Angers

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Angers
Chateauangers.jpg
Château d'Angers
Negara Perancis
Arondisemen Angers
Antarkomune Angers Loire Metropole
Pemerintahan
 • Wali kota Jean-Claude Antonini (PS)
Populasi
 • Populasi1 157,000
Zona waktu CET (GMT +1)
Kode INSEE/pos 49007
2 Population sans doubles comptes: penghitungan tunggal penduduk di komune lain (e.g. mahasiswa dan personil militer).

Angers ialah sebuah kota di barat Perancis. Penduduknya berjumlah 160.000 jiwa di kota dan 300.000 tinggal di daerah metropolitannya.

Merupakan ibukota bekas provinsi Anjou. Sekarang, masuk departemen Maine-et-Loire. Penduduk Angers dan Anjou disebut 'angevins'.

Kota ini sudah ada sebelum Kekaisaran Romawi. Setelah penaklukan Romawi, kota ini disebut Juliomagus. Angers merupakan kota penting di Perancis selama Abad Pertengahan. Salah satu kastil terbesar di Eropa ada di kota ini.

Sekarang Angers adalah kota terbesar ke-16 di Perancis (menurut jumlah penduduk). Merupakan pusat ekonomi, kota wisata dan budaya. Banyak festival diselenggarakan tiap tahun di kota ini (festival film Premiers Plans, festival jalanan Tours de scènes dan Accroche-Cœurs yang terkenal). Kota ini memiliki banyak museum. Museum Beaux-Arts (museum seni terkenal) dan Tapisserie de l'Apocalypse (koleksi permadani dinding Abad Pertengahan tertua dan terbesar di dunia) amat terkenal.

Terdapat 2 perguruan tinggi di sini. Lebih dari 17.000 mahasiswa menuntut ilmu di Universitas Angers (sebuah perguruan tinggi negeri) dan 12.000 mahasiswa ke Université Catholique de l'Ouest (perguruan tinggi Katolik swasta). École superieure des sciences commerciales d'Angers ialah salah satu sekolah bisnis paling bergengsi di Perancis.

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Kota kembar[sunting | sunting sumber]