Tarikh-i Jahangushay

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Juwainī duduk dan menulis di depan Amīr Arghun. Bagian depan Tārīkh-i Jahān-Gushā "Sejarah Penakluk Dunia" (rusak), diselesaikan pada tahun 689 H/1290 M. Bibliothèque Nationale de France (Suppl. Pers. 205).[1][2] Ini adalah salah satu miniatur Persia pertama. Desain langit dengan volute dikenal sebagai "awan Cina".[3]

Tārīkh-i Jahāngushāy (Persia: تاریخ جهانگشای "Sejarah Penakluk Dunia") atau Tārīkh-i Jahāngushāy-i Juwaynī (تاریخ جهانگشای جوینی) adalah catatan sejarah terperinci yang ditulis oleh Persia, Ata-Malik Juwaini, yang menggambarkan penaklukan Mongol, Hulagu Khan, dan Ilkhanat atas Persia serta sejarah Ismailiyah. Ini dianggap sebagai karya sastra Persia yang sangat berharga.[4]

Itu ditulis dalam bahasa Persia, dan merupakan salah satu contoh paling awal yang diketahui dari miniatur Persia dan "gaya Metropolitan" istana Mongol Ilkhanat, bersama dengan manuskrip 1297-1299 Manafi' al-hayawan (Ms M. 500) ditugaskan oleh penguasa Mongol Ghazan.[5] Ini bukan manuskrip bergambar Persia yang diketahui lebih awal dari sebelum penaklukan Mongol (dengan kemungkinan pengecualian dari Varka dan Golshah, yang bagaimanapun juga dibuat di Konya, Turki modern, di pada masa Kesultanan Rum sekitar abad ke-13), meskipun miniatur diketahui berasal dari keramik Mina'i.[6][7]

Kisah tentang invasi Mongol ke tanah airnya Iran, yang ditulis berdasarkan kisah-kisah yang selamat, adalah salah satu sumber utama tentang penyisiran cepat dari tentara Genghis Khan melalui suku nomaden Tajikistan dan mendirikan kota-kota di Jalur Sutra termasuk Otrar, Bukhara, dan Samarkand pada tahun 1219, dan kampanye berturut-turut hingga kematian Jenghis Khan pada tahun 1227 dan seterusnya.

Tulisannya kadang-kadang dibesar-besarkan, seperti ketika ia memperkirakan kekuatan tentara Mongol berjumlah 700.000, dibandingkan dengan catatan lain yang menyebutkan jumlahnya antara 105.000 dan 130.000. Deskripsinya sering ditulis berdasarkan drama: tentang jatuhnya kastil Assassin Maimun-Diz pada bulan November 1256, di mana ia hadir dalam pengepungan, ia menggambarkan dampak dari trebuchet (ketapel) pemboman di benteng:

Batu-batu pertama yang dikeluarkan darinya mematahkan trebuchet para pelindung dan banyak yang hancur di bawahnya. Ketakutan akan pertengkaran dari busur panah menguasai mereka sehingga mereka benar-benar panik dan berusaha membuat tameng dari cadar [yaitu. mereka melakukan yang terbaik untuk bertahan dengan peralatan yang sangat tidak memadai.] Beberapa orang yang berdiri di atas menara merayap ketakutan seperti tikus ke dalam lubang atau melarikan diri seperti kadal ke celah batu.

Namun, deskripsi Juwaini merupakan sumber yang sangat berharga bagi sejarah Mongol kontemporer, bersama dengan karya Rashid al-Din, dan Sejarah Rahasia Bangsa Mongol.

Salah satu deskripsinya yang meyakinkan adalah tentang perburuan Mongol atau nerge sebagai latihan tentara untuk bangsa Mongol yang nomaden. Dalam nerge seluruh pasukan mengumpulkan semua hewan di wilayah yang luas, untuk mendapatkan daging kering sebelum awal musim dingin. Pada masa Jenghis Khan, nerge diubah menjadi latihan disiplin dengan hukuman berat (Yasa/Jasa/Zasagh yang tidak menghormati orang dan menurut penulis Mirhond memerintahkan hukuman fisik tanpa rasa hormat orang bagi mereka yang membiarkan hewan melarikan diri) untuk komandan puluhan, ratusan, atau ribuan, yang membiarkan hewan melarikan diri. Setelah ditangkap, hewan-hewan tersebut dibantai dengan kejam, pertama oleh Khan, kemudian oleh para pangeran, dan akhirnya, hanya setelah diperintahkan, oleh seluruh tentara. Hal ini untuk menjadi model kekejaman serangan Mongol terhadap pemukiman manusia yang sudah mapan. Namun lukisan Khubilai Khan dan Khatun Chabi-nya yang tidak memiliki anak menunjukkan perburuan rata-rata dengan kuda yang bergerak lambat dan mengawasi buruan.

