya populer[sunting | sunting sumber]

Acara animasi TV Code Lyoko dibuat di Boulogne-Billancourt, menurut peta perbandingan di Codelyoko.net.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]