Wikipedia:Arsip halaman utama/2024/02/13

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Artikel pilihan

Noken yang merupakan tas tradisional masyarakat Papua.

Sistem noken adalah sebuah sistem pemilihan umum yang digunakan khusus untuk sejumlah kabupaten di wilayah Pegunungan Tengah di Provinsi Papua Tengah dan Papua Pegunungan, Indonesia. Sistem ini dinamai dari noken (gambar), yaitu sebuah tas anyaman dari serat kulit kayu yang memiliki peran sentral dalam kehidupan masyarakat Papua. Sistem noken digunakan di wilayah adat Mee Pago (Papua Tengah) dan La Pago (Papua Pegunungan). Walaupun tidak ada definisi umum untuk menentukan sistem pemilihan mana yang dapat dianggap sebagai sistem noken, secara umum terdapat dua pola sistem noken. Pola pertama, yaitu sistem big man (pria berwibawa), menyerahkan pilihan sepenuhnya kepada kepala suku. Kepala suku dapat melakukan pencoblosan untuk warganya atau sekadar memberitahukan pilihan masyarakatnya kepada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Pola kedua, yaitu sistem "noken gantung", dilandaskan pada hasil kesepakatan bersama masyarakat dengan kepala suku setelah melalui proses deliberasi. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Dinasti TangRainilaiarivonyTurk (mesin)

Tahukah Anda

  • "... bahwa Joe Biden berhasil memenangkan pemilihan umum Senat Amerika Serikat di Delaware 1972 saat ia masih berumur 29 tahun? Ia kemudian memasuki usia 30 tahun (batas usia Senator Amerika Serikat) pada tanggal 20 November 1972, sebelum masa jabatannya sebagai senator dimulai pada 3 Januari 1973. Pada saat ia mulai menjabat, ia menjadi senator termuda keenam dalam sejarah Amerika Serikat."
  • "... bahwa Paula Bataona Renyaan (gambar) adalah wanita pertama yang memegang jabatan Wakil Gubernur di Indonesia, menjabat sebagai Wakil Gubernur Maluku dari tahun 1998 hingga 2003?"
  • "... bahwa walaupun deret 1 + 2 + 4 + 8 + ⋯ dikatakan divergen menuju ke tak terhingga, setidaknya ada satu metode umum yang memberikan hasil penjumlahannya, yaitu −1?"
  • "... bahwa sejumlah penulis telah melakukan perbandingan Nazisme dan Stalinisme, yang mana mereka telah mempertimbangkan persamaan dan perbedaan dari kedua ideologi dan sistem politik ini, hubungan apa yang ada di antara kedua rezim, dan mengapa keduanya menjadi terkenal pada masa yang sama?"

Tantangan kolaborasi

Kolaborasi artikel baru

Wikipedia membutuhkan artikel-artikel berikut. Mari bersama-sama merintisnya pada Februari 2024.

Tantangan kolaborasi
Hasil kolaborasi terbaru
Panduan menerjemahkan artikel · Arsip halaman yang telah dibuat

Hari ini dalam sejarah

13 Februari

Tanggal lain: 12 Februari 13 Februari 14 Februari

Hari ini tanggal 13 Februari 2024 (UTC) – Muat ulang

Gambar pilihan

Tiga rusa sika (Cervus nippon ) betina di Taman Alam Nasional Pegunungan Kremenets, Ukraina Barat
Tiga rusa sika (Cervus nippon ) betina di Taman Alam Nasional Pegunungan Kremenets, Ukraina Barat
(ukuran asli: 4.500 × 3.000 piksel, 6,89 MB)

Oleh: Byrdyak
Lisensi: CC BY-SA 4.0