Créteil

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Créteil
Créteil map.svg
Negara Perancis
Arondisemen Créteil
Kanton Ibukota 3 kanton
Antarkomune Communauté d'agglomération Plaine Centrale du Val-de-Marne
Kode INSEE/pos 94028 (ex 75028) 94028 (ex 75028) / 
Gereja Saint-Christophe, di komune Créteil.

Créteil merupakan sebuah komune di pinggiran tenggara Paris, Perancis. Terletak 11.5 km (7.1 mil) dari pusat kota Paris. Créteil adalah préfecture (ibukota dari département Val-de-Marne, juga ibukota Arondisemen Créteil. Kota ini, lainnya, adalah ibukota diosis (wilayah keuskupan) dan salah satu dari 30 académies (distrik) nasional Kementerian Pendidikan Nasional Perancis. Penduduknya disebut Cristolien, dan sejak 1977, walikotanya adalah Laurent Cathala.

Nama[sunting | sunting sumber]

Nama Créteil tercatat untuk pertama kalinya sebagai Cristoïlum dalam martirologi yang ditulis biarawan bernama Usuard tahun 865. Nama Cristoïlum berasal dari kata ialo Celtic (berarti "bersih, berkilau", "tempat") menjadi akhiran crist- pra-Latin radikal yang artinya masih belum jelas. Beberapa orang mempercayai crist adalah kata Celtic yang berarti "perbukitan", hubungan antara crista Latin dan crête, Perancis, yang arti dari Cristoïlum mungkin "mengosongkan bukit" atau "tempat di bukit". Etimologi yang lebih tradisional adalah crist merujuk pada Yesus Kristus, karena datangnya Kristen di Créteil sudah sangat lama dan penghormatan terhadap Saint Agoard dan Saint Aglibert, yang dibaptis di Créteil sekitar 400 M.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Créteil adalah sebuah kota di pinggiran tenggara Paris. Diairi oleh sungai Marne yang mengalir terakhir kalinya sebelum bergabung dengan Seine di Charenton-la-Bridge. Wilayah ini adalah sebuah dataran aluvial yang mengalami erosi karena aliran Marne dan Seine. Berbatasan dengan komune Maisons-Alfort, Saint-Maur-des-Fossés, Bonneuil-sur-Marne, Limeil-Brévannes, Valenton, Choisy-le-Roi dan Alfortville.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejarah kota[sunting | sunting sumber]

Beberapa artefak langka dari era paleolitikum ditemukan di daerah ini. Berupa sebuah mesin penyemir era Neolitikum berbobot dua ton yang merupakan kebanggaan prasejarah Créteil. Catatan pertama yang menyebut Créteil adalah dari Mérovingien: Vicus Cristolium. Nama etmpat ini berasal dari awalan crist dan olium. Dua kata ini dianggap sebagai Galia: "membersihkan" untuk olium dan "bukit" untuk crist. "Pembersihan" "bukit" Mont-Mesly terletak pada jalan yang menghubungkan Paris dan Sens (Jalan Raya 19 hari ini). Tahun 1406, nama tempat "Créteil" melakukan pemunculannya setelah berhasil deformasi dari Cristoill (1278), Cristeuil, Cresteul kemudian Creteuil.

Dalam perang agama 1567, Huguenot merusak gereja dan membakar charter lokal. Pemberontakan 1648 memaksa evakuasi penduduk Créteil. Akhir dari kekuasaan Louis XIV ditandai dengan pemutusan suplai makanan di seluruh Perancis setelah musim dingin buruk tahun 1709 yang menyebabkan 69 kematian di Créteil. Catatan keluhan dari Revolusi Perancis tahun 1789 menyebutkan Créteil 15 orang.

Pada awal abad ke-18, pembangunan rumah "Paris" kelas menengah pertama dimulai. Tahun 1814, bagian timur Créteil diduduki tentara Rusia. Jembatan yang membentang di Marne antara Creteil dan Saint-Maur-des-Fossés diresmikan pada 9 April 1841, menggantikan kapal feri.

Perang Perancis-Prusia tahun 1870 sangat buruk bagi Créteil. Borough tersebut dirusak dan dibiarkan oleh Prusia, sementara pertempuran di Mont-Mesly pada 30 November 1870, meninggalkan 179 orang tewas. Créteil meninggalkan karakter pasturnya setelah Perang Dunia II. Populasinya meningkat tajam dari 13.800 pada 1954 menjadi 30.654 pada 1962.

