Yasuhiro Nakasone

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Yasuhiro Nakasone
中曾根 康弘
Yasuhiro Nakasone in Andrews.jpg
Perdana Menteri Jepang
Masa jabatan
27 November 1982 – 6 November 1987
Penguasa monarkiHirohito
PendahuluZenko Suzuki
PenggantiNoboru Takeshita
Informasi pribadi
Lahir27 Mei 1918 (umur 101)
Takasaki, Prefektur Gunma, Jepang
Partai politikPartai Demokratik Liberal
AnakHirofumi Nakasone
Alma materUniversitas Tokyo
Tanda tangan

Yasuhiro Nakasone (中曽根 康弘, Nakasone Yasuhiro, lahir 27 Mei 1918; umur 101 tahun) adalah seorang politikus Jepang yang pernah menjabat sebagai Perdana Menteri Jepang dari 27 November 1982 sampai 6 November 1987.

Seorang pejabat yang sezaman dengan Ronald Reagan, Helmut Kohl, François Mitterrand, Margaret Thatcher, dan Mikhail Gorbachev, dia adalah yang terbaik dikenal untuk mendorong privatisasi BUMN, dan untuk membantu menghidupkan kembali nasionalisme Jepang selama dan setelah masa jabatannya sebagai perdana menteri.

Nakasone saat ini adalah mantan perdana menteri Jepang tertua yang masih hidup.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Nakasone lahir di Takasaki, Gunma, ayahnya adalah seorang pedagang kayu.[2] Ia kuliah di Universitas Tokyo. Selama Perang Dunia II, ia adalah seorang perwira dan juru bayar di Angkatan Laut Kekaisaran Jepang.[2]

Perdana Menteri[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1982, Nakasone menjadi Perdana Menteri. Bersama dengan Menteri Luar Negeri, Shintaro Abe, Nakasone meningkatkan hubungan diplomatik Jepang dengan Uni Soviet dan Republik Rakyat Tiongkok. Nakasone terkenal karena hubungan dekatnya dengan Presiden AS, Ronald Reagan, populer disebut dengan persahabatan "Ron-Yasu". Dia juga mengunjungi Presiden Corazon Aquino dalam serangkaian pembicaraan antara Filipina dan Jepang selama kunjungan kenegaraan khusus 1986-1987, untuk menyediakan hubungan ekonomi dan perdagangan yang baik, investor besar dan kedatangan wisatawan, dan program-program pembangunan dan rehabilitasi. Dalam kebijakan domestik, kebijakan Nakasone yang paling dikenal adalah inisiatif privatisasi, yang menyebabkan pecahnya Japan Railways Nasional kedalam Jepang Railways Grup.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 上之郷, 利昭 (1994). 教祖誕生. 講談社文庫. 
  2. ^ a b "Japan’s Elder Statesman Is Silent No Longer" by Martin Fackler, The New York Times, 29 January 2010 (on Jan. 30, 2010 p. A11 of the NY ed.).
Jabatan politik
Didahului oleh:
Zenko Suzuki
Perdana Menteri Jepang
1982–1987
Diteruskan oleh:
Noboru Takeshita