Gunung Bawang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gunung Bawang
Dua puncak di Gunung Bawang
Titik tertinggi
Ketinggian1.406 Mdpl
Koordinat0°54′43″N 109°23′07″E / 0.911879°N 109.385402°E / 0.911879; 109.385402
Geografi
LetakKalimantan Barat, Indonesia
Pendakian
Rute termudahDesa Suka Bangun, Kecamatan Sungai Betung, Kabupaten Bengkayang.

Gunung Bawang merupakan sebuah gunung yang terdapat di Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Gunung ini mempunyai bentuk menyerupai pegunungan karena memanjang sekira 18 Km mencakup 4 kecamatan di Kabupaten Bengkayang. Gunung Bawang memiliki empat puncak runcing yang memiliki ketinggian lebih dari 1.000 Mdpl. Puncak tertingginya bernama Puncak Bawang Raya dengan tinggi mencapai 1.490 Mdpl. Gunung Bawang adalah salah satu gunung yang dikeramatkan oleh Suku Dayak.

Asal usul & Mitos[sunting | sunting sumber]

Dinamakan Gunung Bawang dikarenakan bentuknya berlapis hingga 7 lapis seperti bawang. Gunung Bawang memiliki cerita yang berkaitan erat dengan Suku Dayak Bengkayang, Suku Dayak Kanayatn dan Suku Dayak Lara. Gunung ini merupakan daerah yang dikeramatkan bagi Suku Dayak Bengkayan. Karena mitosnya dari tempat tersebut asal mula Suku Dayak Bengkayan. Kisah bermula dari Jubata (yang didewa-kan/di-agungkan bagi suku dayak) yang turun ke dunia dan menempati Gunung Bawang. Nama-nama Jubata yang menghuni gunung ini yakni Jubata Lupo, Jubata Barabatn Ampor, Jubata Siru dan Jubata Sulujatn Maniamas dll. Berjalan dari waktu-ke-waktu hingga jadilah Gunung Bawang sebagai tempat yang terhormat bagi para suku dayak tersebut.

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Gunung Bawang adalah gunung yang terletak di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Wilayah pegunungan nya mencakup mencangkup 4 kecamatan yaitu Kecamatan Lembah Bawang, Kecamatan Lumar, Kecamatan Sungai Betung dan Kecamatan Bengkayang. Sementara puncak Gunung Bawang berada di perbatasan Desa Tiga Berkat, Kecamatan Lumar dengan Desa Saka Taru, Kecamatan Lembah Bawang. Gunung Bawang berjarak 184 Km berkendara dari Pontianak. Rute yang ditempuh adalah Pontianak-Bengkayang-Suka Bangun.

Pendakian[sunting | sunting sumber]

Gunung Bawang merupakan salah satu gunung favorite bagi pendaki di Kalimantan. Waktu tempuh pendakian untuk mencapai puncak yang cukup singkat yaitu sekitar 7-8 jam.[1] Terdapat tiga jalur pendakian menuju puncak Gunung Bawang, namun jalur termudah dan umum digunakan yaitu melalui Desa Suka Bangun, Kecamatan Sungai Betung, Kabupaten Bengkayang.

Flora & Fauna[sunting | sunting sumber]

Fauna khas di Gunung Bawang diantaranya Rusa, Orang utan, Beruang madu, Macan dahan (Borneo Leopard), Burung RuaiBurung Enggang Gading, berbagai jenis kupu-kupu dan serangga, sedangkan flora khasnya adalah Kantong Semar dan Anggrek bulananggrek ekor tikus, anggrek lurikSungai yang berhulu di Gunung Bawang diantaranya adalah Sungai Raya yang bermuara di Selakau, Sungai Plagoi dan Sungai Batu Timah, Sungai Banan.[2]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Pesona Gunung Bawang Bengkayang". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-12-16. Diakses tanggal 2017-07-13. 
  2. ^ "Pendakian ke Gunung Bawang Bengkayang". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-08. Diakses tanggal 2017-07-13. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]