Audience de Möngke. Manuscript completed in 1438 (Supp. Persan 206)

Kesadisan yang dibayangkan oleh Juwaini di mana segala jenis hewan yang berkerumun berusaha melarikan diri, karena singa akan menyerang lembu. Meskipun demikian, kemungkinan besar Hulagu Khan dan Khatun Doqez yang beragama Kristen meningkatkan perburuan karena sekutu Latin mereka, yang juga mungkin menghambat kemenangan Mongol di Ain Jalut. Kisah kegagalan tragis seorang pelajar Tiongkok - (Jiang Rong: "Serigala") - dalam menyelamatkan seekor serigala liar dari jenis yang dulunya diburu oleh orang-orang Mongol dalam sejarah dan keturunan mereka hingga saat ini, menunjukkan bahwa serigala menjadi sasaran perburuan semacam itu. sebagai metode tradisional untuk membinasakan serigala yang berada dalam bahaya kepunahan dijelaskan. Macan tutul salju dan lainnya kemungkinan besar juga diburu. Dilaporkan dalam "Mongol Warrior 1200-1350" oleh Stephen Turnbull dan Wayne Reynolds bahwa bangsa Mongol memakan susu bubuk kuda dengan air, sekitar 250 gram sehari meskipun catatan yang mereka kutip menyebutkan bahwa mereka membawa 4,5 kg untuk sebuah ekspedisi, dan mengklaim bahwa mereka berburu dalam kampanye, seperti menggali tanah untuk mencari marmut, juga dikatakan bahwa mereka memakan daging kuda (diketahui bahwa kuda Przewalski liar dimakan sehingga menyebabkan kepunahan mereka, namun hal ini mungkin disebabkan oleh kekurangan pangan dan terjadi setelahnya periode sejarah bangsa Mongol ketika mungkin bahkan kuda-kuda ini sebagian masih domestik), di sisi lain mereka juga meminum darah kudanya dengan cara membuka pembuluh darah sementara ketika kekurangan. Namun disebutkan juga bahwa mereka terkadang gagal mencegah kudanya mati kelaparan. Namun, William dari Rubruck, melaporkan gaya berburu yang lebih moderat namun identik khususnya pada suku Tatar, sehingga Juwaini masih bisa melebih-lebihkan.

Setelah jatuhnya Merv, orang-orang dikumpulkan dan dibagikan di antara para prajurit dalam jumlah puluhan, ratusan, dan ribuan, dan setiap orang di sisa pasukan Mongol ditugaskan untuk mengeksekusi "tiga hingga empat ratus orang". Namun, tidak ada keraguan bahwa jenis kebiadaban tersebut adalah bagian dari teror yang disebarkan oleh tentara Mongol.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jaber, Shady (2021). "The Paintings of al-Āthār al-Bāqiya of al-Bīrūnī: A Turning Point in Islamic Visual Representation" (PDF). Lebanese American University (dalam bahasa Inggris): Figure 5. 
  2. ^ "Consultation Supplément Persan 205". archivesetmanuscrits.bnf.fr (dalam bahasa Prancis). Bibliothèque Nationale de France. 
  3. ^ Inal, Güner (1975). "Artistic Relationship Between the Far and the Near East as Reflected in the Miniatures of the Ǧāmiʿ at-Tawārīḫ". Kunst des Orients (dalam bahasa Inggris). 10 (1/2): 124, note 34. ISSN 0023-5393. 
  4. ^ موسوی، مصطفی. «تاریخ جهانگشای» Diarsipkan 2011-12-06 di Wayback Machineدائرةالمعارف بزرگ اسلامی. بازبینی‌شده در ۲۰ نوامبر ۲۰۱۱.
  5. ^ Bloom, Jonathan; Blair, Sheila (14 May 2009). Grove Encyclopedia of Islamic Art & Architecture: Three-Volume Set (dalam bahasa Inggris). OUP USA. hlm. 215. ISBN 978-0-19-530991-1. 
  6. ^ Ettinghausen, Richard (1959). "On Some Mongol Miniatures". Kunst des Orients. 3: 44–45. ISSN 0023-5393. 
  7. ^ Bloom, Jonathan; Blair, Sheila (14 May 2009). Grove Encyclopedia of Islamic Art & Architecture: Three-Volume Set (dalam bahasa Inggris). OUP USA. hlm. 214-215. ISBN 978-0-19-530991-1. 
  • Mongols, Huns, and Vikings, oleh Hugh Kennedy, 2002, (dalam bahasa Inggris).

Sumber[sunting | sunting sumber]