Tahun 1965, kota ini menjadi Préfecture dari departemen baru Val-de-Marne.

Sejarah danau[sunting | sunting sumber]

Danau Créteil awalnya berupa tambang batu kapur dan kerikil. Setelah air tanah ditemukan, membentuk kolam dalam, tambang ini ditinggalkan dan dibiarkan dipenuhi air. Wilayah danau saat ini menjadi situs rekreasi populer bagi pemancing, pengemudi perahu, peselancar angin, dll...

Demografi[sunting | sunting sumber]

Imigrasi[sunting | sunting sumber]

Tempat lahir penduduk Créteil tahun 1999
Lahir di Perancis Metropolitan Lahir di luar Perancis Metropolitan
73.6% 26.4%
Lahir di
Perancis Seberang Laut
Lahir di luar negeri dengan kewarganegaraan Perancis ketika lahir¹ Imigran EU-15² Non-imigran EU-15
3.9% 4.8% 2.2% 15.5%
¹Grup ini terdiri atas pieds-noirs dari Afrika Baratlaut, diikuti dengan bekas warga negara kolonial yang memiliki kewarganegaraan Perancis ketika lahir (seperti kaum elit asli di koloni Perancis), dan anak ekspatriat Perancis yang lahri di luar negeri. Diketahui bahwa suatu negara lain mengerti bahwa negara itu bukan merupakan bagian dari Perancis pada tahun 1999, sehingga seseorang lahir contohnya tahun 1950 di Aljazair, ketika Aljazair merupakan bagian integral Perancis, dicatat sebagai seseorang yang lahir di luar negeri dalam statistik Perancis.
² Seorang imigran adalah seseorang yang lahir di luar negeri tanpa kewarganegaraan Perancis ketka lahir. Diketahui bahwa seorang imigran mendapat kewarganegaraan Perancisnya sejak pindah ke Perancis, tetapi masih dianggap sebagai imigran dalam statistik Perancis. Lainnya, penduduk yang lahir di Perancis dengan kewarganegaraan luar negeri (anak imigran) tidak dicatat sebagai imigran.

Kesehatan[sunting | sunting sumber]

Pada 1 Januari 2006, 27 apotek, sekitar 60 dokter gigi, sekitar 60 dokter praktik umum, 10 pediatris, dan setengah lusin dokter kulit dan mata mendirikan staf medis umum d kota ini.

Fasilitas kesehatan meliputi:

CHU Henri Mondor — sebuah rumah sakit umum yang diresmikan pada 2 Desember 1969. Awalnya kapasitasnya untuk 1.300 orang, saat ini menjadi 958 orang. Mempekerjakan 3.000 orang termasuk lebih dari 2.600 penjaga pasien. Pengeluarannya pada 2004 adalah 241 juta €.

Centre hospitalier intercommunal de Créteil — diresmikan 3 November 1937. Kapasitas resepsinya 530 pasien dibandingkan 264 pada 1937. Pembangunannya diputuskan tahun 1932 oleh komune Bonneuil-sur-Marne, Creteil dan Joinville-le-Pont di dalam sebuah sindikat antarkomune. Saint-Maur-des-Fossés bergabung dengan sindikat ini kemudian. Sebenarnya, jumlah pekerja rumah sakit adalah biarawati. Tahun 2004, 38.037 orang dirawat, dengan 2.551 kelahiran dan 12.838 operasi. Mempekerjakan sekitar 2.000 orang dengan 1.600 diantaranya menjaga pasien dalam medis atau lainnya.

Centre de Transfusion sanguine - Pusat Transfusi Darah Creteil dijalankan oleh sebuah rumah sakit antarkomune. Rumah sakit ini melayani 600 hingga 1.000 permintaan per hari.

Kota kembar[sunting | sunting sumber]

Créteil kembar dengan:

Angkutan[sunting | sunting sumber]

Créteil dilayani oleh tiga stasiun pada Métro de Paris Jalur 8: Créteil — L'Échat, Créteil — Université dan Créteil — Préfecture.

Olahraga[sunting | sunting sumber]

US Créteil-Lusitanos, didirikan tahun 1936, adalah klub sepak bola kota. Mereka bermain di Championnat National Liga Perancis dan stadion rumahnya adalah Stade Dominique Duvauchelle.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]